Penyebab TV LCD Polytron 32 Inch Layar Gelap Tapi Suara Ada

Terkadang salah satu masalah saat memiliki TV LCD itu adalah TV LCD layar gelap suara ada, ini sering menjadi masalah yang mengkhawatirkan. Banyak orang yang lalu merasa kebingungan ketika TV LED Polytron 32 Inch suara ada gambar gelap, dan mencari tahu cara memperbaiki TV LCD suara ada layar mati. Dan berikut kami jelaskan penyebab TV LED tidak ada gambarnya tapi ada suaranya dan cara mengatasinya.

TV LCD Layar Gelap Suara Ada

Baca Juga : Cara Membuka TV Sharp yang Terkunci Tanpa Remote

Penyebab TV LED Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

Sebelum Anda mengerti dan memahami soal bagaimana cara memperbaiki TV LCD yang rusak di bagian gambar namun suara ada, Anda harus tahu penyebabnya. Ketika Anda sudah tahu penyebabnya, maka Anda akan bisa mencari solusi yang paling tepat untuk memperbaikinya.

Beberapa Penyebab TV LCD Layar Gelap Suara Ada

Penyebab TV LCD Layar Gelap Suara Ada

Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa penyebab yang mungkin membuat TV LCD Anda rusak gambarnya.

1. Layar TV Rusak

Penyebab yang pertama yang mungkin paling umum terjadi di kerusakan televisi itu adalah soal layar dari TV yang rusak. Mau itu LCD atau juga LED, bila layar TV yang mengalami kerusakan, sudah pasti tidak akan bisa menampilkan gambar. Biasanya karena flexible atau IC COF terbakar, dan hal ini membuat layar mati namun tetap masih ada suaranya.

2. Modul T-Con Rusak

Kalau pada TV LED itu ada modul T-Con yang berfungsi menyalurkan tegangan pada panel LED pada TV LED. Sehingga pada saat modul T-Con ini mengalami kerusakan, maka tidak akan ada tegangan yang masuk ke panel LED. Dan hal ini sudah pasti akan membuat televisi LED tidak menampilkan gambar namun hanya mengeluarkan suara saja.

Ketahui :

3. Lampu Backlight Mati

Penyebab yang ketiga adalah lampu backlight mati, lampu backlight ini berada di belakang lapisan panel LCD pada TV Anda. Karena biasanya rangkaiannya itu dibuat rangkaian seri, maka membuat semua lampu pada backlight itu akan mati kalau mati satu. Dan ini biasanya membuat gambar di layar TV jadi gelap meskipun suaranya itu bisa terdengar sangat jelas.

judul gambar

4. Fuse SMD Putus

Penyebab yang keempat adalah Fuse SMD itu putus, dan lokasinya itu ada di board T-Con dengan berbagai komponen yang lainnya. Bila Fuse SMD putus, maka tentunya tidak akan bisa menampilkan gambar di layar panel TV Anda itu. Sehingga suara masih ada namun untuk gambarnya tidak ada.

5. IC Gamma Rusak

Penyebab yang kelima adalah kerusakan pada IC Gamma yang juga lokasinya itu berada di part atau board T-Con. IC Gamma ini juga yang akan membuat layar menyala dan kemudian bisa menampilkan gambar ke dalam layar TV Anda.

6. Kabel LVDS Belum Terpasang

Penyebab yang berikutnya adalah soal kabel LVDS yang akan menyalurkan gambar ke panel layar TV LCD yang Anda miliki. Dan kabel LVDS ini sendiri berada di board T-Con, dan bila tidak menampilkan gambar di layar TV maka kemungkinan tidak terpasang dengan baik. Jadi Anda harus perhatikan kabel tersebut juga.

Cara Memperbaiki TV LCD Suara Ada Layar Mati

Cara Memperbaiki TV LCD Suara Ada Layar Mati

Tentunya cara memperbaiki TV LCD yang layarnya mati namun suaranya masih ada itu sangat bergantung dari penyebab yang sudah kami sampaikan. Dan berikut ini beberapa cara untuk memperbaiki masalah TV LCD layarnya mati namun masih ada suara yang keluar dari TV itu.

  1. Langkah yang pertama Anda sudah pasti harus membongkar televisi terlebih dahulu
  2. Kemudian periksa bagian board T-Con, dan pastikan tidak ada yang rusak dan tegangan di setiap bagian memang normal. Bagian seperti Fuse SMD, Kabel LVDS, dan juga IC Gamma.
  3. Bila ada yang tidak normal, Anda tinggal ganti saja part tersebut, namun bila normal semua, berarti modul T-Con harus diganti
  4. Selain itu juga Anda bisa senterkan layar Anda, bila ada backlight yang mati akan terlihat.
  5. Bila tidak ada yang terlihat rusak, maka kemungkinan besar layarnya yang rusak dan harus diganti.

Ketahui :

Untuk menghindari kerusakan, sangat perlu kalian servis TV secara rutin.

judul gambar

Leave a Comment