Kode Kompresor Kulkas LG dan Ukuran Freezer

Penasaran dengan apa itu kode kompresor kulkas LG dan bagaimana cara membacanya? Jika ingin memahami hal tersebut, Anda berada di artikel yang tepat karena di bawah ini akan dijelaskan mengenai kode kompresor kulkas! Jadi, simak hingga akhir ya!

Kode kompresor kulkas LG

Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas LG

Kompresor adalah salah satu komponen utama pada kulkas yang bekerja untuk memompa bahan pendingin kemudian menyebarkannya ke seluruh bagian kulkas. Tanpa adanya kompresor, maka kulkas tidak akan bekerja dengan semestinya.

Baca Juga : Cara Mengatur Suhu Kulkas LG 2 

Perlu diketahui bahwa kompresor sendiri mempunyai kode dan itu berguna untuk menentukan apakah Anda membeli kulkas yang sesuai kebutuhan atau tidak. Oleh karena itu, membaca kode kompresor adalah kemampuan yang cukup penting. Adapun cara untuk mengetahui ukuran kompresor, yaitu:

Periksa Arah Pintu Kulkas

Tabel ukuran kompresor bisa dilihat dari arah bukaan pintu kulkas. Pada umumnya, pintu kulkas di Indonesia dibuka ke arah kanan. Jadi, pertanda kompresor yang bagus adalah ketika kulkas dibuka ke arah kanan maka pintunya juga bisa dibuka ke arah yang sama.

Perhatikan Bentuk Fisik Kulkas

Anda bisa mengetahui ukuran kompresor hanya dengan melihat desain atau bentuk fisik kulkas. Rumus yang digunakan, yaitu Tinggi x Panjang x Lebar kulkas.

Berapa Jumlah Pintu Kulkas?

Pada umumnya, kulkas 1 pintu mempunyai ukuran kompresor 1/8, 1/6, 1/5, hingga ¼ PK. Sementara ukuran kompresor freezer 6 rak biasanya 1/5 PK.

Agar bisa membaca kode kompresor kulkas, Anda perlu mempelajarinya dari penjelasan di bawah ini. Namun, perlu diingat bahwa kode kompresor masing-masing kulkas berbeda-beda termasuk kode kompresor kulkas LG 2 pintu. Kode berikut ini berlaku secara internasional dan kode pada setiap negara juga berbeda-beda.

Kode kompresor kulkas: AE A 4 430 Y-1

Penjelasannya:

  1. AE adalah kelas kompresor dan adapun contoh kelas lainnya, seperti WJ, AW, AZA, dan AZ.
  2. A adalah model atau terbitan kulkas dan kode ini digunakan untuk yang pertama kali rilis. Sementara kode B digunakan untuk kulkas keluaran kedua.
  3. 4 adalah applicant, berarti low back pressure with high starting torque atau kulkas mempunyai tekanan rendah dengan torsi awal yang tinggi.
  4. 430 adalah kode daya kulkas. Kulkas produksi Indonesia dilihat dari 2 digit terakhir pada kode, seperti 30 yang menunjukkan kulkas mempunyai daya 1/8 PK.
  5. Y adalah pendingin atau refrigrant yang pada umumnya mempunyai kode berikut:
  • A, V : R12
  • E : R22
  • J : R502
  • Z : R404A/R507
  • M : R600a
  • G : R22/R407C
  • Y : R123a
  1. 1 adalah kode daya listrik, seperti:
  • Tanpa kode yang berarti 220 – 240 V/50Hz
  • 1 = 115 V / 60 HZ
  • 2 = 208 – 230 V / 60HZ
  • 3 = 100 V / 50 – 60 HZ
  • 4 = 110 V / 60 HZ

Baca Juga :

judul gambar

Mengetahui Ukuran Kompresor Kulkas yang Sesuai

Mengetahui Ukuran Kompresor Kulkas yang Sesuai

Perlu diingat bahwa mengetahui ukuran kompresor kulkas perlu untuk Anda pelajari karena itu sangatlah berpengaruh pada besaran ampere di dalamnya. Selain itu, cara ini juga berguna untuk mengetahui besarnya tegangan listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan sebuah kulkas.

Kompresor kulkas juga bisa mengalami kerusakan yang disebabkan oleh beberapa hal. Kerusakan ini bisa menyebabkan kulkas tidak dingin bahkan hingga tidak bisa digunakan sama sekali. Beberapa penyebab kerusakannya, seperti terjadinya overheat pada kompresor, komponen overload sudah melemah, dan lain-lain.

Adapun tanda-tanda untuk mengenali adanya kerusakan pada kompresor, yaitu kulkas tidak bisa dingin maksimal, suara berdengung, ampere kompresor naik melebihi batas normal, dan lain sebagainya.

Jika sudah rusak, maka Anda perlu membawanya ke tukang service atau memperbaiki hingga menggantinya sendiri. Harga kompresor freezer 6 rak sendiri berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.100.000, cukup mahal bukan?

Baca Juga :

Setelah mengetahui bagaimana cara membaca kode kompresor kulkas LG, maka Anda sudah bisa menentukan pula kulkas mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Akhir kata, jika sudah menemukan kulkas yang pas maka lakukan pemeliharaan agar kompresor maupun bagian lainnya tidak mudah rusak dan tahan lama.

judul gambar

Leave a Comment