Cara Memperbaiki Power Supply TV LCD Sharp Aquos Yang Mati Total

Permasalahan yang kerap kali terjadi pada TV LED adalah kerusakan pada power supply. Tidak terkecuali hal tersebut juga muncul pada TV Sharp Aquos. Oleh karena itu, bagi Anda yang punya Aquos setidaknya mengetahui tentang cara memperbaiki power supply TV LCD Sharp Aquos ini. Hal itu karena selain lebih hemat biaya, Anda juga dapat menambah ilmu elektronika sederhana mengatasi masalah pada TV LCD.

cara memperbaiki power supply tv lcd sharp

Seperti diketahui, komponen power supply memegang peranan penting dalam perangkat televisi. Apabila perangkat tersebut rusak atau mengalami masalah, tentu TV akan menjadi rusak. Oleh karena itu, untuk langkah persiapan menghadapi masalah tersebut, Anda bisa melihat beberapa solusi perbaikan power supply pada TV LCD berikut ini.

Baca Dulu : Cara Membuat Kabel HDMI To RCA Sendiri

Cara Memperbaiki Power Supply TV LCD Sharp dan Contoh Masalahnya

Di dalam teknologi TV modern seperti Sharp Aquos, telah diberikan skema PSU TV LCD Sharp Aquos sebagai gambaran dalam mencari tahu masalah yang terjadi. Dengan berbekal hal tersebut, Anda bisa lebih mudah dalam melihat rangkaian dari televisi tersebut.

Kerusakan pada komponen PS biasanya menyebabkan masalah berbeda-beda tergantung tingkat kerusakan. Untuk itu, pada setiap akibat yang ditimbulkan, cara penanganannya juga berbeda-beda. Nah, berikut ini adalah beberapa masalah akibat power supply mati serta cara mengatasinya.

1. TV LCD Sharp Aquos 32 Mati Total, Namun MCB Turun

TV LCD Sharp Aquos 32 Mati Total, Namun MCB Turun

Pada saat kondisi televisi dalam keadaan mati total dan pemeriksaan menunjukkan bahwa sekring mengalami putus atau crash, sangat disarankan untuk melakukan tindakan yang tidak gegabah. Artinya, jangan serta-merta langsung melakukan penggantian sekring serta kemudian menyalakan TV. Hal ini perlu berhati-hati dalam melakukan tindakan karena bisa saja ada masalah power supply yang membuat sekring putus.

judul gambar

Jadi, paling aman adalah dengan memerikan terlebih dahulu rangkaian PSU yang berkaitan ke sekring. Untuk lebih jelas, Anda bisa gunakan alat Multitester untuk mengukur bagian komponen yang dicurigai mengalami masalah. Pada umumnya, beban berlebih pada PSU dapat menjadi penyebab sekring putus.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, Anda bisa cek semua komponen elektronik di PSU. Caranya cukup dengan potong bagian jalur yang mengarah ke transcooper dan transistor PSU. Setelah itu, pasang kembali sekring serta hidupkan kembali TV Anda. Apabila sekring lagi-lagi putus, artinya masalah ada di rangkaian sebelumnya, yakni: NTC, Kapasitor Bank, Diode penyearah, ataupun IC PWM TV LED Sharp.

Baca Dulu : 

Jika sudah diperiksa ulang, maka berikutnya lepaskanlah bekas solder di jumper dan pastikanlah sudah tidak terhubung lagi dengan rangkaian selanjutnya. Jika masih terhubung, Anda tidak dapat melihat bagian mana yang sebenarnya mengalami kerusakan. Setelah itu, tinggal pasang kembali sekring serta kembali hubungkan dengan sumber listrik. Jika sudah beres, berarti masalah sudah terselesaikan.

2. TV Menyala, Tetapi Sering Mati Sendiri (Indikator Mati)

Pada jenis TV yang PS-nya menggunakan STR, masalah TV sering mati sendiri ini kerap kali dijumpai. Akan tetapi, hal ini malah dapat membuat Anda lebih mudah dalam mengetahui kerusakannya. Hal itu karena rangkaian osilator power telah jadi satu bersama di dalam rangkaian.

Apabila masalah seperti ini terjadi, solusinya tinggal ganti saja STR-nya. Akan tetapi, sebelum itu lebih baik lakukan pengecekan dengan melakukan solder di bagian kaki STR. Pastikan apakah ada kerusakan atau tidak. Masalah semacam ini kerap kali terjadi pada TV Sharp, LG, Polytron, ataupun merek lain yang masih menggunakan STR di dalamnya.

Harga Power Supply TV LED Sharp Aquos 32 Inch

Harga Power Supply TV LED Sharp Aquos 32 Inch

Jika setelah melakukan berbagai treatment masalah tidak juga selesai, maka cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengganti power supply. Untuk harganya, saat ini PS mempunyai harga mulai 200 ribu sampai dengan 300 ribu. Semua itu kembali lagi tergantung dengan merek masing-masing televisi.

Ketahui :

Itulah tadi pembahasan singkat tentang cara memperbaiki power supply TV LCD Sharp yang bisa digunakan. Mengetahui hal dasar seperti disebutkan di atas bisa menjadi salah satu langkah untuk Anda lebih menghemat biaya penggantian komponen. Namun, jika memang komponen tersebut harus diganti, maka satu-satunya cara adalah dengan menggantinya dengan komponen PS baru.

judul gambar

Leave a Comment