Skema Rangkaian Modul Speaker Aktif Polytron PAS 78

Skema rangkaian speaker aktif Polytron pas 78 dibutuhkan oleh para tenaga servis untuk memperbaiki speaker aktif Polytron dengan seri ini.  Terdapat beberapa faktor utama penyebab kerusakan speaker aktif Polytron yang juga disebut mosfet ini.  Faktor utama adalah pemakaian yang dilakukan cukup lama dan berlangsung terus menerus.

Skema Rangkaian Speaker Aktif Polytron Pas 78

Tetapi, ada juga penyebab lainnya. Biasanya. transistor final atau juga driver telah dimodifikasi modifikasi ini tidak sesuai dengan beban kerja dari regulator SMPS. Biasanya, regulator terpaksa bekerja berat  Problem ini pun dapat menimpa speaker aktif polytron yang masih memiliki standar pabrik. Namun, kerusakan regulator SMPS terjadi pada transistor MOSFET karena kerusakan komponen primer atau sekunder.

Baca Juga : Skema Speaker Aktif Polytron PAS 28

Ketahui Skema Rangkaian Speaker Aktif Polytron Pas 78

Skema Rangkaian Speaker Aktif Polytron Pas 78

Mereka yang ingin memperbaiki speaker aktif ini tentu harus mengenal mesin dari speaker aktif dari masing-masing seri.  Berikut mesin-mesin dari speaker berbeda tersebut:

1. Mesin Speaker Aktif Polytron Pas 78

Speaker Aktif Polytron Pas 56 adalah salah satu produk terlaris. Keunggulan nya pada XBR atau Extended Bass Radiator Woofer ini membuat kualitas suara bass yang sangat ciamik. Woofer yang hadir sebagai salah satu fitur menonjolkan suara jernih.

Seperti halnya produk audio lainnya, speaker PAS 78 turut hadir dengan fitur radio FM serta input microphone sebanyak dua buah untuk karaoke.  Mesin speaker aktif ini juga banyak dijual di berbagai toko online. Apabila terjadi kerusakan pada speaker aktif ini, maka lebih baik segera mengganti mesinnya apabila tidak ingin terlalu lama menaruhnya di tempat servis.

Artikel Terkait :

judul gambar

2. IC Pwm Speaker Aktif Polytron

Mayoritas power supply dari speaker aktif Polytron, terutama jenis Polytron Pas 78 adalah ICI PWM OB 2269 serta mosfet 7N65C atau K7A65D.  Biasanya, gangguan yang terjadi karena regulator atau mosfet rusak pada Polytron akan terdeteksi oleh teknisi servis yang akan melihat PIN IC PWM OB 2269.  IC ini memproduksi SMPS power supply speaker aktif Polytron pada bagian oscillator dan juga generator frekuensi sinyal PWM,

IC PWM dari speaker aktif jenis ini terdiri dari GROUND, Input tegangan start up,  berfungsi sebagai penentu frekuensi PWM, feedback input pin.  Keberadaan RI, RT adalah untuk sensor suhu apabila tegangan pada pin. Selain itu fungsinya adalah memproteksi supaya output PWM tidak rusak meski drop hingga 1,05V DC.

3. Modul Speaker Aktif Polytron Pas 79

Modul untuk speaker aktif jenis ini disebut mengalami kerusakan apabila speaker aktif mengalami suara sember atau pecah atau bahkan mati total. Biasanya, ada short dari TIP41C atau TIP42C yang seharusnya diganti. Namun, teknisi biasanya juga mengecek komponen di sekitarnya.  Tak jarang, resistor putus yaitu antara R646, atau R647 dan juga R648 atau juga R649.

Antisipasi Kerusakan

Teknisi biasanya mengantisipasi kerusakan error amp atau feedback. Sumber tegangan di jalur Feedback harus tersedia minimal 15 Vdc dalam kondisi normal tegangan yang ada di D504 dan juga tegangan kerja di IC PWM OB2269,  Dengan demikian, tegangan start up di PIN 3 IC OB2269 akan di takeover PIN 7 dari sumber tegangan 15Vdc.

Ketahui :

Skema rangkaian speaker aktif Polytron pas 78 adalah kunci untuk perbaikan keseluruhan dari masalah speaker aktif jenis ini. Untunglah perbaikan dapat dengan mudah dilakukan karena spare part dari speaker jenis ini sangat mudah didapatkan di berbagai toko online.  Sayang jika tidak diperbaiki karena speaker aktif Polytron jenis apapun memiliki fitur sangat lengkap mulai dari surround FX, serta bass feflex, treble dan juga equalizer yang mantap.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text