Skema & Cara Pasang Modul Universal Mesin Cuci Front Loading

Mesin cuci itu adalah kebutuhan rumah tangga yang sangat penting, karena memudahkan dalam mencuci pakaian. Skema modul universal mesin cuci front loading sendiri menjadi salah satu informasi penting yang dibutuhkan saat mesin cuci mengalami kerusakan. Jadi pada saat harus mengganti dengan modul universal, maka tahu cara pasang modul mesin cuci universal tersebut.

Skema Modul Universal Mesin Cuci Front Loading

Baca Dulu : Jalur Kabel Mesin Cuci 2 Tabung Polytron

Skema Modul Universal Mesin Cuci Front Loading

Modul universal itu memang sering menjadi pilihan bagi banyak orang ketika harus mengganti modul dari sebuah mesin cuci. Ini karena harga dari modul universal itu memang jauh lebih murah sehingga sangat wajar banyak orang yang lebih memilih mempergunakannya. Cara pasang modul universal mesin cuci front loading itu memang menjadi informasi penting yang harus diketahui.

Cara Pasang Modul Mesin Cuci Universal

Cara Pasang Modul Mesin Cuci Universal

Apabila terjadi kerusakan pada mesin cuci yang diakibatkan oleh modulnya, maka kalian bisa menggantinya dengan modul mesin cuci universal. Kalian harus bisa memasang dengan benar modul tersebut supaya mesin cuci itu bisa bekerja dengan baik untuk memenuhi kebutuhan kalian. Berikut ini kami akan jelaskan langkah atau cara memasang modul universal untuk mesin cuci.

1. Menghubungkan Kabel Ke Listrik

Langkah yang pertama adalah kalian harus menghubungkan dulu modul ke listrik dengan menghubungkan kabel kelistrikan ke modul. Lakukan pemasangan kabel listrik itu pada bagian zero line dan juga kabel kedua ke bagian fire line. Lakukan pemasangan kabel ini dengan baik dan kencang, supaya arus listrik bisa mengalir dengan lancar ke mesin cuci.

2. Memasang Kabel Door Switch

judul gambar

Langkah yang kedua adalah menyambungkan ke dua jenis saklar pengaman pintu dari mesin cuci tersebut. Kalian harus lakukan dengan sangat teliti agar tidak terjadi kesalahan pada saat memasang kabel dari pengaman pintu itu. Lebih baik lagi kalau kalian ikuti atau membaca petunjuk yang biasanya disertakan pada box pembelian modul.

Artikel Terkait :

3. Hubungkan Ke Soket Water Level

Langkah yang ketiga adalah menghubungkan pin socket water level atau sensor air di dalam mesin cuci. Ada 3 macam pin yang harus dihubungkan di sini, kalian harus memastikan memasang socket pin yang benar ya. Untuk lebih aman kalian bisa membaca instruksi pemasangan juga, karena kalau terjadi kesalahan akan membuat sensor tidak bekerja.

Kalau memang socket water level yang original atau yang asli masih bagus, maka sebaiknya tidak perlu menggantinya ya. Produk original itu sudah pasti akan jauh lebih berkualitas dan tentunya akan bisa bekerja dengan lebih baik dan maksimal. Tapi kalau misalnya sudah tidak bisa dipergunakan lagi, maka lebih baik menggantinya dengan yang baru.

4. Koneksikan Ke Dinamo, Motor Drain Dan Water Valve

Langkah yang keempat adalah kalian mencari 3 kabel yang menjadi 1 menuju dinamo penggerak, motor drain, dan juga water valve. Pin dari ketiga kabel itu harus kalian pasang menuju modul universal, lokasinya ada di sebelah socket zero line. Selanjutnya sambungkan juga pin dari modul ke bagian motor drain ke water valve.

Ketahui :

5. Sambung Kabel Spin Tabung

Langkah yang terakhir adalah kalian harus menyambungkan juga sisa kabel spin tabung motor ke bagian socket dari modul universal. Pemasangannya juga harus benar ya, karena bisa jadi kalian memasang dalam posisi yang terbalik dan tabung tidak bisa berputar. Jika memang ketika dicoba tabung dalam tidak berputar, maka kalian tinggal balik saja pemasangannya.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text