Solusi Kerusakan TV LCD Sharp Aquos Gagal Start & Bergaris

Merek TV di Indonesia saat ini ada banyak sekali. Salah satu yang menjadi populer tentu adalah TV LCD Sharp Aquos. TV tersebut dinilai sudah mempunyai beragam fitur canggih serta punya gambar jernih. Namun, tentu hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya kerusakan. Nah, untuk mengantisipasi hal terebut, Anda sebagai pemilik harus tahu solusi kerusakan TV LCD Sharp Aquos.

Solusi kerusakan tv lcd Sharp Aquos

Secara umum, terdapat beberapa masalah yang bisa muncul pada TV ini. Beberapa di antaranya adalah masalah LCD bergaris dan juga gagal start. Nah, lalu bagaimana jika hal tersebut terjadi pada televisi Anda? Apabila hal tersebut terjadi, Anda dapat menggunakan cara-cara berikut ini.

Baca Dulu : Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau

Cara Mengatasi TV LCD Sharp Aquos Gagal Start

Cara Mengatasi TV LCD Sharp Aquos Gagal Start

Salah satu solusi ampuh untuk mengatasi permasalahan pada barang elektronik tentu adalah mengganti komponen penyebab kerusakan. Nah, berikut adalah beberapa komponen yang perlu diganti saat LCD televisi mengalami gagal start.

1. Ganti IC Croma

Apabila setelah dicek berbagai komponen ternyata bagian IC Croma rusak, maka sudah seharusnya bagi Anda untuk menggantinya. Hal ini bisa dilakukan setelah dipastikan bahwa IC tersebut memang sudah tidak dapat berfungsi dengan baik.

Perlu diketahui, IC setiap tipe Sharp tidak semuanya sama jenisnya. Bahkan, terdapat jenis yang tidak mempunyai IC pengganti. Jika seperti itu, biasanya para teknisi akan menawarkan solusi dengan mengganti menggunakan komponen IC persamaan.

2. Ganti Short Dioda 605

Tidak jauh berbeda dengan IC, saat Short Dioda 605 pada TV sudah mengalami kerusakan, maka cara terbaiknya adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mencari di toko elektronik terdekat. Agar memudahkan saat akan membeli, dioda bisa dicopot tersebut dahulu untuk dibawa ke toko elektronik sebagai contoh.

judul gambar

3. Ganti Elco

Elco juga sering menjadi salah satu alasan mengapa TV gagal menyala. Apabila memang elco pada TV sudah dalam kondisi rusak, maka satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan penggantian. Pastikan bahwa Anda membawa elco ke toko sebagai contoh agar memudahkan dalam pembelian komponennya.

Baca Juga : 

Cara Memperbaiki TV LED Sharp Aquos Bergaris

TV Bergaris

1. Mengganti IC COF

TV Sharp bergaris biasanya disebabkan karena adanya IC COF rusak. Hal ini cukup masuk akal karena memang IC tersebut terkenal cukup rapuh. Kelonggaran posisi dan panas dapat membuat IC COF ini mengalami gangguan yang menyebabkan tampilan TV bergaris. Oleh karena itu, sebelum buru-buru ganti LCD, ada baiknya bagi Anda untuk mengecek komponen IC COF ini terlebih dahulu.

Dalam mengatasi masalah ini, Anda bisa membongkar televisi terlebih dahulu. Setelah itu, bisa coba untuk panaskan IC menggunakan soldier. Namun, dalam pemanasan ini harus dilakukan sangat hati-hati karena memang cukup rapuh. Apabila IC COF sudah telanjur rusak, maka satu-satunya langkah adalah dengan menggantinya.

2. Memodifikasi Tegangan Row

Untuk melakukan modifikasi ini, Anda dapat lihat langkahnya sebagai berikut:

  • Bongkar TV untuk memastikan jalur FPC tidak terbakar
  • Kemudian cek tegangan IC Power Tcon dan pastikan tidak ada yang mengalami tegangan kurang.
  • Putuskan jalur PIN OUT 21 yang mengarah ke panel.
  • Ukur tegangannya tanpa beban. Normalnya berada di angka 21 sampai 24 volt
  • Penyebab kerusakan ada 2. Jika IC rusak, maka harus segera diganti. Namun jika panel Anda bisa lakukan jumper antara tegangan IC power out dengan jalur panel yang putus.
  • Apabila masih gagal dan terbakar, artinya kerusakan panel sangat parah sehingga harus diganti. Namun, jika tidak ada terbakar dan Tcon suhu normal, garis dapat dihilangkan dengan langkah-langkah ini.

Baca Juga :

Itulah tadi beberapa solusi kerusakan TV LCD Sharp Aquos. Anda bisa menggunakan cara di atas saat televisi mengalami masalah muncul garis ataupun gagal start. Semoga dengan informasi yang diberikan ini bisa bermanfaat bagi Anda pemilik televisi jenis Sharp Aquos ini.

judul gambar

Leave a Comment