Cara Paralel TV Kabel Indihome Seperti Di Hotel

Jika ingin memasang TV kabel seperti di hotel, bisa dengan cara paralel TV Indihome menggunakan 1 STB untuk 2 TV, sebagai perangkat tambahan untuk mendapatkan sinyal siaran digital. Lantas, bagaimana cara pasang TV box Indihome seperti di Hotel?

cara paralel tv indihome

Untuk memasang TV kabel secara paralel memang dibutuhkan alat seperti STB. Selain untuk menangkap sinyal digital. STB juga bisa membantu menghubungkan TV satu dengan lainnya tanpa perlu alat tambahan. Namun, bisakah Indihome di paralel?

Jika menggunakan STB atau disebut sebagai Set Top Box, kemungkinan besar tv Indihome bisa diparalel, serta siapkan beberapa alat pendukung lainnya agar 1 STB bisa digunakan untuk 2 TV sekaligus secara bersamaan.

Nah, jika penasaran bagaimana cara membuat paralel TV Indihome seperti di hotel, maka bisa simak tutorial Whereaglesfly dibawah ini. Namun sebelum itu, ketahui terlebih dahulu tentang STB TV Indihome berikut ini.

Apa itu STB TV Indihome?

STB atau Set Top Box Indihome merupakan layanan untuk menayangkan siaran digital dan memiliki fungsi untuk mengatur saluran TV sesuai dengan kebutuhan, serta memungkinkan menonton siaran TV lokal maupun berbayar.

Selai  itu, STB TV Indihome bisa digunakan untuk mengubah TV digital menjadi Smart TV, tentu saja hal ini bisa dilakukan karena STB ini, terlebih juga bisa menghubungkan TV satu dengan lainnya sehingga menjadi siaran paralel dengan mudah.

Lantas, bagaimana cara paralel TV Indihome? Nah, sebelum membahas cara pemasangannya, terlebih dahulu siapkan alat yang dibutuhkan untuk menghubungkan tv paralel. Apa saja? Simak uraian selengkapnya di bawah ini!

Alat Untuk Paralel TV Indihome

Cara Paralel Tv Kabel Indihome Seperti Di Hotel

Untuk membuat TV Indihome agar bisa di paralel, maka perlu menyiapkan beberapa alat untuk menghubungkan TV satu dengan TV kedua, alat ini mudah didapatkan di toko elektronik terdekat rumah.. Adapun alat tersebut diantaranya:

judul gambar
  1. Siapkan TV yang akan di paralel
  2. Jack Connector / Sambungan RCA double
  3. Kabel RCA 3 in 1
  4. Kabel RCA to RCA
  5. STB

Setelah menyiapkan alat di atas, selanjutnya merangkainya agar TV Indihome bisa diparalel, antara TV satu dan TV kedua bisa tampil gambar secara bersamaan. Penasaran seperti apa cara pemasangannya? Berikut tutorialnya.

Cara Pasang Paralel TV Indihome

cara paralel tv kabel seperti di hotel

Adapun cara paralel TV Indihome hanya perlu menghubungkan 1 STB untuk 2 TV menggunakan kabel RCA. dengan cara ini kedua TV bisa menampilkan siaran Indihome. Untuk lebih jelasnya, berikut cara pemasangannya.

  1. Masukan kabel RCA sesuai warna ke AV di TV kedua
  2. Kabel RCA satunya sambungkan ke Jack Connector RCA
  3. Untuk kabel RCA 3 in 1, masukan 1 kabel ke STB warna kuning dan 3 kabel masukkan ke Jack Connector RCA
  4. Hidupkan TV satu yang sudah terhubung STB dengan posisi kabel HDMI to HDMI bawaan dari Indihome
  5. Jika TV satu sudah muncul gambar, selanjutnya hidupkan TV kedua pastikan menampilkan gambar serupa
  6. Jika TV kedua belum tampil gambar, pastikan atur TV menjadi ke posisi Video atau AV
  7. Selesai

Untuk memasang paralel TV Indihome berdasarkan cara di atas, hanya memerlukan kabel RCA dan konektornya yang dihubungkan ke STB untuk posisi TV kedua, sementara TV pertama tetap menggunakan bawaan settingan Indihome.

Namun untuk membuat TV Indihome paralel dnegaj jarak TV satu dan lainnya cukup jauh, misalkan TB satu di ruang tamu dan TB dua di kamar, maka perlu kabel RCA yang cukup panjang atau bisa menggunakan Jack Connector RCA.

Kesimpulan

Pada dasarnya untuk memasang TV kabel seperti di hotel menggunakan Indihome bisa dilakukan, cukup dengan menyiapkan 1 STB untuk 2 TV, serta alat pendukung lainnya seperti kabel RCA dan Jack Connector RCA.

Untuk menghubungkan TV satu dengan TV kedua, cukup sambungkan kabel RCA di TV kedua ke STB Indihome yang terhubung dengan TV satu. Dengan begitu, gambar yang ada di TV satu akan juga tampil di TV kedua.

Demikian penjelasan tentang cara paralel TV Indihome seperti di hotel, cukup menggunakan 1 STB untuk 2 TV dan beberapa alat pendukung lainnya. Semoga informasinya bermanfaat dan membantu kamu yang ingin membuat paralel Tv Indihome.

judul gambar

Leave a Comment