Cara Memperbaiki Kompresor AC Mati Tapi Kipas Hidup

Sebagai pengguna AC, anda pastinya sering mengalami berbagai macam permasalahan bukan? termasuk kompresor ac mati tapi kipas hidup? Masalah ini sendiri biasanya ditandai dengan suhu udara didalam ruangan tidak dingin sama sekali atau bahkan yang lebih parah dapat meningkatkan suhu ruangan sehingga menyebabkan ketidaknyamanan.

Kompresor AC mati tapi kipas hidup

Kompresor ini sendiri merupakan bagian yang sangat penting pada sebuah Air Conditioner dan tidak dapat dipisahkan lagi. Adapun fungsinya adalah mengeluarkan panas di dalam ruangan. Karena suhu mempunyai sifat berpindah dari panas ke dingin, maka sebaiknya suhu refrigerant harus lebih tinggi dibandingkan sekelilingnya sehingga kompresor mampu mengantarkan panas ke luar ruangan.

Baca Dulu : Kipas Angin AC Tidak Berputar

Penyebab Kompresor AC Mati Tapi Kipas Hidup

Penyebab Kompresor AC Mati Tapi Kipas Hidup

Bukan hanya itu saja, komponen ini ternyata juga mempunyai peran buat mengubah refrigerant atau freon dari zat gas dengan sifat panas menjadi zat cair yang dingin. Seringkali memang masalah kipas outdoor AC hidup tapi compressor mati. Lantas apa penyebab masalah tersebut dapat muncul? Untuk memahaminya anda bisa langsung menyimak penjelasan berikut.

1. Unit Outdoor dan Indoor Tidak Bekerja Secara Kompatibel

Sebagian besar dari ac yang digunakan di perumahan adalah AC tipe split dimana terdiri dari dua bagian utama yakni indoor serta outdoor. Keduanya memang sebaiknya harus kompatibel serta cocok sehingga perangkat elektronik inilah mampu berfungsi dengan baik.

Apabila terjadi masalah di salah satu nitnya maka sebaiknya jangan menggantinya secara sembarangan. Sebab jika sembarangan akan berpengaruh terhadap fungsi dari kompresornya tersebut. pastikan anda mengetahui cara normalkan outdoor AC mati hidup tersebut dengan baik.

2. Kabel Bagian Indoor Terputus

Masalah lainnya yang bisa mengakibatkan kompresor AC mati tetapi kipas masih hidup adalah bagian kabel indoor terputus. Biasanya tipe pendingin split mempunyai unit outdoor dan indoor dimana saling terhubung.

Adapun kabel dimana berperan sebagai pengantar energi listrik ke unit indoor terputus maka akan menyebabkan masalah kompresor tidak berfungsi. Tidak hanya itu saja, kabel terputus inilah menyebabkan masalah pada outdoor. Bahkan berapa lama outdoor AC menyala lebih lama bahkan tidak sama sekali

judul gambar

3. Starter Kapasitor Mengalami Pelemahan

Setiap AC pasti terdiri dari kapasitor dengan fungsi buat mengantarkan tenaga listrik sehingga mampu menjalankan kompresor, kipas luar ataupun mesin blower. Didalam proses inilah, terdapat komponen starter dengan fungsi mengantarkan tenaga listrik sehingga kapasitornya mampu bekerja.

Apabila bagian starter tersebut sedang dalam kondisi lemah atau rusak jelas akan menyebabkan mesin tidak dapat hidup. Biasanya gejala yang timbul adalah kipas outdoor hidup tetapi kompresor tidak mau menyala atau hanya mengeluarkan dengung saja.

4. Kerusakan Pada Thermistor AC

Komponen thermistor mempunyai peran buat mengelola suhu didalam mesin AC secara otomatis. Jadi apabila komponen tersebut justru mengalami kerusakan atau cukup lemah maka menyebabkan air conditioner menjadi mati sendiri ketika sedang dihidupkan.

Untuk membantu mengatasi kerusakan tersebut maka lakukan pengecekan dengan menggunakan multimeter. Dan pastikan jika sedang melakukan pengecekan sedang terhubung ke bagian controller.

Baca Juga :

Masalah-masalah Lainnya Pada AC

Masalah-masalah Lainnya Pada AC

Selain masalah dimana kompresor mati tetapi fan outdoor masih tetap menyala, ternyata masih ada sejumlah masalah yang sering terjadi pada perangkat elektronik satu ini diantaranya adalah sebagai berikut

1. Kipas Angin Tidak Berputar

Masalah satu inipun paling sering terjadi pada perangkat elektronik ini. Padahal fan inilah mempunyai fungsi sangat penting karena bisa menyerap panas didalamnya. Cara memperbaiki kipas AC tidak berputar adalah dengan melihat penyebabnya terlebih dahulu

2. AC mengeluarkan Udara Tidak Segar

Masalah lainnya yang sering terjadi adalah AC mengeluarkan udara tidak segar atau udara panas sehingga menyebabkan anda tidak nyaman ketika berada di suatu ruangan. Adapun penyebabnya adalah pendingin ruangan jarang dibersihkan atau bahkan dalam kondisi benar-benar kotor.

3. Kehabisan Freon

Keberadaan freon mempunyai fungsi cukup penting karena dapat membuat perangkat ini bisa menyejukkan ruangan ataupun mendinginkannya. Jika freon habis itulah tentu akan menyebabkan sejumlah dampak termasuk perangkat tidak dapat berfungsi dengan semestinya.

Ketahui :

Pendingin udara satu ini memang tidak bisa dilepaskan dari Namanya berbagai macam masalah. Termasuk kompresor AC mati tapi kipas hidup. Apabila anda tidak mengetahui cara memperbaikinya, maka membawa ke tempat service adalah pilihan terbaik.

judul gambar

Leave a Comment