Skema Urutan Warna Kabel Kipas Angin Cosmos

Warna kabel kipas angin Cosmos, skema warna kabel kipas angin, urutan warna kabel kipas angin dan jalur kabel kipas angin cosmos penting Anda pahami. Karena dari keempat faktor tersebut membuat kipas angin bekerja sesuai dengan standarnya. Hal ini penting Anda ketahui karena sangat membantu dalam mengatasi masalah yang timbul sehingga Anda mudah memperbaikinya.

Warna kabel kipas angin cosmos

Baik warna kabel, skema, urutan, dan jalurnya memiliki rangkaian yang sederhana. Meskipun Anda bukan teknisi, mengetahui secara detail konstruksi kelistrikan pada kipas angin sangatlah perlu. Walaupun sederhana, bagian dari kipas ingin ini menentukan keawetan dari kipas itu sendiri.

Ketahui Warna Kabel Kipas Angin Cosmos

Kipas angin ada yang memiliki kabel 3 warna keluaran. Umumnya terdiri dari hitam, merah dan putih. Untuk warna hitam biasanya untuk listrik yang berasal langsung dari sumbernya. Kabel ini disebut juga kabel netral.

Sementara kabel warna putih, biasanya untuk sambungan pada listrik langsung dan kapasitor sehingga dijumper. Untuk warna merah fokus pada sambungan pada kapasitor saja. Namun kebanyakan kipas sekarang ini terdiri dari dua motor kipas yang memiliki kabel 4 atau 5.

Pada kabel kipas yang berjumlah 5 umumnya memiliki warna putih, merah, biru, hitam dan kuning. Namun pada kipas yang memiliki 4 warna memiliki detail fungsi masing-masing.

Untuk warna merah adalah kecepatan tinggi, putih adalah kecepatan sedang, hitam adalah com power, biru untuk kecepatan rendah. Selain itu 4 kabel ini digunakan pada kipas yang berdiri.

Sementara pada motor yang menggunakan 5 kabel dengan keterangan pada warna kuning untuk kapasitor, warna merah untuk kecepatan tinggi, biru untuk kecepatan rendah, hitam power untuk kapasitor dan putih untuk kecepatan sedang. 5 kabel warna tersebut biasanya terpasang pada kipas box atau kotak. Sehingga kapasitor nya terletak terpisah dengan mesinnya.

Skema Warna Kabel Kipas Angin Cosmos

Pada bagian skema warna kabel kipas angin dimulai dari sumber listrik menuju ke saklar kipas angin kemudian berlanjut ke motor listrik atau dinamo. Selain itu juga ke kapasitor. Sehingga skema pemasangan kipas angin yang benar adalah berdasarkan warna kabel itu sendiri.

Sumber listrik menjadi bagian utama dari kipas angin diambil dari steker yang terpasang ke stop kontak yang terhubung dengan sumber listrik.

judul gambar

Warna kabel kipas angin cosmos

Selain itu harus memperhatikan kabel yang mengarah pada saklar speed yang merupakan saklar yang terdiri dari 4 saklar. Kabel yang mengarah ke saklar off untuk mematikan, saklar kecepatan 1 untuk kecepatan rendah, saklar kecepatan dua adalah on dengan kecepatan sedang. Sementara saklar kecepatan 3 adalah on dengan kecepatan tinggi.

Oleh karena itu pentingnya mengetahui warna kabel kipas angin adalah dalam penerapannya agar pemasangan benar dan baik. Warna kabel sudah disesuaikan dengan fungsinya masing-masing.

Kemudian warna kabel merah mengarah ke kapasitor. Komponen listrik yang dapat menaikkan faktor daya listrik sehingga penggunaanya lebih hemat.

Sisi lainnya semua warna kabel mengarah ke motor listrik atau dinamo. Bagian listrik ini akan merubah energi listrik ke energi gerak yang memanfaatkan prinsip dari elektromagnetik. Biasanya kabel yang terhubung dengan motor listrik kipas angin ada 6 yakni 3 kabel untuk saklar speed, 2 untuk kapasitor dan yang 1 lebih kepada kabel netral.

Urutan Warna Kabel Kipas Angin Cosmos

Umumnya dinamo memiliki 4 kumparan yang setiap kumparannya memiliki 2 ujung sehingga menjadi 8 keluaran dari dinamo. Dari dinamo terdapat 1 kumparan dengan lilitan atau gulungan paling banyak sementara 3 kumparan lainnya adalah kumparan speed.

Speed 1 berwarna hijau, speed 2 berwarna kuning, speed 3 berwarna merah kemudian mengarah ke kapasitor dan netral langsung pada sambungan listrik langsung.

Jalur Kabel Kipas Angin Cosmos

Jalur penyambungan kabel kipas angin dengan warna kabel masing-masing. Kabel yang terhubung dari saklar kapasitor dan sumber menumpuk.

Umumnya speed 1 menghubungkan antara kumparan utama masukan 1 dengan kumparan masukan a1. Sedangkan speed 2 menghubungkan kumparan utama masukan a²dan keluaran b¹.

Baca Juga: Warna Kabel Kipas Angin Miyako

Untuk speed 3 menghubungkan antara kumparan utama masukan A3 dengan kumparan keluaran B2. Pada kumparan sisa maka kumparan keluar 2 serta keluaran B3 terhubung dengan kapasitor serta sambungan listrik langsung atau netral. Warna kabel kipas angin cosmos adalah komponen terpenting untuk kinerja kipas angin dalam kebutuhan sehari-hari.

judul gambar

Leave a Comment