Letak, Ukuran, Cara Reset & Mengganti Kapasitor Mesin Cuci LG 1 Tabung

Terkait pemasangan kapasitor pada mesin cuci LG sebenarnya bisa dikatakan gampang-gampang susah. Pertama perlu mengetahui dimana letak kapasitornya. Pada dasarnya letak kapasitor mesin cuci LG 1 tabung ada di dekat dinamo mesin cuci.

Letak kapasitor mesin cuci lg 1 tabung

Selain pemasangan kapasitor, penting untuk mengetahui cara reset mesin cuci LG 1 tabung. Ketika terjadi kerusakan pada kapasitor, biasanya kapasitor akan dan diganti. Oleh karenanya perlu mengetahui cara mengganti kapasitor mesin cuci LG 1 tabung yang simple. Terkait dengan ukuran kapasitor juga berbeda-beda, karena ukuran kapasitor mesin cuci LG 1 tabung berbeda dengan kapasitor mesin cuci tabung.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara riset mesin cuci LG dan cara pemasangan kapasitor.

Baca Dulu : Cara Pasang kapasitor Mesin Cuci 

Cara Mengganti Kapasitor Mesin Cuci LG 1 Tabung

Cara Mengganti Kapasitor Mesin Cuci LG 1 Tabung

Perlu diketahui bahwa setiap kapasitor pada mesin cuci tentunya mempunyai tegangan kerja yang tinggi. Ketika hendak mengganti kapasitor lama dengan kapasitor baru pada mesin cuci, maka perlu mengganti kapasitor tersebut dengan yang memiliki tegangan tinggi yaitu sekitar 450 volt.

Lalu bagaimana cara untuk memasang kapasitor pada mesin cuci LG 1 tabung? Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat diikuti.

  • Lepaskan bagian penutup belakang pada mesin cuci terlebih dahulu
  • Akan tampak bahwa kapasitor mesin cuci tersebut bentuknya tabung silinder yang terdiri dari 4 kabel
  • Apabila hendak mengganti semua kapasitor pada mesin cuci, maka kabel yang dilepas merupakan kabel milik kapasitor yang akan diganti
  • Kapasitor baru kemudian dipasang pada mesin cuci dengan tegangan dan kapasitas kerja yang sesuai
  • Tidak masalah jika pemasangan kabel kapasitor bolak-balik, karena ini tidak memberikan pengaruh apapun
  • Rapikanlah dengan mengisolasi sambungan pada kabel kapasitor kemudian sambungan tersebut ditutup kembali
  • Pemasangan kapasitor pada mesin cuci pun telah selesai

Sebenarnya pemasangan kapasitor ini bisa dilakukan dengan mudah. Untuk orang awam yang ingin mengganti kapasitor maka bisa melakukan beberapa langkah di atas.

Ketahui :

judul gambar

Cara Riset Mesin Cuci LG 1 Tabung

Cara Riset Mesin Cuci LG 1 Tabung

Untuk mengatasi error pada mesin cuci, cobalah melakukan riset. Hal ini dapat mengatasi error perangkat dan memastikan semua unit pada mesin cuci perlu perbaikan lebih lanjut maupun tidak. Berikut merupakan cara reset yang bisa dilakukan.

1. Membaca Buku Petunjuk

Buku petunjuk berisi panduan lengkap mengenai cara reset mesin cuci dan berbagai bantuan lainnya. Oleh karenanya, penting untuk membaca buku petunjuk sehingga mengetahui garis besar yang harus dilakukan.

Apalagi operasional mesin cuci LG biasanya berbeda-beda untuk setiap tipenya. Bahkan mengenai jumlah tombol dan tata letak untuk setiap tipe mesin cuci juga berbeda-beda tergantung fitur dan spesifikasi yang dimilikinya.

Namun umumnya cara reset mesin cuci LG pada setiap tipe sama. Kenali tombol-tombolnya, kemudian tekanlah tombol power untuk mematikan unit. Pastikan bahwa unit dalam keadaan benar-benar mati.

2. Mencabut Kabel Power

Setelah mematikan tombol power pada mesin cuci selanjutnya yaitu mencabut kabel mesin cuci. Ketika terjadi error pada mesin cuci, kabel power perlu dicabut dari sumbernya secara hati-hati. Dengan begitu maka bisa memulai metode reset modul sehingga dapat kembali pada pengaturan awal pabrik.

Mesin cuci dibiarkan selama 5 menit tanpa terhubung dengan listrik. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan adanya listrik statis yang berkemungkinan masih tersisa di unit.

3. Menekan Tombol Khusus

Setelah memastikan tombol power tidak terhubung dengan sumber listrik, selanjutnya klik tombol “start” atau “pause” sekitar 5 detik. Dengan menekan tombol tersebut maka modul akan melakukan reset ke pengaturan pabrik secara otomatis.

4. Nyalakan Mesin Cuci

Terakhir, kabel power mesin cuci disambungkan kembali ke daya listrik. Hal ini bertujuan untuk memastikan proses riset itu berhasil atau tidak. Unit dinyalakan kembali dengan menekan tombol power. Tunggulah beberapa saat hingga mesin cuci dalam keadaan aktif atau hidup.

Untuk mengetahui mesin cuci sudah berfungsi dengan normal, cobalah gunakan “rinse” dan “spin”. Apabila berhasil, maka proses reset sudah selesai.

Artikel Terkait :

Itulah informasi sekilas mengenai pemasangan kapasitor pada mesin cuci dan cara untuk meresetnya. Resep merupakan cara untuk mengatasi error yang paling mudah pada mesin cuci.

judul gambar

Leave a Comment