Wiring Diagram & Cara Kerja Kelistrikan Kulkas 1 Serta 2 Pintu

Diagram kulkas 1 pintu serta kelistrikan kulkas yang ditampilkan di sini adalah skema yang sering digunakan pada kulkas 1 pintu. Jika ada perubahan, mungkin hanya pada simbol atau nomenklatur komponen. Unit listrik kulkas satu pintu memiliki komponen minimal dan mekanisme pengoperasian yang sederhana.

Skema kelistrikan atau wiring diagram kulkas tidak terlalu sulit karena tidak memiliki banyak komponen. Bahkan desain kulkas 2 pintu mirip dengan kulkas 1 pintu. Satu-satunya perubahan adalah masuknya komponen seperti defrost dan heater.

Wiring Diagram Kulkas Sharp 1 Pintu

diagram kulkas 1 pintu
Diagram kulkas 1 pintu

Komponen kelistrikan lemari es 1 pintu meliputi:

1. Termostat yang mengontrol suhu

Termostat kulkas adalah sensor suhu yang berguna untuk menjaga agar suhu di dalam lemari es tetap konsisten sesuai kebutuhan. Termostat lemari es terhubung langsung dan merupakan bagian dari sistem pengaturan waktu lemari es. Timer kulkas ini mengatur kerja mesin kompresor.

Ketika suhu kulkas mencapai tingkat dingin yang telah ditentukan, pengatur waktu akan mematikan daya listrik ke kompresor, menyebabkan kompresor berhenti berfungsi. Jika suhu di dalam lemari es naik, sensor akan mengaktifkan timer, memungkinkan listrik mengalir ke kompresor.

2. Saklar Pintu, yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan lampu bagian dalam.
Sakelar pintu hanyalah sakelar yang menghubungkan dan memutuskan energi yang memberi daya pada lampu lemari es. Saat kita membuka pintu kulkas, sakelar pintu menutup, memungkinkan daya mengalir ke lampu. Jadi lampu kulkas menyala.

Jika pintu lemari es tertutup, sakelar pintu akan terbuka, memutus aliran listrik ke lampu. Sakelar pintu ini diperlukan agar lampu di kulkas tidak menyala terus-menerus, yang dapat menyebabkan lemari es cepat kehilangan suhunya.

3. Pencahayaan interior berfungsi sebagai lampu ruangan di dalam lemari es.
Lampu lemari es menerangi ruang di dalam lemari es, memudahkan kita untuk menyimpan atau mengeluarkan apa pun darinya. Sebagian besar lampu kulkas sekarang menggunakan bentuk lampu LED yang lebih kuat.

4. Overload Motor Protector melindungi motor kompresor dari panas berlebih.

5. Kompresor motor mensirkulasikan refrigeran ke seluruh sistem.
Kompresor pada dasarnya adalah mekanisme pompa listrik yang menghisap dan melepaskan gas freon untuk bersirkulasi di dalam pipa pendingin atau kapiler. Di dalam kompresor terdapat kumparan yang menghasilkan putaran untuk menggerakkan pompa.

Untuk menghindari panas berlebih, semua komponen kompresor tertutup dalam tabung dan direndam dalam oli pendingin. Akibatnya, jika kita ingin memperbaiki kompresor, kita harus membagi tabung kompresor.

6. PTC dan Run Capacitor meningkatkan putaran motor kompresor.

Resistor PTC (Positive Temperature Coefficient) memiliki nilai resistansi yang bervariasi dengan temperatur penampang. Nilai resistansi meningkat seiring dengan kenaikan suhu resistor PTC.

PTC dalam kulkas mengatur suplai arus listrik ke koil bantu kompresor. Ketika kompresor mulai beroperasi atau berputar, resistansi PTC cukup rendah sehingga daya dapat mengalir ke koil bantu kompresor.

Diagram Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

diagram kelistrikan kulkas 2 pintu
Diagram kelistrikan kulkas 2 pintu

Termostat
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, termostat adalah sensor suhu yang memonitor suhu lemari es. Komponen ini mengatur pengoperasian kompresor dan pemanas, serta sistem pencairan es, dengan memberikan instruksi untuk melepaskan dan menyambungkan kembali pengatur waktu pencairan.

judul gambar

Thermo Fuse
Sekering termo melindungi pemanas dari panas berlebih. Suhu operasi maksimum termo sekering adalah sekitar 72°C. Ketika suhu pemanas melebihi nilai ini, sekring terputus, memutus arus listrik pemanas.

