Cara Mengatasi TV Akari Standby Lama Tidak Mau Start

Salah satu masalah yang sering muncul pada barang elektronik ialah mengalami standby atau kondisi dimana TV tidak mau start, hal ini tentunya akan berbeda cara mengatasinya. Kondisi dimana walaupun jenis masalahnya sama akan tetapi merk TV nya berbeda maka cara yang digunakan untuk memperbaiki juga berbeda.

 Tv Akari Standby Tidak Mau Start

Nah, disini akan kami sampaikan beberapa cara untuk memperbaiki TV Akari standby tidak mau start salah satunya dengan melihat dari letak pin protek TV Akari.

Baca Juga : Skema Regukator TV Sanyo STR W6753

Beberapa Cara Memperbaiki TV Akari Susah Start

Menghadapi TV merk Akari dalam keadaan mati ataupun TV Akari lama start merupakan masalah yang cukup serius, biasanya apabila masalah ini dibawa ke jasa teknisi bisa menghabiskan cukup banyak uang.

Bagi kita yang sedang mengalami masalah yang sama maka kita bisa memperbaikinya terlebih dahulu sebelum dibawa ke teknisi karena caranya cukup mudah jika kita mau mempelajarinya, adapun beberapa caranya yaitu:

  1. Langkah pertama yang perlu kita lakukan ialah dengan mengecek tegangan pada titik kolektor TR, jika tidak ada tegangan maka bisa dikarenakan spul trafo river horizontal nya yang putus, akan tetapi kita tidak bisa menggantinya sembarangan kecuali jika berasal dari mesin bekas yang memiliki tipe yang sama.
  2. Sebelum melepas travo horizontal nya, maka kita perlu mengecek terlebih dahulu R pembatas dari B+ sebagai supply nya karena biasanya R di bagian ini sering memiliki nilai yang molor dari seharusnya.
  3. Selanjutnya ialah melepas dan putuskan trafo pada bagian primernya. Setelah itu barulah dipasang kembali, lalu coba untuk menyalakan TV, jika rangkaian horizontal telah bisa bekerja dengan baik maka TV akan menyala dengan normal.

Nah, itulah tadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki TV Akari yang mengalami standby tidak mau start. Akan tetapi ada juga cara lainnya yang bisa digunakan untuk memperbaiki TV Akari yang susah start, yang mana sumber masalahnya berada pada IC programnya.

Artikel Terkait :

judul gambar

Solusi TV Akari Standby Tidak Mau Start

Solusi TV Akari Standby Tidak Mau Start

Adapun cara memperbaikinya ialah:

  1. Mengecek atau mengukur semua yang berkaitan dengan IC, lalu jika di dapatkan hasilnya baik-baik saja maka bisa mengecek yang lainnya.
  2. TV Akari dengan IC memori 24c08 ini perlu diganti dengan IC yang memiliki kategori yang sama dan memiliki kecocokan.
  3. Setelah itu kita perlu menunggu TV nyala, akan tetapi biasanya start nya memiliki waktu yang cukup lama sekitar 10 menit, sehingga kita perlu sabar menunggu.
  4. Jika sudah menunggu 10 menit, maka proses start dari TV dapat diselesaikan. Jika sudah ada pada tahapan ini maka TV telah berhasil diperbaiki walaupun belum sepenuhnya normal.

Beberapa cara diatas merupakan hasil pengalaman seorang teknisi yang pernah menghadapi masalah serupa, untuk jenis dan tipe TV yang sama sekalipun cara memperbaikinya bisa berbeda-beda. Oleh karena itu kita perlu menggunakan jasa teknisi jika memang masalahnya cukup kompleks dan tidak bisa kita perbaiki secara mandiri.

Apakah kalian bisa memahami beberapa cara di atas? Semoga dengan adanya artikel ini setidaknya bisa memberikan gambaran mengenai berbagai masalah yang sering terjadi pada TV Akari dan berbagai cara untuk memperbaikinya.

Ketahui :

Apabila kita menemukan masalah kecil pada barang elektronik maka alangkah baiknya untuk segera diperbaiki sebelum masalahnya bertambah besar, karena jika masalah yang terjadi sudah besar dan kompleks maka kita akan mengalami kesulitan. Selamat mencoba!

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text