Ciri-ciri Kapasitor Pengering Mesin Cuci Lemah

Mesin cuci memang menjadi salah satu alat elektronik masa kini yang banyak dimiliki setiap rumah tangga. Di dalamnya terdapat berbagai komponen, salah satunya kapasitor. Komponen ini bisa saja melemah dan rusak sehingga kamu harus tahu bagaimana ciri ciri kapasitor mesin cuci lemah.

Ciri ciri kapasitor mesin cuci lemah

Selain tanda-tanda kerusakan yang terjadi, tentu kamu juga harus tahu bagaimana memperbaiki kapasitor yang lemah tersebut. Nah, supaya ada gambaran mengenai hal ini, simak ulasannya dalam penjelasan berikut.

Baca Dulu : Cara Menyambung Kabel Dinamo Mesin Cuci Ke Kapasitor

Ini Ciri-ciri Kapasitor Pengering Mesin Cuci Lemah

Ciri Ciri Kapasitor Pengering Mesin Cuci Lemah

Sebelum membahas lebih jauh mengenai bagaimana memperbaiki kapasitor mesin cuci yang rusak, ada baiknya jika kamu mengenali ciri-ciri kapasitor mesin cuci yang mengalami kerusakan sebagai berikut.

1. Putaran mesin cuci yang makin pelan

Hal pertama yang perlu dipastikan adalah putaran mesin cuci yang semakin perlahan. Seperti yang telah diketahui, kapasitor memiliki fungsi dalam operasional mesin cuci. Jika ada masalah pada bagian ini, tentu fungsi mesin cuci yang seharusnya berjalan dengan lancar malah tidak dapat digunakan secara maksimal.

Putaran mesin yang semakin lemah tentu menjadi sebuah tanda tanya. Namun jika diruntut lebih jauh, hal ini termasuk pada gejala kerusakan parah pada bagian kapasitor.

2. Ada bagian yang meleleh, bahkan menggembung

Hal lain yang dapat diketahui adalah adanya salah satu bagian mesin cuci yang meleleh atau bahkan menggembung. Jika kamu menemui bagian fisik mesin cuci yang seperti ini, maka sudah dipastikan kapasitor yang ada di dalamnya mengalami kerusakan.

3. Mesin cuci tidak berputar sama sekali

Pada akhirnya, ciri ciri kapasitor mesin cuci lemah dan rusak akan menyebabkan mesin cuci tidak dapat digunakan sama sekali. Bahkan, mesin cuci tersebut hanya akan mengeluarkan suara dengungan tanpa adanya aktivitas mesin yang berputar. Dengan demikian, mesin cuci tidak dapat berfungsi lagi.

Baca Juga :

judul gambar

Berapa Sih Harga Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung?

Harga Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung

Untuk memperbaiki kapasitor, mau tidak mau kamu harus melakukan penggantian. Tentunya penggantian tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Mulai dari pemilihan nilai kapasitor, harga, hingga pemasangan harus dilakukan dengan baik dan profesional.

Dari segi harga sendiri, sejatinya kapasitor mesin cuci memiliki harga yang cukup bervariasi. Biasanya, harga yang dibanderol berkisar antara 20.000 sampai dengan 30.000 ribu-an saja. Meskipun terbilang murah, namun perlu diingat kalau komponen ini sangat penting untuk sebuah mesin cuci yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Ada baiknya jika kamu mengecek terlebih dahulu apakah kapasitor mesin cuci tersebut sudah dialiri dengan arus listrik. Kamu bisa menggunakan multitester atau menggunakan terminal kapasitor. Tujuan dari pengecekan ini tentunya supaya dapat mengetahui bagaimana langkah perbaikan yang harus dilakukan.

Setelah mengetahui kerusakan yang terjadi, maka kamu bisa langsung memperbaiki kapasitor yang rusak tersebut. Adapun caranya adalah dengan melepas kapasitor yang rusak, kemudian memasang kapasitor yang baru sesuai dengan jalur kabel yang tersedia.

Jika ragu, memang ada baiknya kamu memanggil teknisi atau membawanya ke bagian service senter terkini. Dengan demikian, risiko kerusakan lanjutan bisa diminimalisir dan menghindari mesin cuci yang semakin rusak. Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan garansi dari perbaikan tersebut.

Ketahui :

Itulah sejumlah ciri ciri kapasitor mesin cuci lemah dan bagaimana perbaikan yang harus dilakukan. Nah, semoga informasi tersebut bisa membuatmu semakin mudah menangani kendala pada mesin cuci di rumah ya. Selamat mencoba!

judul gambar

Leave a Comment