Penyebab TV Sharp LED Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh para pengguna Sharp LED adalah TV Sharp LED mati total lampu indikator tidak menyala. Dalam konteks kerusakan sederhana, seorang awam elektronika sebenarnya dapat mengatasi masalah tersebut. Namun, untuk masalah yang lebih berat, tentu Anda harus menyerahkan kepada teknisi profesional.

TV Sharp LED mati total lampu indikator tidak menyala

Nah, bagi Anda yang ingin mencari tahu tentang cara penyelesaian sederhana, langsung saja ikuti penjelasannya berikut ini.

Baca Dulu : Cara Memperbaiki Power Supply TV LCD Sharp

Penyebab TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Penyebab TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Sebelum memulai perbaikan, tentu ada baiknya jika terlebih dahulu mencari tahu tentang penyebabnya. Secara umum, terdapat dua masalah yang menyebabkan televisi mengalami mati total. Berikut adalah gejalanya tersebut:

1. Block Output Power Supply

Block Output Power Supply

Masalah pertama disebabkan oleh blok pada output power suplai. Hal ini biasanya menyebabkan TV tidak dapat menyala, akan tetapi lampu indikator masih bisa nyala.

2. Primer Power Supply

Power Supply Primer

Penyebab berikutnya adalah adanya kerusakan pada primer power suplai. Hal ini jika dibiarkan akan membuat LED TV mati total. Biasanya, masalah ini juga diikuti dengan adanya MCP trip atau menyebabkan listrik mati.

judul gambar

Cara Mengatasi TV Mati Total dan Lampu Indikator Tidak Menyala

Cara Mengatasi TV Mati Total dan Lampu Indikator Tidak Menyala

Pada saat masalah ini terjadi, terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya. Dengan catatan, kerusakan yang terjadi masih dalam level sederhana. Namun, apabila ditemukan kerusakan yang terbilang sudah parah, Anda perlu segera mengunjungi bengkel elektronika terdekat. Berikut adalah beberapa masalah serta cara mengatasi TV Sharp lampu indikator mati normal.

Baca Juga :

3. Cek AC 220V Cable

Terkadang masalah ini dianggap sepele oleh banyak orang. Namun, hal ini sangat mungkin terjadi dan bisa menjadi penyebab utama TV mati total. Seperti diketahui, pada bagian Kabel AC 220V ini menjadi jalan utama masuk tidaknya sumber listrik. Masalah kabel ini biasanya disebabkan karena digigit tikus, terbakarnya steker, kabel kualitas rendah, dan lain sebagainya.

Untuk pengecekan, bisa menggunakan Volt Meter AC max 1000 Volt. Arahkanlah pengecekan di tempat sebelum komponen Dioda. Cara cek lainnya adalah dengan mencabut steker dan lihatlah apakah jack AC terhubung dengan baik ke perangkat. Pada saat pengecekan, pastikan jangan hubungkan dengan tegangan listrik.

2. Periksa Bagian Saklar

Bagian Saklar TV LED

Cara mengatasi TV LED Sharp 24 inch mati total adalah dengan mengecek di bagian saklar. Pastikan bahwa saklar tersebut berfungsi dengan baik. Pemeriksaan bisa dilakukan menggunakan steker. Kerusakan pada saklar ini bisa dilihat saat TV harus dinyalakan berkali-kali baru bisa hidup. Dengan perbaikan pada bagian saklar, televisi pasti dapat kembali menyala dengan normal.

3. Fuse Regulator

Berikutnya, masalah penyebab televisi mati adalah karena ada kerusakan di bagian regulator fuse. Apabila fuse ini putus, maka terdapat dua dugaan. Pertama, fuse sudah tidak mampu menahan arus listrik. Kedua, terdapat short circuit di rangkaian televisi.

Sebagai langkah pemantapan pada kerusakan, Anda dapat memastikan dengan mengganti komponen fuse dengan lampu DOP 100 W. Setelah itu, pastikan apakah sekring saja yang putus atau terdapat masalah lainnya. Jika lampu menyala, artinya masalah ada pada bagian output ataupun di rangkaian Power Supply.

4. Dioda Primer

Dioda Primer

Apabila setelah pengecekan di langkah sebelumnya tidak ditemukan kerusakan, maka Anda bisa mencurigai bagian dioda primer. Jika sudah seperti ini, biasanya saat mencoba diperbaiki MCB listrik menjadi anjlok. Hasilnya, saat diperbaiki, listrik rumah mengalami mati secara terus menerus. Langkah terbaik untuk mengatasinya adalah dengan cek dioda primer.

Perlu diketahui, pada saat MCB mengalami mati, artinya terdapat korsleting pada bagian mesin televisi. Secara khusus, korsleting tersebut ada di bagian blok primer PS. Untuk mendeteksi masalah ini, Anda juga bisa memanfaatkan bantuan lampu DOP. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti atau memperbaiki dioda primer.

Ketahui :

Begitulah tadi pembahasan tentang penyebab dan cara mengatasi TV Sharp LED mati total lampu indikator tidak menyala. Semoga dengan informasi tersebut, Anda bisa melakukan pengecekan kerusakan sederhana. Namun, bila kondisi televisi sudah parah, maka lebih baik segera dibawa ke teknisi elektronik profesional untuk menghindari kerusakan lebih buruk lagi.

judul gambar

Leave a Comment