Skema Warna Kabel & Cara Kerja Motor Dinamo Mesin Cuci Front Loading Samsung

Skema dinamo mesin cuci front loading mungkin lebih ribet dibandingkan jenis mesin cuci top loading. Skema motor mesin cuci front loading Samsung dengan merek lain pun bisa berbeda-beda. Cara kerja motor mesin cuci front loading ini akan menentukan kemampuan mesin cuci front loading dalam mencuci pakaian.

Skema Dinamo Mesin Cuci Front Loading

Baca Dulu : Cara Menyambung Kabel Dinamo Mesin Cuci Ke Kapasitor

Skema Motor Mesin Cuci Front Loading Samsung

1. Fungsi skema dinamo mesin cuci

Skema dinamo mesin cuci front loading yang memiliki beberapa fungsi penting. Pertama adalah fungsi untuk perakitan di pabrik. Proses perakitan akan lebih mudah dan juga aman dengan melihat skema yang benar.

Selain untuk fungsi perakitan, skema dinamo juga dibutuhkan untuk pengguna. Melalui skema dinamo mesin cuci pengguna bisa mengetahui bagaimana jalur kabel dari motor mesin cuci tersebut. Pada umumnya kabel dinamo mesin cuci terbagi menjadi 3 yang memiliki fungsi masing-masing dan dibedakan dengan warna.

Skema dinamo mesin cuci juga berfungsi sebagai panduan untuk teknisi. Biasanya skema ini dibutuhkan ketika perbaikan mesin cuci yang tidak berputar, cepat panas, atau masalah lainnya.

2. Cara mengetahui skema dinamo mesin cuci

Cara mengetahui skema dinamo mesin cuci

Skema motor mesin cuci front loading Samsung dan merek yang lain biasanya mudah ditemukan. Pada kondisi baru, skema dinamo dapat dijumpai pada permukaan luar komponen. Jadi bisa langsung membaca skema tersebut sebelum memasangkan kabel-kabel yang ada pada dinamo.

Selain di permukaan komponen, beberapa merek mungkin mencantumkan skema dinamo pada bagian belakang mesin cuci. Apabila tidak ditemukan di komponen dinamo, maka silahkan cek di belakang bodi mesin cuci.

3. Pentingnya skema dinamo mesin cuci

Warna kabel dinamo mesin cuci 1 tabung biasanya memiliki 3 kombinasi warna. Ada yang menggunakan kombinasi merah, biru, dan kuning, kombinasi warna biru, abu-abu, dan kuning, atau kombinasi warna lainnya.

Pada skema dinamo dicantumkan area-area dinamo dan juga jalur kabel yang benar. Apabila pemasangan kabel dinamo tidak sesuai dengan skema tersebut, maka dapat membuat mesin cuci tidak bisa bekerja.

Skema dinamo juga sangat penting untuk mempercepat diagnose kerusakan mesin cuci. Jadi akan lebih cepat untuk proses perbaikannya agar mesin cuci dapat kembali berputar dan bekerja sebagaimana mestinya.

judul gambar

Baca Dulu :

4. Mempelajari skema dinamo mesin cuci

Cara kera motor mesin cuci front loading sangat dipengaruhi dengan pemasangan kabel dinamo yang dibuat. Jika kabel-kabel dipasang dengan jalur yang tepat, maka motor mesin cuci akan berputar dan mesin akan menjalankan fungsinya untuk mencuci pakaian. Pada mesin cuci 1 tabung front loading terdapat beberapa kabel seperti berikut.

  • Kabel common

Kabel common merupakan salah satu kabel yang ada pada dinamo dengan fungsi netral. Fungsinya cukup mendasar yaitu sebagai jalur penyuplai listrik untuk komponen dinamo. Kabel ini juga harus dipasang dengan benar mengikuti skema yang tercantum pada dinamo.

Apabila kabel ini bermasalah, maka bisa berakibat pada dinamo yang tidak bisa bergerak. Jika motornya saja tidak berputar, kinerja mesin cuci pun akan ikut terhambat.

  • Kabel start

Kabel start merupakan komponen yang mendukung kinerja dinamo. Fungsi kabel ini yaitu menghubungkan dinamo ke kapasitor. Kabel start sangat penting untuk support mesin cuci saat pertama kali dihubungkan ke arus listrik.

  • Kabel running

Kabel running melengkapi skema dinamo pada mesin cuci jenis front loading. Kabel ini memiliki fungsi untuk menggerakkan dinamo. Apabila ada masalah pada kabel atau pemasangannya, maka dinamo tidak akan berputar.

5. Menghubungkan kabel dinamo

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi kabel yang ada pada dinamo mesin cuci. Pada komponen ini akan dijumpai beberapa kabel dengan warna berbeda yang perlu dihubungkan ke beberapa sambungan.

Cara paling mudah yaitu dengan melihat skema yang ada pada dinamo atau permukaan luar mesin cuci. Mengikuti panduan yang ada di skema dinamo lebih efektif untuk menghindari kesalahan pemasangan.

Ketahui :

Skema dinamo mesin cuci front loading pastinya ada pada unit mesin cuci. Namun untuk mesin cuci yang bekas, bisa saja sudah tidak memiliki skema dinamo karena lepas. Jika ingin memasang kabel-kabel yang menempel pada dinamo, maka bisa mengukur resistensinya dulu.

judul gambar

Leave a Comment