Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau dan Tidak Ada Gambar

Pada saat membeli TV Sharp tentu Anda mengharapkan bahwa produk tersebut bisa awet dan tahan lama. Namun, terkadang karena pemakaian yang terlalu over, terjadi beberapa masalah yang muncul. Salah satunya adalah adanya kerusakan TV LED Sharp lampu hanya hijau alias stand by saja. Pastinya, jika hal tersebut terjadi akan sangat mengganggu waktu menonton TV Anda.

Kerusakan tv LED Sharp lampu hanya hijau

Tetapi, bagaimana jika kerusakan tersebut telanjur terjadi? Apakah harus langsung dibawa ke tukang service? Untuk Anda yang tidak punya basik keilmuan tentang elektronika, maka dapat langsung ke bengkel. Namun, jika Anda punya sedikit saja kemampuan, maka tidak ada salahnya untuk melakukan penanganan sendiri. Untuk masalah dan solusinya, Anda bisa melihat penjelasan berikut ini.

Baca Dulu : TV Sharp LED Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Kumpulan Kerusakan TV LED Sharp Aquos dan Varian Lainnya

Kumpulan Kerusakan TV LED Sharp Aquos dan Varian Lainnya

Seperti dikatakan sebelumnya, kerusakan TV LED Sharp Aquos 24 inch atau varian lainnya memang hal yang biasa. Untuk mengatasi hal tersebut tentunya dibutuhkan pengetahuan dasar servis dari si pemilik. Dengan begitu, Anda bisa mengatasi permasalahan televisi lebih awal dan menghemat biaya servis yang harus dibayarkan.

Nah, di kesempatan kali ini, akan diberikan beberapa contoh permasalahan yang biasa terjadi pada televisi merek Sharp ataupun TV jenis LED lainnya. Untuk informasi lebih lengkapnya, simaklah ulasannya di bawah ini dengan baik dan cermat.

1. TV Panas Berlebih Saat Dinyalakan

Masalah kerusakan pertama adalah televisi mengalami overheat atau panas berlebih saat dinyalakan. Kejadian ini pada umumnya terjadi di Sharp tipe Picollo Slim 21. Masalah ini biasanya terjadi karena terdapat kerusakan pada IC Croma. Jika kerusakan ini terjadi, Anda akan merasakan rasa panas sekali saat menyentuh bagian dari televisi.

Untuk mengatasi masalah ini, solusinya tinggal ganti saja komponen IC Croma-nya. Namun, masalahnya suku cadang tersebut saat ini sudah cukup sulit ditemukan. Pasalnya, Sharp sekali pabrikan pembuat TV sudah tidak memproduksi komponen tersebut. Lalu, bagaimana untuk mengganti komponen tersebut? Tenang saja, Anda masih bisa menggunakan IC persamaan sesuai tipe TV.

IC Croma

judul gambar

Dalam penggantian IC Croma, terlebih dahulu beberapa komponen yang harus dilepas seperti pada transistor Q100D serta Q755. Tujuan dari pelepasan tersebut tentu agar Trafo Regulator tidak berderik saat dinyalakan. Hal ini terbilang wajar mengingat suku cadang yang digunakan adalah perangkat persamaan dan bukan versi original dari pihak Sharp.

Baca Juga :

2. TV LED Sharp Aquos tidak ada gambar dan suara

Masalah lain yang kerap dialami adalah terjadinya kerusakan pada Elco dengan ukuran 33uF di dekat IC vertikal. Secara kasat mata, memang komponen tersebut tidak terlihat saat mengalami kerusakan. Padahal, Elco dapat menunjukkan pecah, retak, serta menggelembung. Bahkan, saat terjadi kerusakan pun terkadang tidak menunjukkan perbedaan kondisi fisik.

Hal yang harus diperhatikan adalah saat proses penggantian Elco ini tidak boleh dilakukan secara buru-buru atau langsung dilakukan. Terlebih dahulu disarankan bagi Anda untuk melakukan beberapa pengecekan terhadap Elco tersebut. Untuk melakukannya, caranya cukup sederhana. Gunakan saja alat multitester baik yang mesin analog maupun digital.

Apabila setelah dilakukan pengecekan memang terdapat kerusakan di bagian tersebut, maka barulah Anda bisa menggantinya dengan komponen baru. Namun, jika Elco masih terlihat normal dan berfungsi sebagaimana layaknya, maka masalah yang menjadi penyebab TV rusak bukan berasal dari Elco. Bisa saja kerusakan terjadi di bagian televisi lainnya.

3. TV LED Mati (Stand by)

TV LED Mati (Stan by)

Masalah terakhir yang memang kerap kali terjadi adalah TV Sharp hanya nyala lampu merah atau kedip lampu hijau. Permasalahan seperti ini biasanya disebabkan karena kerusakan di D605. Namun, apabila setelah rangkaian pengecekan pada R605 ataupun B+125V tidak mengalami masalah, berarti Dioda 605 lah yang menjadi penyebab masalahnya.

Apabila memang rusak, maka Anda tidak perlu merasa bingung. Langsung saja lakukan penggantian komponennya. Jika setelah penggantian TV bisa menyala seperti biasa, maka masalahnya sudah terselesaikan dengan baik. Namun, bila setelah berbagai serangkaian tindakan TV tetap dalam kondisi rusak, maka lebih baik untuk segera membawanya ke bengkel elektronik terdekat.

Kesimpulan

Setelah membaca tentang permasalahan yang kerap kali dialami oleh pemilik TV Sharp, diharapkan Anda dapat mengatasi masalah dasar saat terjadi kerusakan. Selain itu, perlu diketahui bahwa cara di atas hanya berlaku saat kerusakan masih dalam tahap awal. Namun, ketika kerusakan parah dan sulit diselesaikan, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membawa perangkat TV ke teknisi profesional.

Baca Juga :

Itulah tadi informasi tentang mengatasi kerusakan TV LED Sharp lampu hanya hijau dan beberapa masalah umum lainnya. Dengan informasi di atas, tentu dapat dijadikan sebagai salah satu langkah awal dalam penanganan TV rusak. Namun, jika tidak ingin terlalu ribet, maka langsung saja Anda memberikan masalah tersebut ke teknisi profesional di sekitar daerah Anda.

judul gambar

Leave a Comment