Cara Menyambung Jalur Kabel Mesin Cuci 1 Tabung Samsung

Saat akan memperbaiki mesin cuci, tentu kita harus paham jalur kabel mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung yang akan kita perbaiki. Setiap merk mesin cuci umumnya memiliki jalur kabel yang berbeda-beda sehingga proses perbaikannya pun berbeda.

Jalur Kabel Mesin Cuci 1 Tabung

Untuk itu, di kesempatan kali ini, kami ingin berbagi beberapa informasi beberapa tips seputar jalur kabel mesin cuci 2 tabung maupun 1 tabung beserta dengan fungsinya.

Baca Dulu : Warna Kabel Dinamo Mesin Cuci 

Cara Mengetahui Jalur Kabel Mesin Cuci

Cara Mengetahui Jalur Kabel Mesin Cuci

Jalur kabel atau bisa disebut “wiring diagram” merupakan serangkaian kabel yang saling menghubungkan antara satu komponen dengan komponen yang lain pada mesin cuci. Semakin banyak fitur yang dimiliki suatu mesin cuci, maka jalur kabelnya pun akan semakin banyak.

Kalian tidak perlu menjadi ahli elektronika untuk bisa mengetahui jalur kelistrikan mesin cuci. Hal ini dikarenakan setiap produsen mesin cuci sudah menyiapkan rincian keterangan wiring diagramnya. Berikut cara mengetahuinya:

  • Periksa mesin cuci, lalu cek di bagian belakang atau sampingnya dan lihat apakah ada stiker yang berisi info wiring diagramnya atau tidak. Contohnya bisa kalian lihat di gambar atas.
  • Jika tidak ada, silakan coba buka kembali buku panduan yang datang bersama paket mesin cuci. Di bagian pengenalan mesin, biasanya terdapat informasi seputar jalur kelistrikan.
  • Apabila buku panduan sudah hilang, kalian bisa mencarinya secara online sesuai dengan spesifikasi yang cocok terhadap mesin cuci milik kalian.

Baca Juga :

Rincian Jalur Kabel Mesin Cuci 1 Tabung

Pada mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung jalur kabelnya berbeda karena jumlah motor atau dinamonya pun berbeda. Namun, dari segi rangkaiannya sebenarnya tidak terlalu beda jauh, berikut kami tampilkan contoh gambarnya:

judul gambar

Rincian Jalur Kabel Mesin Cuci 1 Tabung

Dari gambar di atas, tentu seorang teknisi sudah tahu cara menyambung kabel mesin cuci yang putus jika memang ada yang salah dalam jalur kabel / pengawatan. Namun bila kalian masih bingung, berikut kami berikan rinciannya:

a. Jalur Kabel Wash Motor

Berikut rincian warna kabel dinamo mesin cuci 1 tabung yang hanya memiliki dinamo wash motor saja tanpa dinamo spin motor:

  • Kabel merah: merupakan jenis kabel yang terhubung langsung ke kabel utama yakni kabel hitam yang nantinya digunakan sebagai jalur langsung ke tombol ON / OFF yang nantinya dipasangkan dengan kabel hitam (kabel power).
  • Kabel kuning: disebut juga sebagai kabel kapasitor yang menghubungkan antara dinamo wash motor dengan kapasitor. Kapasitor ini fungsinya ialah sebagai konduktor untuk menghantarkan arus listrik AC (alternating current) serta sebagai penyimpan tegangan listrik.
  • Kabel biru: terhubung langsung antara dinamo spin motor, dinamo wash motor dan fuse yang tergabung dalam sebuah rangkaian. Fuse sendiri berguna untuk memutuskan arus listrik berlebih jika terjadi hubungan arus pendek.

b. Jalur Kabel Spin Motor

Jalur pada dinamo spin motor (fitur yang digunakan untuk mengeringkan pakaian) juga terbagi menjadi 3 yakni:

  • Kabel coklat: jenis kabel yang terhubung langsung ke tombol ON / OFF Spin atau pengering yang terhubung langsung dengan kabel yang mengarah ke saklar pengering.
  • Kabel biru: jenis kabel yang terhubung langsung antara dinamo spin motor, dinamo wash motor dan fuse yang tergabung dalam satu rangkaian yang sama dari pusat arus listrik. Fuse sendiri berguna untuk memutuskan arus listrik berlebih jika terjadi hubungan arus pendek.
  • Kabel putih: kabel yang menghubungkan antara dinamo spin motor dengan kapasitor. Kapasitor ini fungsinya ialah sebagai konduktor untuk menghantarkan arus listrik AC (alternating current).

Ketahui :

Itulah informasi yang dapat kami berikan seputar jalur kabel mesin cuci 1 tabung yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Comment