Ciri-Ciri Freon Kulkas Habis & Harga Freon

Banyak peralatan rumah tangga yang pasti dimiliki setiap keluarga. Salah satu peralatan yang merupakan komponen penting di dalam rumah adalah kulkas. Kulkas merupakan salah satu tempat pendingin yang bisa kita gunakan untuk menyimpan makanan agar tidak cepat busuk. Penyakit umum pada kulkas adalah tidak dingin dikarenakan freon habis, inilah ciri ciri freon kulkas habis.

Ciri Ciri Freon Kulkas Habis

Kulkas juga harus dibersihkan dan dirawat demi menjaga life time dari penggunaan kulkas ini. Setiap alat yang tidak dirawat dan diperhatikan kebutuhannya pasti akan cepat rusak. Jika sudah rusak tentunya meskipun sudah diperbaiki tetap tidak akan bekerja 100% seperti semula.

Artikel Terkait : Tekanan Freon Kulkas 1 Pintu 

Cek Segera Ciri Ciri Freon Kulkas Habis

Sebelum kulkas Anda rusak parah, maka sebaiknya Anda perlu cek rutin freon dari kulkas Anda. Jangan sampai freon kulkas rusak parah. Berikut ini, ciri-ciri kulkas 2 pintu kurang freon, yaitu :

1. Kulkas tidak dingin

Pertanda pertama adalah  kulkas terasa tidak dingin. Ini ciri paling umum dan mudah dirasakan. Jika kita membuka kulkas dan terasa tidak dingin, bisa jadi kulkas Anda kurang freon. Sehingga perlu diisi kembali.

2. Kipas terus berputar tanpa henti

Biasanya kipas akan berhenti berputar jika kondisi kulkas sudah stabil dingin sesuai pengaturan. Jika tidak sesuai dengan pengaturan, maka kipas akan berputar. Namun jika kipas terus berputar maka Anda perlu mencurigai.

Adanya kipas yang tidak berhenti, menandakan bahwa kerja freon tidak maksimal. Bisa jadi pertanda jika isi freon berkurang atau sudah habis.

3. Freezer kulkas tidak beku

Jika sudah tidak dingin, tentunya freezer juga tidak beku. Freezer tidak beku maka sudah jelas menandakan jika freon habis atau rusak.

4. Kompresor tidak menyala

Sudah pasti jika kompresor tidak menyala maka freon bisa ditandakan rusak. Untuk menandakan kompresor nyala atau tidak, kita bisa mendengarkan suara kulkas.

5. Timbul bau tidak enak

Fungsi dari kulkas adalah membuat makanan lebih tahan dari kebusukan. Apalagi yang freonnya tidak berfungsi baik, biasanya kulkas menimbulkan bau yang tidak sedap. Faktor ini bisa difaktorkan karena makanan yang disimpan mulai membusuk.

Simplenya memang ciri ini bisa kita rasakan. Terlebih kita yang sering membuka kulkas, pasti akan terasa berbeda rasanya jika kulkas kita terasa tidak dingin, apabila menimbulkan bau yang tidak sedap.

Baca Juga :

judul gambar

Ketahui Cara Cek Freon Kulkas 2 Pintu

Cara Cek Freon Kulkas 2 Pintu

Baik kulkas 2 atau 1 pintu, penyakit paling langganan yang sering terjadi di kulkas memang freon. Oleh karena itu, lebih baik Anda melakukan pengecekan secara berkala. Berikut ini cara cek freon kulkas 2 pintu sebagai berikut :

  • Ambil posisi kulkas bagian belakang, freon kulkas akan berada di belakang kulkas. Sehingga Anda harus mengambil posisi kulkas pada bagian belakangnya.
  • Cek ampere dari kompresor, coba pastikan berapa jumlah ampere dari penggunaan kulkas tersebut selama nyala.
  • Coba cek kembali apakah output mengeluarkan hawa panas, jika dalam kondisi normal, output dari kulkas yang sedang dinyalakan akan terasa panas. Jika tidak terasa panas, maka bisa jadi freon dalam kondisi tidak normal.

Freon dalam kondisi tidak normal bisa saja isi dari freon kurang, kemungkinan saja freon mengalami kebocoran, atau bahkan freon memang benar-benar rusak.

Harga Freon Kulkas 2 Pintu Di Pasaran

Untuk kasus freon yang benar-benar rusak, maka Anda tidak bisa menggunakan freon tersebut lagi. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah membeli freon yang baru untuk mengganti freon yang rusak. Harga freon kulkas 2 pintu yang dijual di pasaran baik secara online maupun offline, sebagai berikut :

  • Online atau offline berkisar harga 200 ribuan hingga jutaan. Harga ini memang tergantung dari tipe freon yang akan digunakan.
  • Isi freon yang dijual online maupun offline akan dipatok harga mulai dari 60 ribuan hingga 200 ribuan tergantung dari merk yang ada di pasaran.

Itulah informasi terkait ciri-ciri freon kulkas habis, kemudian cara mengetahui freon yang tidak berjalan maksimal hingga harga yang dibanderol di pasaran. Adanya informasi ini diharapkan bisa membantu menjawab keluhan yang saat ini terjadi pada Anda jika kulkas Anda bermasalah. Bisa saja salah satu penyebabnya dikarenakan freon kulkas yang habis atau rusak.

Ketahui :

Jika Anda tidak yakin untuk mengisi ulang atau memasang freon yang baru, maka Anda bisa saja memanggil orang yang ahli dalam bidangnya.

judul gambar

Leave a Comment