Skema & Cara Mesin Cuci 1 Tabung Otomatis Dirubah Menjadi Manual

Tahukah kalian kalau ternyata mesin cuci otomatis itu bisa dirubah menjadi mesin cuci manual lho, tapi harus tahu caranya. Jadi ada skema mesin cuci otomatis dirubah menjadi manual, supaya nantinya mesin cuci otomatis akan menjadi mesin cuci manual. Skema mesin cuci 1 tabung jadi manual itu memang sangat dibutuhkan untuk bisa mengubah mesin cuci otomatis jadi manual.

Skema Mesin Cuci Otomatis Dirubah Menjadi Manual

Mesin cuci otomatis mungkin memang mudah dioperasikan, namun memang rawan terjadi kerusakan terutama pada bagian modul. Hal ini yang kemudian membuat ketika mesin cuci otomatis rusak lebih baik diubah menjadi manual, terlebih karena harganya lebih murah. Tapi kalian itu harus tahu dulu cara merubah mesin cuci LG otomatis jadi manual itu seperti apa.

Baca Dulu : Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci

Komponen Skema Mesin Cuci Otomatis Dirubah Menjadi Manual

skema mesin cuci otomatis dirubah menjadi manual

Sebelum kalian mengubah mesin cuci otomatis menjadi manual, maka kalian harus tahu mengenai komponen yang harus disediakan terlebih dahulu. Memang ada beberapa komponen elektronik yang harus dipersiapkan yang nantinya akan dipasang pada mesin cuci otomatis untuk diubah menjadi manual. Berikut ini beberapa komponen yang harus tersedia saat kalian ingin mengubah mesin cuci otomatis jadi manual ini.

  1. Komponen yang paling pertama adalah timer dengan 3 kabel, ini akan berfungsi sebagai timer untuk mencuci baju di mesin manual nantinya.
  2. Komponen yang kedua adalah timer dengan 2 kabel, timer ini fungsinya untuk timer pengering pada mesin cuci.
  3. Komponen yang ketiga adalah saklar DPDT yang nantinya akan terhubung ke mode wash dan juga mode drain untuk mengeluarkan air.

Artikel Terkait :

judul gambar

Penjelasan Cara Merubah Mesin Cuci LG Otomatis Jadi Manual

Cara Merubah Mesin Cuci LG Otomatis Jadi Manual

Setelah kalian sudah tahu komponennya, maka masalah berikutnya adalah soal bagaimana cara memasang untuk mengubah mesin jadi manual. Langkah demi langkahnya itu harus dilakukan dengan benar, supaya kalian itu bisa mengubah skemanya dengan baik dan benar. Beriku ini kami akan coba berikan penjelasannya untuk kalian supaya bisa menjadi panduan.

  1. Langkah yang pertama adalah kalian harus putuskan semua kabel yang terhubung dengan modul mesin cuci otomatis.
  2. Langkah kedua adalah kalian harus memasang semua kabel untuk setiap komponen mesin cuci ke beberapa komponen yang kami jelaskan di atas. Berikut ini detail pemasangan kabel ke beberapa komponen untuk mengubah mesin cuci otomatis menjadi manual.
  3. Kabel yang menyambung ke listrik disambungkan ke DPDT di posisi nomor 3 untuk arus listrik. Kabel kedua dihubungkan ke socket yang menghubungkan motor, torque motor, dan water valve.
  4. Kabel pertama dari timer 3 kabel itu masuk ke DPDT di nomor 1 dan 2. Setelah itu kabel yang ketiga masuk ke motor dan socket kedua dari motor dihubungkan ke DPDT nomor 4.
  5. Kabel pertama timer 2 kabel DPDT nomor 5 dan dihubungkan juga ke LID Switch dari mesin cuci.
  6. DPDT nomor 6 dihubungkan dengan LID Switch di dalam mesin cuci.
  7. Setelah itu lakukan pengetesan untuk memastikan mesin cuci bekerja dengan baik.

Ketahui :

Untuk memudahkan dalam pemasangan atau pengubahan mesin cuci otomatis ke manual ini kalian perlu untuk mengetahui skemanya. Dengan skema ini pun akan menjauhkan kalian dari kesalahan pada saat melakukan pemasangan kabel dalam rangka mengubah mesin cuci otomatis jadi manual. Demikianlah informasi cara untuk bisa mengubah mesin cuci otomatis jadi manual dengan perawatan yang lebih mudah.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text