Warna Kabel & Skema Lilitan Gulungan Dinamo Mesin Cuci

Skema gulungan dinamo mesin cuci dapat digunakan sebagai panduan menggulung lilitan dinamo. Sebenarnya gulungan dinamo di mesin cuci hampir sama seperti dinamo di perangkat elektronik lainnya. Skema lilitan dinamo mesin cuci 2 tabung mungkin sedikit berbeda apabila kawat yang digunakan lebih tebal.

Skema Gulungan Dinamo Mesin Cuci

Baca Dulu : Cara Cek Dinamo Mesin Cuci

Skema Lilitan Dinamo Mesin Cuci 2 Tabung

Skema Lilitan Dinamo Mesin Cuci 2 Tabung

1. Kumparan dinamo mesin cuci

Mesin cuci 2 tabung merupakan mesin yang menyediakan tabung untuk mencuci dan tabung untuk pengering. Pada tabung mesin cuci umumnya menggunakan kawat berukuran 040 untuk starting dan running. Sedangkan pada tabung pengering menggunakan kawat berukuran 030 untuk running dan 025 untuk starting.

Sebaiknya gunakan kawat dinamo yang baru sesuai merek mesin cuci. Kawat lama pada dinamo dapat dilepas dan ditunjukkan ke toko sehingga tidak salah saat membeli kawat dinamo. Jika terlalu besar atau terlalu kecil, proses penggulungan kawat tersebut bisa lebih merepotkan.

Skema gulungan dinamo mesin cuci dapat membantu proses penggulungan kawat. Skema tersebut biasanya dapat ditemukan di bagian belakang dari unit mesin cuci. Gunakan sebagai panduan agar tidak ada kesalahan saat proses penggulungan kawat dinamo tersebut.

2. Jumlah lilitan

Jumlah lilitan dinamo untuk setiap merek mesin cuci bisa berbeda-beda. Skema lilitan tersebut tergantung pada diameter alur. Diameter lubang alur atau tebal kern dapat mempermudah untuk mengetahui berapa jumlah lilitannya.

Pastikan untuk menggulung kawat dengan jumlah lilitan yang benar dan tepat. Jika gulungannya salah, maka dinamo tidak bisa bekerja. Mesin cuci pun belum bisa digunakan lagi hingga dinamo dapat berputar.

Misalnya saja untuk dinamo dengan kern 21mm dan 22mm yang menggunakan jumlah lilitan berbeda. Dinamo dengan tebal kern 21mm menggunakan starting kecil 150 lilitan, starting besar 300 lilitan, running kecil 180 lilitan, dan running besar 205 lilitan. Sedangkan untuk dinamo dengan tebal kern 22mm menggunakan starting kecil 155 lilitan, starting besar 300 lilitan, running kecil 145 lilitan, dan running besar 255 lilitan.

3. Dudukan pada mesin gulung

Warna kabel dinamo mesin cuci yang berbeda memudahkan proses pemasangan. Apalagi dengan diagram kabel yang disediakan sebagai panduannya. Namun untuk penggulungan kawat dinamo dapat dipermudah dengan menggunakan mesin gulung.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat dudukan terlebih dahulu pada mesin gulung. Selanjutnya pada dudukan yang sudah dibuat tersebut lubangi cakramnya agar proses menggulung dinamo menjadi lebih mudah.

judul gambar

Baca Juga :

4. Menggulung dari diameter kecil

Warna kabel dinamo mesin cuci

Jika sudah tahu bagaimana skema lilitan dinamo yang benar dan mesin sudah siap, maka selanjutnya dapat ke proses penggulungan. Biasanya dimulai dari yang paling kecil diameternya 1 – 4 kern dan kemudian dilanjutkan yang lebih besar 1-6 kern.

Pasang jaring-jari motor yang ada dan gulung hingga gulungan paling kecil ini selesai. Lakukan juga untuk gulungan yang lebih besar. Apabila gulungan yang diameternya besar sudah selesai, maka gulungan dapat dilepas dari mesin penggulung.

5. Masukan kumparan dinamo

Skema lilitan dinamo mesin cuci 2 tabung untuk panduan menggulung, memasukkan kumparan, hingga penyambungan kabel. Pada mesin cuci, kumparan dinamo yang dimasukkan dimulai dari yang lebih kecil pada alur 1-4. Selanjutnya masukan kumparan yang besar 1-6 agar hasilnya menjadi rapi.

Jika semua kumparan sudah dimasukkan, maka akan muncul 4 kawat yang nantinya disambungkan ke kabel dinamo. Jalur kabel dinamo selanjutnya dihubungkan ke komponen lain seperti timer dan kapasitor.

6. Pengecekan skema dinamo

Apabila gulungan dinamo sudah dimasukkan dan kabel-kabel dihubungkan sesuai jalurnya, maka selanjutnya adalah melakukan pengecekan. Putaran dinamo yang baik tentu lebih ringan. Jika terasa berat, mungkin perlu sedikit diketuk untuk memberikan getaran sehingga gulungan kawat dinamo dapat bekerja lebih baik dan lancar.

Gambar gulungan dinamo mesin cuci bisa diperiksa kembali apabila saat pengujian ini menemukan kendala. Melalui skema yang disajikan tersebut akan lebih cepat untuk menemukan penyebabnya sehingga bisa secepatnya diatasi.

Ketahui :

Skema gulungan dinamo ini memang menjadi kunci untuk penggulungan agar menghasilkan kumparan yang benar. Apabila tidak ingin menggulung ulang, maka bisa menggunakan dinamo siap pakai yang lebih praktis.

judul gambar

Leave a Comment