Warna Kabel Jalur Kipas Angin Miyako dan Fungsinya

Kipas angin adalah salah satu perangkat elektronik yang banyak ditemukan di rumah. Mulai dari kipas angin berukuran besar, diposisikan menggantung atau bahkan dengan ukuran yang kecil yang bisa diletakkan di atas meja. Umumnya kipas angin merupakan barang elektronik yang sering dipakai, sehingga seringkali rusak. Untuk memperbaikinya, berikut ini ada informasi warna kabel kipas angin Miyako.

Bagian Pada Kipas Angin

warna kabel kipas angin miyako
Bagian-bagian kipas angin

Sebelum mengetahui informasi mengenai warna kabel kipas angin Miyako, kita wajib mengetahui terlebih dahulu bagian kelistrikan dari kipas angin. Alasannya karena kabel-kabel yang berbeda warna tersebut nantinya akan menghubungkan bagian kelistrikan yang ada dalam kipas angin sehingga dapat bekerja. Berikut bagiannya.

1. Sumber Listrik

Bagian pertama dari kipas angin adalah sumber listrik yanng mana meruakan stekker yang akan menyambung ke sumber llistrik. Tanpa ini, kipas angin tidak akan mendapatkan daya untuk menggerakan dinamonya.

2. Selector Switch atau Saklar / Tombol Kecepatan

Di era sekarang ini jarang ditemukan kipas angin yang hanya memiliki satu tombol kecepatan saja. Seringkali memang tidak berupa tombol, bisa saja berupa switch berputar dan sebagainya. Namun tetap saja fungsi selector switch ini adalah untuk mengganti kecepatan putaran dinamo.

3. Kapasitor

Kipas angin membutuhkan kapasitor untuk menaikkan faktor daya listrik sehingga penggunaan listriknya akan lebih heat. Umumnya ukuran kapasitor yang diguunakan adalah 1,5 micro farad namun juga ada yang berukuran 1, 2, ata bahkan 2 micro farad sesuai dengan jenis kipas anginnya.

4. Motor Listrik atau Dinnamo

Bagian ini adalah bagian mengubah energi listrik menjadi energi gerak sehingga menghasilkan energi gerak. Dinamo memanfaatkan prinspi elektromagnetik yang mana umunya memiliki 6 kabel yakni 2 untuk kapasitor, 1 unuk kabel netral dan 3 kabel untuk saklar kecepatan kipas angin.

5. Kabel

judul gambar

Bagian ini tidak kalah penting dalam kipas angin karena kabel akan menghubungkan antara sumber listrik dengan dinamo serta pada saklar speed. Kecepatan kipas angin dapat berbeda sesuai dengan listrik yang masuk melalui saklar speed karena setiap kabel akan menghubungkan kumparan utama masukan dan kumparan keluaran yang berbeda.

Warna Kabel Kipas Angin Miyako dan Fungsinya

jalur kabel kipas angin miyako

Pada kipas angin, ada beberapa kabel yang terhubung pada dinamo kipas. Kabel tersebut mengalirkan listrik ke dinamo dan juga kapasitor. Perbedaan warna kabel ini memiliki tujuan yakni sebagai saklar speed atau selector switch yakni saklar off, saklar kecepatan 1 atau kecepatan rendah, kecepatan 2 atau kecepatan sedang serta yang kecepatan 3 dengan kecepatan tinggi.

Warna kabel kipas angin Miyako tersebut berfungsi untuk membedakan antara saklar off dengan saklar kecepatan putaran dinamo mulai dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi. Warna kabel kipas angin dan fungsinya mungkin bisa saja berbeda antara satu merk kipas angin dengan kipas angin lainnya.

Warna Kabel Kipas Angin Miyako

warna kabel kipas angin dan fungsinya

Sebagai contoh untuk warna kabel kipas angin Miyako, untuk kabel saklar off berwarna merah, untuk saklar kecepatan 1 atau rendah berwarna hijau, saklar kecepatan 2 atau sedang berwarna oranye dan untuk saklar kecepatan 3 atau tinggi berwarna cokelat. Keempat jalur kabel kipas angin Miyako tersebut terhubung pada motor atau dinamo kipas.

Selain keempat warna kabel tersebut, masih ada dua warna kabel lainya. Untuk kabel berwarna biru menghubungkan dinamo dengan stekker atau colokan dimana nanti juga akan bertemu dengan kabel warna merah yang menyambung pada saklar off untuk mengakhiri arus listrik sehingga kipas angin mati.

Itulah informasi penting mengenai warna kabel kipas angin Miyako yang semoga dapat bermanfaat dalam melakukan perbaikan kipas angin Miyako atau yang lainnya.

judul gambar

Leave a Comment