Bongkar Skema Jalur Kabel Dinamo Motor Fan Indoor Ac

Skema motor fan indoor ac bermasalah? Topik inilah yang akan kita bahas kali ini. Yup, seputar skima dinamo AC, jalur kabel kipas pada AC termasuk motor fun indor pada AC Daikin juga merk AC lainnya. Intinya kita akan bongkar dinamo indor AC ataau motor fan indoor AC yang tidak mau berputar, atau putaranya mengalami gangguan.

Skema motor fan jalur kabel indoor AC

Mengganti modul ac harus dianggap sebagai “upaya terakhir”, yaitu jika modul asli rusak parah karena kebakaran, ic program rusak, atau firmware tidak dapat di-refresh. Tidak ada bedanya jika modul baru tersebut asli dari dealer resmi; itu hanya plug and play; tetapi, jika modul bersifat universal, ini menjadi masalah.

Skema motor fan jalur kabel indoor AC
Skema motor fan jalur kabel indoor AC

Ada beberapa poin yang perlu diingat:

Tata Letak (Layout)

Modul pengganti harus dipasang serapi mungkin; tidak ada kabel yang terjepit di antara PCB dan cangkangnya. Sensor, lampu led/tampilan, dan tombol sakelar daya manual semuanya harus ditempatkan dengan rapi.

Pemilihan Modul

Perhatikan model modul ac ketika datang ke motor dalam ruangan dan ozonizer, meskipun pada umumnya modul universal tidak termasuk ozonizer, yang baik-baik saja dalam pandangan beberapa orang selama mungkin dingin. Perhatikan model motor kipas dalam ruangan, karena berpengaruh pada pengaturan kecepatan motor kipas dalam ruangan.

Pengaturan kecepatan tertentu menggunakan relai, sementara yang lain menggunakan triac.

Seperti yang terlihat pada Gambar 1, ini adalah modul ac universal dengan pengaturan kecepatan Tinggi-Menengah-Rendah yang dikendalikan oleh relai melalui rangkaian IC ULN 2003. Tentu saja, modul ini tidak kompatibel dengan motor yang menggunakan pengaturan kecepatan Triac, meskipun itu bekerja. Namun, hanya ada satu kecepatan motor, yang disetel ke posisi tinggi, dan pin output relai dilompati bersama sehingga saat remote ditekan, posisi tinggi ke rendah masih dapat berputar sambil tetap tinggi.

Tidak seperti motor/modul yang menggunakan triac untuk pengaturan kecepatan (motor arus AC/DC) atau FET untuk pengaturan kecepatan (motor arus DC), motor arus AC mulai menggunakan kapasitor sedangkan motor arus DC tidak.

Skema dinamo ac

Motor listrik, kadang-kadang dikenal sebagai dinamo kipas, adalah jenis komponen listrik yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak menggunakan prinsip elektromagnetik.

Pada umumnya, dinamo motor/kipas angin dihubungkan dengan enam kabel, tiga untuk sakelar kecepatan, dua untuk kapasitor, dan satu untuk kabel netral.

Ilustrasi di bawah ini menggambarkan cara memasang kabel kipas yang diberi label warna kabel. Dimulai dengan dinamo dan berlanjut ke kapasitor dan sekering.

Bongkar dinamo indoor ac

Motor dinamo/blower AC split rusak sehingga menyebabkan sistem tidak berfungsi. Motor/dinamo blower ac split merupakan komponen kelistrikan yang termasuk dalam unit indoor ac split yang bertugas untuk menggerakkan sirip-sirip blower. Motor blower merupakan bentuk motor induksi yang tidak membutuhkan sikat karbon (brushless).

judul gambar

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kerusakan motor blower.

Bearing menjadi tertutup

Akibat korosi, bearing pada motor blower tidak dapat bergerak. Ini paling sering terjadi pada AC yang lebih tua dan jarang digunakan. Untuk mengatasinya, motor blower dilepas dan bantalan serta gandar diminyaki dan diputar sampai halus. Jika berputar bebas, blower dapat dipasang kembali. Motor blower dapat terus beroperasi dalam mode ini, meskipun terkadang suaranya terdengar.

Jika pendekatan yang disebutkan di atas tidak menyelesaikan masalah, penggantian bantalan harus dilakukan untuk menggunakan kembali motor blower.

Baca Dulu:

Poros blower/rotor kotor

Kotoran pada poros blower terjadi sebagai akibat dari awan debu yang lebat. Untuk memperbaiki masalah ini, bongkar motor blower dan bersihkan bagian dalam secara menyeluruh. Ini dapat dipasang kembali setelah dibersihkan, namun akan sangat baik jika bantalan menerima pelumasan untuk membantunya beroperasi lebih lancar.

Blower kapasitor rusak

Blower tidak akan bisa berputar tanpa kapasitor. Pada bagian modul / PCB, kapasitor blower ini diposisikan. Ukuran kapasitor berkisar dari 1 uF hingga 1,5 uF. Karena faktor usia, ukuran ini mungkin diturunkan.

Jika diturunkan sedikit, kecepatan motor bisa turun. Jika sedikit diturunkan maka motor tidak akan berputar, tetapi jika dibantu pada putaran awal maka motor akan berputar. Jika penurunannya signifikan atau total, motor listrik tidak akan dapat berputar, meskipun dibantu pada putaran awal.

Pengukur kapasitansi dapat digunakan untuk menentukan ukuran kapasitor. Pengukur kapasitansi akan digunakan untuk menentukan ukuran kapasitor. Jika tanda pada badan kapasitor tidak cocok, lebih baik menggantinya dengan yang baru.

Ketahui:

Gulungan motor terbakar

Untuk mengetahui apakah gulungan motor blower rusak atau terbakar, kita harus menggunakan multimeter. Rahasianya adalah dengan membaca resistansi/sambungan konektor motor. Jika tidak ada hambatan pada kabel, Anda dapat yakin bahwa belitan motor telah rusak. Namun akan lebih baik jika kabel pada motor blower diperiksa terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada yang putus.

judul gambar

Leave a Comment