Penyebab Kipas Angin AC Tidak Berputar & Cara Memperbaikinya

Kipas angin AC tidak berputar, kira-kira apa penyebabnya? Bagaimana cara memperbaiki kipas indoor AC tidak berputar? Sebagai orang awam atau pengguna AC pastinya akan pusing tujuh keliling.

kipas angin ac tidak berputar

Dan pastinya, kita tidak mau pusing-pusing untuk memperbaikinya. Pasalnya, ini terkait dengan elektronik. Dimana, bagi mereka yang tidak memiliki basic ini, langsung angkat tangan kan?

Namun bagi Anda yang sedikit-sedikit pernah mencicipi materi elektronik dan hobi otak-atik barang elektronik, so pastinya akan penasaran. Kira-kira apa penyebab kipas angin AC tidak berputar?

Penyebab kipas angin AC tidak berputar

  1. Tidak ada sinyal dari micom.
  2. Jalur driver motor (optocoupler/resistor/triac/scr/opto triac/SSR) mengalami kerusakan.
  3. IC ULN2003 rusak.
  4. Kapasitor lemah, dengan ciri-ciri dengan masih terdapat getaran di bagian motor.
  5. Rusaknya jalur sensor listrik
  6.  Motor mati, lilitan putus atau terbakar, sekering atau kabel putus.

Nah itu dia penyebab mengapa kipas angin AC tidak mau berputar.

Namun untuk mengetahui penyebab pasti dari kipas angin AC yang tidak mau berputar juga bukan perkara mudah.

Ada beberap hal yang perlu di cek untuk mengetahui kepastian dari masalah AC tersebut.

Cara memperbaiki kipas indoor AC tidak berputar

Periksa kondisi motor kipas dalam ruangan.

Untuk mengetahui apakah motor tersebut normal atau tidak, kita dapat menggunakan bypass atau jalan yang dilakukan. Kita bisa melewatkan kaki 1 dan 2 triac/scr agar motor kipas dalam ruangan berputar dengan kecepatan maksimum (kecepatan penuh), tetapi jika putarannya lamban, belitan motor atau kapasitor mungkin rusak.

Periksa bagian driver motor.

Caranya adalah dengan melakukan jumper dari optotriac ke ic array uln2003 dan pantau hasilnya.

Saat motor berputar, pengemudi tidak menjadi masalah. Namun, jika motor tidak berputar, pengemudinya salah.

Periksa sensor tegangan/arus.

Ada resistor yang terhubung ke 5V dan ground, kapasitor, optocoupler, transistor, dan dioda di bagian tegangan tinggi.

Jika tegangan input (pin 1 dan 2 dari optocoupler/photocoupler) adalah arus searah, jenis photocoupler (pc) adalah directional, seperti PC817.

Saat menggunakan arus bolak-balik (AC), photocoupler adalah dua arah jika resistor dihubungkan langsung ke tegangan listrik. Misalnya, pc814 masih menjadi komoditas langka di pasaran.

Output bagian ini adalah rute kolektor transistor, dan besarnya tegangan yang mengalir ke micom ditentukan oleh rancangan program mikom.

judul gambar

Tegangan kolektor dapat diukur pada 4.5V, 2.3V, atau 0V tergantung pada pembacaan micom, sebagai contoh saja (setiap modul berbeda).

Dengan asumsi tegangan kolektor transistor adalah 4.5V (yang diturunkan dari 5V melalui resistor pull-up), tegangan basis transistor akan diukur pada 0V (nol) karena photocoupler akan memperpendek tegangan pull-up basis ke ground.

Saat photocoupler dilepas, tegangan basis menjadi 4.5V dan tegangan kolektor menjadi 0V karena kolektor-emitor terhubung dimana emitor terhubung ke ground, menyebabkan micom membaca bahwa kondisi kelistrikan tidak normal dan pengapian motor kipas dalam ruangan sinyal yang akan ditekan (dilindungi).

Demikian pula, jika tegangan kolektor diasumsikan 2.3V, sinyal akan dilindungi jika tegangan kolektor tidak tercapai. Akhirnya, kita harus bereksperimen dengan tegangan apa yang benar-benar diinginkan kolektor, serta memeriksa input dan output photocoupler.

Baca Juga:

Periksa modul PCB IC ULN2003

Output leg uln2003 ke driver motor adalah nomor 16, dengan demikian input micom adalah nomor 1.

Jika langkah di atas memindahkan tegangan kolektor dari rendah (0V) ke tinggi (V) (4,5V). Ditemukan bahwa mikom ic tidak memberikan sinyal dengan rentang tegangan 2-4V pada kaki nomor 1 uln2003.

Akibatnya, kita mungkin berasumsi bahwa micom memiliki masalah dengan pembacaan sensor listrik.

Jika motor bisa berputar, ic uln2003 OK; jika motor tidak bisa berputar, uln2003 rusak.

Rahasianya adalah putuskan sambungan line dari micom ke leg 1 uln2003, lalu jumper kaki 1 tadi dengan kabel ke tampilan kontrol kabel ke leg 1 uln2003.

Daya led on-off dikendalikan oleh kaki nomor 1 uln2003 pada layar, oleh karena itu kipas dalam ruangan akan dimatikan ketika daya led dimatikan.

Baca Dulu:

Alhasil, perbincangan mengenai penyebab kipas AC tidak berputar dan cara memperbaiki kipas AC indoor tidak berputar pun dimulai. Semoga, Anda akan merasakan manfaatnya!

judul gambar

Leave a Comment