Penyebab dan Cara Memperbaiki Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin tapi lampu menyala

Pemilik kulkas harus mengetahui penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin tapi lampu menyala . Memang paling mengesalkan kalau kulkas Anda tidak menghasilkan udara dingin. Jika hal ini terjadi pada lemari es Anda,  tentu Anda ingin segera memperbaikinya.

Biasanya, kulkas yang tidak mengeluarkan hawa dingin tetap mengeluarkan suara kipas yang bekerja. Sebenarnya, ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk mendeteksi masalahnya.  Anda dapat mencari beberapa kemungkinan dari kasus tersebut.

Baca Dulu : Cara Menghidupkan Kulkas Setelah Dibersihkan

Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin tapi Lampu Menyala, Apa Saja?

Kulkas 2 pintu merupakan salah satu kebutuhan krusial bagi mayoritas rumah tangga.  Anda pun pasti sangat menggantungkan diri kepada kulkas untuk menyimpan makanan yang dapat diolah nantinya. Saat kulkas rusak, tentu hal ini sangat merepotkan karena Anda tentu harus berbelanja setiap hari dan terpaksa membuang bahan makanan tidak terpakai.

Kabar gembiranya adalah jika kulkas Anda mengalami masalah karena pendinginan yang tidak berfungsi, ternyata ada solusi terbaik. Beberapa masalah yang mungkin terjadi adalah adanya kerusakan pada evaporator, koil kondensor, atau termostat. Bagaimana mengetahuinya?

1. Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Cara memperbaiki kulkas tidak dingin tapi lampu menyala

Mungkin Anda juga ingin mencari tahu penyebab kulkas Polytron 2 pintu tidak dingin tapi lampu menyala. Kulkas Polytron Anda memang cukup awet dan sudah bekerja baik selama bertahun-tahun. Tapi saat hal ini terjadi, maka Anda harus memahami cara kerja lemari es sebelum mulai mendiagnosis masalah.

2. Kompresor Bermasalah

Jika Anda tahu cara kerjanya, maka akan sangat mudah bagi Anda untuk menentukan masalah yang tepat dan memperbaikinya dengan cepat. Hal pertama yang harus dideteksi adalah kompresor yang berfungsi memompa gas refrigeran melalui kumparan panas. Proses ini adalah menaikkan suhu gas, dan mengubahnya menjadi uap.

Lalu, uap akan memasuki koil kondensor untuk menimbulkan hawa dingin dan memproduksi cairan. Cairan tersebut mengalir melalui katup ekspansi sebelum memasuki kumparan evaporator. Di sinilah siklus kompresi uap bekerja mendinginkan lemari es.  Jika kompresor tidak berfungsi, maka hawa dingin tidak akan bersirkulasi.

Kompresor merupakan salah satu bagian terpenting dari lemari es.  Cara memeriksa kompresor adalah dengan mencoba cabut dari stop kontak selama dua jam. Setelah itu, pasang kembali untuk melihat apakah kompresor menyala. Jika menyala, masalah Anda kemungkinan besar terkait dengan kompresor yang terlalu panas.

judul gambar

Baca Juga :

3. Power Supply Sebagai Penyebab Kulkas Sharp 2 Pintu Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Power Supply Sebagai Penyebab Kulkas Sharp 2 Pintu Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Jika kulkas Anda mengalami masalah tersebut, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa power supply. Matikan daya dari stopkontak dan pindahkan semua peralatan di sekitarnya.  Untuk menguji power supply kulkas, colokkan salah satu peralatan listrik dengan daya lebih kecil untuk melihat apakah peralatan listrik tersebut menyala.

Jika memang peralatan elektrik lainnya menyala, berarti power supply kulkas tidak berfungsi. Dengan demikian, perbaikan melalui teknisi yang dapat diandalkan harus dilakukan segera.   Selain mengecek power supply, periksa pengaturan suhu dengan mengeceknya apakah sedang berada di pengaturan tertinggi.  Saat pengaturan ini dinaikkan, kompresor akan berhenti berfungsi dan suhu di dalam tidak akan naik.

Lalu, turunkan suhu dengan memutar kenop.  Cek apakah ada perubahan. Apabila tidak ada perubahan, maka kemungkinan besar masalah terletak pada pengontrol suhu. Namun, pastikan mencari teknisi khusus karena hal ini diluar keahlian orang awam.

4. Aliran Udara Sebagai Cara Memperbaiki Kulkas Polytron Yang Tidak Dingin

Bisa jadi, kulkas Anda memiliki masalah dengan aliran udara. Ketika lemari es dalam kondisi bekerja yang sempurna,  Anda harus memastikan ada ruang cukup untuk memungkinkan sirkulasi udara.  Jarak antara lemari es dan dinding minimal tiga inci.

Hal ini bisa terkait dengan kumparan kondensor di bagian belakang kulkas yang bertugas mendinginkan lemari es dengan mentransfer panas dari dalam ke luar.  Kondensor kotor saja dapat membuat kulkas tidak bekerja dengan baik.  Membersihkan kondensor secara teratur dapat mengurangi kans kompresor untuk kehilangan efisiensinya.

Ketahui :

Kesimpulan

Jadi, setelah Anda tahu penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin tapi lampu menyala, maka Anda dapat memutuskan apakah Anda harus mengatasinya sendiri atau memanggil jasa profesional.  Apapun merek kulkas Anda, berikan perhatian dengan melakukan pemeliharaan rutin.  Hal ini untuk mengurangi anggaran perbaikan.

judul gambar

Leave a Comment