TV Polytron Gambar Layar Bagian Bawah Hitam & Tidak Penuh

Problem TV Polytron gambar bawah hitam banyak ditemui pada televisi layar tabung. Bahkan biasanya, ketebalan mencapai 5 cm. Biasanya, jenis Minimax sering mengalami problem ini meskipun televisi tabung lain juga memiliki kendala sama.   Pemilik kadang kesal bahwa gambar bawah hitam ini juga disertai dengan adanya bunyi mendengung berkepanjangan ketika televisi baru dinyalakan.

TV Polytron Gambar Bawah Hitam

Pada dasarnya, para teknisi sudah dapat memprediksi bahwa problem ini terjadi karena  adanya konslet atau spare part yang mengalami short. Namun, perlu dilakukan pembongkaran apabila memang hal ini terjadi. Pembersihan juga harus dilakukan sebelum menyervis TV karena memang TV yang mengantongi banyak debu  akan mengalami masalah.

Baca Dulu : Biaya Ganti Backlight TV LED

Tindakan Tepat dan Presisi Atasi TV Polytron Gambar Bawah Hitam

Tentu ada beberapa cara untuk mengatasi problem munculnya gambar bawah yang hitam pada televisi Polytron.  Solusi tersebut adalah:

1. Problem V-CENT

Biasanya gambar bawah yang gelap membuat gambar tertarik ke atas. Hal ini dapat dibuktikan dengan logo stasiun TV yang justru hampir tidak kelihatan di bagian atas televisi.  Pastinya sisa raster area bagian bawah akan gelap.  Gangguan pada data sheet program atau V CENT adalah penyebabnya dimana kerusakan terjadi pada area vertical block.

Problem ini dapat diatasi dengan mengganti elco di bagian atas dimana area ini pasti kusam. Elco ini di instalasi di lilitan yoke vertikal. Mengganti dengan elco yang mirip dengan elco dari TV Polytron dengan seri yang sama atau sejenis tentu dapat menjadi alternatif. Elco yang paling sering menjadi alternatif adalah C402 1000u/25v.

2. Problem Suara

Terkadang, problem suara muncul selain problem layar tv Polytron bagian bawah tidak penuh. Hal ini terjadi karena gangguan dari area regulator.  Teknisi dapat mengecek bagian area transistor horizontal. Yang perlu dilakukan adalah mencabut TR horizontal dimana nantinya terlihat bahwa TR horizontal mengalami short atau konslet pada pin basis-kolektor.

Setelah itu dapat dilakukan tes ke beberapa titik kolektor transistor horizontal.  Blok regulator serta horizontal drive juga perlu dicek untuk selanjutnya menguji T801 ST1803DHI.

Artikel Terkait :

judul gambar

3. Layar TV Bagian Bawah Tidak Penuh

Selain problem layar gambar bawah hitam pada TV Polytron, problem layar bagian bawah tidak penuh juga sering terjadi. Hal ini terutama untuk televisi tabung. Para teknisi menganggap justru problem ini sangat mudah diatasi. Pasalnya, mereka langsung berpikir bahwa terjadi problem pada block vertical.

Bagian ini membuka layar dari bagian tengah hingga keatas ataupun kebawah.  Perlu dilakukan pengecekan IC Vertical serta tegangan supply yang ada.  Hal ini karena supply  IC adalah catu daya simetris yang didapat dari flyback 12V negatif positif.

Tidak adanya tegangan adalah karena putusnya jalur supply karena oleh resistor putus padahal fungsinya adalah sebagai sekring 10 ohm. Hal ini menyebabkan beberapa hal. Pertama, elco mengalami konslet, diode putus atau tegangan tidak mengaliri ke pin Vcc + IC vertical. Karena itulah, penggantian diode sangatlah disarankan.

Adakah Problem Berikutnya?

Layar TV Polytron Bagian Bawah Tidak Penuh

Ketahui :

Memang, setelah penggantian diode, televisi dapat menyala atau tidak ada lagi TV Polytron gambar bawah hitam. Tetapi biasanya, munculnya gambar pada layar terlihat lebih lama.  Gambar akan muncul saat televisi dinyalakan dalam kurun waktu beberapa menit.   Apabila hal ini terjadi, maka teknisi dapat segera mengganti elco supply dengan kondisi tidak normal serta kering sehingga nilainya menurun.  Penggantian elco dapat langsung dilakukan dengan mudah karena TV Polytron memiliki spare parts yang hampir sama.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text