Kompresor
Kompresor adalah tabung tertutup rapat yang ditempatkan di bagian belakang lemari es. Komponen ini berfungsi sebagai pompa listrik, menyedot dan mengalirkan gas freon atau refrigerant ke dalam pipa pendingin.

Saklar untuk Pintu Kulkas
Saklar atau switch pada pintu kulkas mengatur aliran listrik ke lampu kulkas atau kipas evaporator. Saat pintu ditutup, sakelar posisi terhubung dan kipas evaporator dialiri listrik melalui sakelar pintu freezer.

Saat pintu lemari es dibuka, sakelar mentransfer daya dari kipas evaporator ke lampu lemari es. Selain itu, lampu lemari es akan menyala dan kipas evaporator akan berhenti beroperasi, sehingga penggunaan daya menjadi lebih efisien.

Saklar Pintu Freezer
Tujuan sakelar pintu freezer adalah untuk memberi daya pada kipas evaporator. Jika pintu kotak freezer tidak ditutup dengan benar, sakelar ini tidak akan dapat terhubung dan mengalirkan daya. Oleh karena itu, saat membuka kotak freezer, pastikan pintu freezer tertutup rapat untuk memastikan pendinginan yang tepat.

PTC
PTC adalah jenis resistor yang resistansinya bervariasi dalam menanggapi variasi suhu. Semakin tinggi suhu, semakin besar nilai resistansi PTC. Saat lemari es dihidupkan untuk pertama kalinya dan kompresor beroperasi untuk pertama kalinya, PTC memasok arus listrik ke kumparan bantu kompresor.

Kumparan bantu membantu kumparan utama kompresor dalam memutar rotor untuk pertama kalinya, karena ini membutuhkan daya yang cukup besar. Ketika putaran rotor stabil, panas yang dihasilkan oleh koil kompresor menyebabkan peningkatan suhu PTC. Selain itu, resistansi meningkat, mencegah listrik mengalir ke kumparan bantu dan membuat komponen tidak dapat dioperasikan.

Lampu
Lampu lemari es akan menerangi isi lemari es saat pintu dibuka, sehingga memudahkan pengguna untuk mengambil makanan atau barang lain yang disimpan di lemari es.

Pelindung Terhadap Kelebihan Beban
Komponen ini melindungi kompresor dari panas berlebih. Ketika kompresor menghasilkan panas yang berlebihan, komponen ini akan secara otomatis mengaktifkan dan mematikan arus listrik ke kompresor.

Heater
Fungsi heater atau elemen pemanas ini adalah untuk menaikkan suhu freezer agar tidak terjadi pembentukan ice bloom. Kulkas dua pintu dilengkapi dengan dua pemanas untuk pencairan dan pemanasan.

Karena lemari es 1 pintu sering kekurangan komponen pemanas, cara menghilangkan embun beku di lemari es 1 pintu dilakukan secara manual dengan mematikan atau menaikkan suhu lemari es sementara sampai es mencair.

Termo Defrost
Thermo defrost merupakan komponen yang berkontribusi pada pengaktifan pemanas setiap tujuh jam. Atau, ketika suhu freezer mencapai 13 °C, sensor thermo defrost segera menghubungkan pemanas ke arus listrik timer defrost.

Pengatur waktu pencairan es adalah komponen yang mengatur operasi kompresor dan pemanas dengan mendistribusikan kembali listrik di antara mereka. Pengatur waktu pencairan es mentransfer arus listrik sebagai tanggapan atas instruksi dari sensor termostat, yang memantau suhu lemari es.

Ketika lemari es mencapai suhu yang dipilih oleh pengguna, termostat menginstruksikan pengatur waktu pencairan bunga es untuk mengalihkan daya dari kompresor ke pemanas atau sistem pencairan bunga es melalui pengatur waktu pencairan bunga es.

Baca Juga: Cara Setting Thermostat Kulkas 1 Pintu

Kipas untuk Evaporator
Fungsi kipas evaporator yakni untuk mengalirkan udara dingin dari evaporator ke dalam lemari es, khususnya kotak freezer. Kipas evaporator sering ditemukan secara eksklusif di lemari es yang dilengkapi dengan mekanisme pencairan es, yang menghilangkan embun beku dari freezer.

judul gambar

Leave a Comment