Efek Ganti Kapasitor Dengan Nilai UF Lebih Besar Pada Mesin Cuci 2 Tabung

Ketika terjadi kerusakan pada mesin cuci salah satu penyebabnya yaitu karena kerusakan pada kapasitor. Jika kapasitor rusak atau mati maka harus diganti dengan yang baru. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah ada efek ganti kapasitor lebih besar pada mesin cuci? Jika menggunakan kapasitor yang nilainya lebih besar, apakah akan berpengaruh terhadap kinerja mesin cuci?

Efek ganti kapasitor lebih besar pada mesin cuci

Namun sebelum membahas hal tersebut alangkah baiknya untuk memahami mengenai ukuran kapasitor pada mesin cuci 2 tabung. Berikut ini merupakan penjelasannya.

Baca Dulu : Cara Mengecek Kapasitor Mesin Cuci

Berapa Ukuran Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung?

Ukuran Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung

Pada mesin cuci, kapasitor memiliki fungsi dan peran yang sangat penting karena sebagai motor atau penggerak mesin cuci dapat digunakan. Untuk nilai kapasitor yang ada di mesin cuci 2 tabung sendiri mempunyai dua nilai yang tidak sama. Misalnya yaitu ukuran 4 Mf dan 10 Mf, 6 Mf dan 12 Mf, intinya tergantung dari pembuat unit mesin cuci itu.

Misalnya menggunakan mesin cuci yang ukuran kapasitornya adalah 6 Mf dan 12 Mf. Pada ukuran kapasitor 6 Mf digunakan sebagai penggerak spin atau penggerak pengering pada mesin cuci yang mempunyai kumparan utama dan kumparan bantu.

Kapasitor ini dipasang secara seri di kumparan bantu sehingga di antara kumparan utama dan bantu terjadi sebuah pergeseran sudut fasa antara tegangan dan arus. Dengan demikian maka mesin spin pada mesin cuci pun dapat berputar.

Sementara kapasitor satunya yang bernilai 10 Mf digunakan sebagai mesin pencuci atau wash motor.

Baca Juga :

Mengganti Kapasitor dengan Uf Lebih Besar

Banyak orang yang masih bingung apakah dengan mengganti kapasitor dengan Uf lebih besar dapat mempengaruhi kinerja mesin cuci atau tidak. Apakah jika hal ini dilakukan mesin cuci akan tetap bisa bekerja dengan normal? Kemudian apa sajakah efeknya?

Perlu diketahui bahwa setiap mesin cuci sudah mempunyai spesifikasi tertentu mengenai besaran kapasitor yang harus digunakan. Biasanya nilai kapasitor tersebut disesuaikan dengan kebutuhan tegangan dan arus listrik dinamo untuk memulai saat mesin cuci dinyalakan pertama kali untuk berputar.

judul gambar

Banyak orang yang mengganti kapasitor dengan alasan untuk memodifikasinya menggunakan ukuran kapasitor yang lebih besar.

Kelebihannya

Memang mudah untuk menemukan kapasitor mesin cuci di pasaran meskipun dengan nilai yang tidak sama. Ada keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan kapasitor yang nilainya lebih tinggi dari kapasitor normalnya.

  • Mengganti kapasitor dengan nilai lebih besar akan meningkatkan kekuatan mesin cuci sehingga dapat berputar lebih kencang
  • Spin motor atau pengering pada mesin cuci juga bisa bergerak lebih cepat dan membuat pakaian yang dimasukkan pada mesin spin akan lebih cepat kering

Kekurangannya:

Di beberapa mesin cuci produksi luar negeri umumnya mempunyai nilai kapasitor yang sulit dijumpai di pasaran. Akhirnya banyak orang yang kemudian memilih menggunakan kapasitor yang nilainya tidak sama.

Misalnya jika nilai kapasitor semestinya yaitu 10,5 uF, tetapi karena nilai tersebut sulit didapatkan di pasaran, kemudian diganti dengan 12 uF. Hal ini dapat menyebabkan beberapa efek buruk antara lain adalah sebagai berikut.

  • Arus yang digunakan untuk menjalankan unit mesin cuci kemudian berubah menyesuaikan nilai kapasitas dari kapasitor. Jadi semakin tinggi nilai kapasitor Nya maka semakin tinggi juga daya yang dibutuhkan
  • Meskipun putaran mesin cuci menjadi lebih cepat dan meningkat, tetapi hal ini menyebabkan mesin cuci menjadi semakin cepat panas
  • Dinamo atau kumparan pada mesin cuci terbakar dan cepat putus karena dinamo pada mesin cuci tersebut menerima arus dan tegangan listrik yang nilainya lebih besar dari nilai normal yang semestinya
  • Menggunakan kapasitor yang ukurannya lebih besar jika umur dari dinamo mesin cuci
  • Secara tidak langsung bisa membuat tagihan listrik semakin membengkak

Bagaimana Seharusnya Menggunakan Kapasitas Kapasitor?

Bagaimana Seharusnya Menggunakan Kapasitas Kapasitor?

Saat hendak mengganti kapasitor mesin cuci yang rusak dengan kapasitor yang baru, perhatikan juga nilai uF kapasitornya. Usahakan untuk menggunakan nilai kapasitor yang sama dengan kapasitor yang semestinya digunakan.

Jika mengganti kapasitor dengan nilai yang lebih tinggi maka dapat menyebabkan efek buruk pada mesin cuci. Begitu juga dengan mengganti kapasitor menggunakan nilai yang lebih rendah, dapat membuat kinerja mesin cuci menjadi semakin buruk.

Ketahui :

Lalu bagaimana jika di pasaran tidak menemukan kapasitor dengan nilai yang sama? Jika memang ternyata untuk mendapatkan kapasitor yang nilainya sama sulit, maka bisa menggunakan kapasitor yang nilainya paling mendekati. Dengan demikian maka bisa meminimalisir efek buruk penggunaan kapasitor yang berbeda nilai pada mesin cuci.

judul gambar

Leave a Comment