Ciri Ciri Dinamo Pengering Mesin Cuci Polytron Rusak Tidak Berputar

Bagian pengering merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah mesin cuci. Namun apa jadinya jika bagian ini rusak dan pada akhirnya mengganggu aktivitasmu?Nah, ada baiknya kamu tahu bagaimana ciri ciri dinamo pengering mesin cuci rusak dan seperti apa cara memperbaikinya sebagai berikut.

ciri ciri dinamo pengering mesin cuci rusak

Ciri dan Penyebab Dinamo Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Mesin cuci yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya tentu menjadi sebuah hal yang tidak menyenangkan, apalagi jika itu terjadi pada fitur pengering yang ada di dalamnya. Tentu hal ini akan sangat mengganggu karena akan membuat baju yang dicuci tidak bisa kering secara cepat dan otomatis.

Beberapa ciri yang biasa ditemui di antaranya pengering yang berputar dengan lambat atau adanya dengungan pada saat dinyalakan. Jika sudah parah, maka fitur pengering tersebut benar-benar mati dan tidak mau berputar sama sekali. Lantas, apa yang membuat bagian pengering tersebut rusak?

Baca Dulu: Penyebab Mesin Cuci Cepat Panas dan Kurang Bertenaga

1. Sambungan kabel yang putus

Bisa dibilang, sambungan kabel yang putus menjadi salah satu penyebab utama adanya kerusakan pada pengering mesin cuci. Hal ini dapat membuat mesin tersebut tidak berputar sebagaimana mestinya, bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Ada beberapa penyebab yang membuat hal tersebut bisa terjadi, baik karena usia yang sudah rapuh, lilitan, bahkan gigitan hewan pengerat seperti tikus. Tentunya, hal ini perlu diperbaiki supaya tidak mengganggu komponen yang lain dari mesin cuci tersebut.

2. Adanya komponen door switch yang rusak

Door switch adalah komponen yang ada pada mesin cuci yang terletak berdekatan dengan timer. Komponen ini rawan mengalami kerusakan, terlebih jika komponen ini terkena air secara terus-menerus yang kemudian bisa menjadikan komponen tersebut menjadi aus dan terkena korosi.

Sebenarnya hal ini bisa disiasati dengan mengeringkan door switch secara berkala, terutama pada saat kamu sedang membersihkan komponen dalam mesin cuci tersebut. Akan tetapi jika pada akhirnya komponen tersebut tetap tidak mau berfungsi, maka kamu harus menggantinya sesegera mungkin.

Baca Dulu : Cara Cek Dinamo Pengering Mesin Cuci Dengan Multitester

3. Motor dinamo yang lemah dan rusak

Motor dinamo yang lemah baik karena usia atau kerusakan mesin tentunya akan berpengaruh pada rotasi mesin yang melambat. Adapun ciri ciri dinamo pengering mesin cuci rusak di antaranya mesin yang berdengung atau mati. Jika dibiarkan terus menerus, maka akan menimbulkan kerusakan yang parah dan membuat pengering mesin cuci menjadi tidak berfungsi.

judul gambar

Dinamo mesin pengering yang tidak berputar juga bisa disebabkan oleh lilitan dinamo yang putus. Apalagi jika pada awalnya pengering mesin cuci ini hanya sekadar mendengung. Solusi perbaikannya bisa dilakukan dengan melilitkan ulang dinamo, hingga membeli mesin cuci baru.

Baca Juga :

Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Polytron Tidak Berputar

Permasalahan pengering mesin cuci sejatinya bisa dialami oleh semua merk dan tipe mesin cuci, termasuk salah satunya merk Polytron. Kendati demikian, kamu tidak perlu khawatir jika ada kerusakan karena merk ini merupakan produk lokal yang mudah dicari spare partnya.

pengering mesin cuci polytron tidak berputar

Kendati demikian, untuk memperbaikinya juga perlu dilakukan oleh orang yang sudah ahli dan berpengalaman. Kamu perlu langsung membawa mesin cuci yang rusak tersebut ke tempat servis atau memanggil teknisi ke rumah. Biasanya, ada beberapa bagian yang akan diperbaiki atau diganti, seperti:

  1. Tali rem pengering, yang biasanya ada di sisi dinamo mesin cuci. Karena kerusakan biasanya disebabkan karena bagian tali yang putus, maka selain disambung kembali, teknisi juga bisa menggantinya dengan yang baru.
  2. Dinamo, merupakan komponen penggerak utama pada pengering mesin cuci Polytron. Jika komponen ini rusak, biasanya akan digulung (dililitkan) ulang, namun jika sudah parah maka mau tidak mau harus diganti.
  3. Modul (board), terutama untuk mesin cuci Polytron 1 tabung atau otomatis. Jika bagian ini rusak sangat sulit untuk dilakukan perbaikan sehingga biasanya harus dilakukan penggantian.

Ketahui :

Demikian beberapa langkah mengetahui ciri ciri dinamo pengering mesin cuci rusak, seperti apa penyebabnya dan bagaimana cara mudah untuk memperbaikinya. Nah, semoga informasi di atas bisa membantu dan menjadi referensimu dalam merawat mesin cuci!

judul gambar

Leave a Comment