Penyebab dan Cara Mengatasi Kipas AC Tidak Berputar

Pada AC memang anda bisa menemukan beberapa komponen termasuk unit outdoor seperti bagian Kipas. Jika anda mempunyai perangkat ini di rumah maka memahami dahulu penyebab kipas AC tidak berputar memang perlu. Sebab masalah satu ini memang benar-benar akan mengganggu terutama sulit buat menyejukkan udara di sekitar.

Penyebab kipas AC tidak berputar

Adapun kipas outdoor sendiri ternyata mempunyai fungsi cukup penting yakni sebagai pendingin kondensor dan membantu membuang udara panas bahkan mengurangi adanya tekanan pada refrigerant. Itulah mengapa keberadaannya mempunyai peran sangat penting. Sebab jika tidak berfungsi dengan baik maka komponen lainnya mempunyai risiko kerusakan juga.

Baca Dulu : Cara Mengatur Suhu AC LG Tanpa Remote

Penyebab Kipas AC Tidak Berputar Dengan Baik

Penyebab Kipas AC Tidak Berputar Dengan Baik

Sebagian besar dari anda terutama masyarakat awam pastinya akan menyepelekan masalah dimana kipas pada unit outdoor AC tidak berfungsi bukan? padahal keberadaannya sangat penting karena jika komponen tersebut mengalami kerusakan dan terus dibiarkan begitu saja, ternyata akan mengakibatkan kerusakan pada unit oudoornya sendiri.

Jadi apabila keberadaannya tidak berfungsi dengan baik, maka pastikan mengecek dahulu penyebab kompresor AC rumah tidak berputar tersebut. Adapun penyebabnya sendiri ternyata juga cukup beragam. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak penjelasan berikut ini.

1. Kapasitor Mengalami Kerusakan

Penyebab pertama mengapa kipas outdoor tersebut tidak dapat berputar kemungkinan besar bagian kapasitornya mengalami kerusakan. Adapun fungsi dari kapasitor ini adalah buat membantu putaran motor kipas di awal ketika menyalakannya. Inilah yang mempengaruhi halus tidaknya bunyi start motor listrik.

Untuk komponen satu ini biasanya mempunyai ukuran 1-2 mikro dan cara kerjanya adalah memanfaatkan muatan listrik dimana disimpan dan dialirkan ke kumparan motor listrik. Sehingga motor kipas inilah nantinya akan berputar. Jadi apabila kapasitornya mengalami kerusakan jelas kipas tidak akan bekerja dengan baik.

2. Motor Kipas Mengalami Masalah

judul gambar

Penyebab lainnya yang mengakibatkan kipas tidak bergerak bisa jadi karena motor kipasnya mengalami masalah. Adapun penyebab motor fan ini tidak berfungsi biasanya karena kotoran menumpuk sehingga membuatnya kesulitan buat berputar

Tidak hanya itu saja, dynamo tersebut kemungkinan juga terdapat sarang semut yang mengganggu. Dinamo kipas sendiri mempunyai fungsi buat memutarkan baling-baling serta mengeluarkan udara sehingga mampu mendinginkan udara.

Cara mengatasi kipas AC tidak berputar akibat motor fan mengalami masalah inipun cukup mudah yakni anda bisa membuka bagian casing outdoor, lepaskan motornya dan bersihkan debu dengan sangat hati-hati.

3. Kabel Motor Fan Outdoor Terputus

Masih ada lagi penyebab dimana mengakibatkan kipas tersebut enggan berputar kemungkinan besar karena kabel terputus pada dinamonya. Jika kabel dari unit indoor ke outdoor putus, jelas rotor tak akan berfungsi dengan maksimal bukan.

Untuk mengatasi masalah inipun ternyata sangat mudah yakni dengan menyambungkan kabel yang putuas tersebut. Jangan lupa mengeceknya dengan multitester untuk mengetahui apakah sambungan sudah bekerja ataukah belum.

4. Start Kapasitor Tidak Bekerja Dengan Baik

Start kapasitor yang tak bekerja ternyata dapat mengganggu kinerja dari fan juga. Fungsi dari komponen tersebut adalah digunakan buat membantu putara pertama dari dynamo. Apabila keberadaannya tak berfungsi dengan baik jelas akan berpengaruh pada bagian fan. Solusi buat mengatasi masalah tersebut adalah mengganti kapasitor AC dengan produk baru.

Baca Juga :

Gejala-Gejala Fan Menunjukkan Tidak Berfungsi

Gejala-Gejala Fan Menunjukkan Tidak Berfungsi

Perlu diketahui bahwa setiap penyebab kipas outdoor AC tidak berputar pastinya akan menimbulkan sejumlah gejala atau tanda-tanda terlebih dahulu bukan? sebelum anda melakukan pemeriksaan beberapa masalah diatas, maka sangat penting mengetahui gejala fan outdoor tak dapat berfungsi dengan baik.

Sebab dengan langkah inilah, anda bisa segera memperbaikinya tanpa menunda-nunda sehingga mampu meminimalisir kerusakan yang bisa timbul lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut beberapa gejalanya

  1. Komponen outdoor dari ac akan lebih panas dibandingkan sebelumnya
  2. Unit outdoor terlihat mati
  3. Kondensor panas ataupun bahkan mengalami kerusakan. Masalah inilah paling sering muncul dibandingkan dengan masalah lainnya.
  4. AC tak segera dingin tetapi justru mengeluarkan udara panas didalamnya.

Ketahui :

Fan AC yang tak berputar memang terdengar menjadi masalah sepele padahal keberadaannya mempunyai fungsi sangat penting. Dengan mengetahui penyebab kipas AC tidak berputar itulah, anda bisa segera mengatasinya lebih cepat.

judul gambar

Leave a Comment