Cara Pasang Skema Modul Mesin Cuci Universal SXY2200

Mesin cuci merupakan salah satu alat elektronik yang saat ini banyak digunakan oleh ibu rumah tangga untuk membantu mencuci pakaian secara otomatis dengan menggunakan mesin. Sebelum menggunakan mesin cuci biasanya kita perlu memasang modul dengan melihat dari skema modul mesin cuci universal.

 Cara Pasang Modul Mesin Cuci Universal

Nah, disini akan dijelaskan mengenai beberapa cara pasang modul mesin cuci universal yang mudah dipahami.

Baca Dulu : Warna Kabel Mesin Cuci

Cara Pasang Modul Mesin Cuci Universal Sxy2200

seperti hal nya alat elektronik lainnya, mesin juga memiliki jenis dan tipe yang berbeda-beda. Beberapa tipe mesin cuci seperti sxy2200 dan Oc 2200.

Cara untuk memasangkan modul biasanya hampir sama, akan tetapi kita perlu teliti dan sabar agar tidak terbalik urutannya pada saat membaca modul karena jika terbalik maka dapat membuat kesalahan yang cukup fatal. Adapun beberapa cara pasang modul mesin cuci universal Oc 2200 dan mesin cuci universal sxy2200, diantaranya ialah:

  1. Langkah pertama yang perlu kita lakukan ialah dengan menyimak baik-baik skema atau modul untuk jalur kelistrikan nya.
  2. Hubungkan kabel tegangan masing-masing ke Zero Line dan satunya menuju Fire Line, lakukan pemasangan dengan sempurna agar tegangan listriknya bisa mengalir dengan lancar sehingga tidak ada yang menghambat aliran.
  3. Lalu pasanglah kedua kabel Door Switch atau biasa disebut dengan saklar pengaman pintu menyesuaikan petunjuk yang ada pada gambar untuk dapat menghindari kesalahan, karena jika terjadi kesalahan maka mesin cuci tidak akan bekerja secara normal.
  4. Hubungkan ketiga pin soket pada water level atau sensor air. Ketiga pin tersebut harus dipasang dengan benar dan tidak terbalik, dimana untuk pin tengah dapatkan di tengah, kiri berada di kiri, begitu juga pin kanan maka kita perlu berada di kanan, lalu ketiga kabel tersebut diulur sampai water level.
  5. Langkah selanjutnya yaitu menghubungkan ketiga kabel menjadi satu ke motor dinamo penggerak, motor drain, solenoid valve dan pasang juga ke pin pada modul universal yang berada di samping soket Zero Line.
  6. Lalu hubungkan pin soket modul universal dari motor drain dan solenoid, lalu hubungkan pula kedua sisa kabel motor putaran tabung, ke soket yang ada pada modul. Kita bisa mencobanya untuk mengecek apakah pemasangan kabel sudah benar, karena jika salah maka tabung tidak akan bisa berputar, kita juga bisa melihat modul mesin cuci universal tidak bisa spin apabila kita menemukan masalah terkait spin yang tidak bisa berputar.

Artikel Terkait :

judul gambar

Proses pemasangan alat seperti cara diatas dapat berjalan lancar jika kita sudah memiliki dan faham skema modul universal mesin cuci baik yang front loading maupun yang top loading.

Modul Mesin Cuci Universal

Jadi, apabila kita mendapati sesuatu yang membingungkan maka bisa melihat jawabannya secara langsung di modul. Hal yang perlu kita lakukan ketika membaca modul ialah teliti dan bersabar karena untuk bisa memahaminya kita membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena bahasa yang asing dan jarang kita lihat.

Apakah kalian termasuk dari pengguna mesin cuci? Semoga dengan artikel bisa memberikan penjelasan yang cukup singkat dan padat mengenai cara memasangkan modul universal pada berbagai jenis mesin cuci.

Ketahui :

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi pengguna mesin cuci baru yang ingin memasangkan modul secara pribadi tanpa bantuan teknisi. Selamat mencoba dan semoga bisa berhasil proses pemasangannya!

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text