Perbedaan AC Inverter, Standar dan Low Watt Serta Kekurangan AC Inverter

Perbedaan AC Inverter dan Low Watt menjadi pertanyaan yang sering muncul saat cuctomer mau memilih tipe AC. Apa pula bedanya dengan AC Standar? Ketahui juga kekurangan kekurangan AC Inverter sebelum Anda memilihnya! Yuk cekidot!

Perbedaan AC Inverter dan Low Watt

Memasang AC di rumah Anda kemungkinan besar akan mengakibatkan peningkatan biaya listrik Anda. Namun, dari semua jenis AC terbaik, AC standar, AC inverter, dan AC dengan watt rendah (Low Watt), AC standar mungkin paling banyak menyebabkan peningkatan pengeluaran daya. Tentu hal ini sedikit mengkhawatirkan mengingat masih banyak pengguna AC Standar di luar sana.

Perbedaan AC Standar, Low Watt dan Inverter

AC Standar

Terlepas dari kenyataan bahwa jenis AC inverter dan watt rendah terbaik sekarang tersedia, AC normal masih memiliki tempat di hati orang-orang. Hal ini mungkin disebabkan karena dari ketiga jenis AC tersebut, AC normal memiliki harga beli yang paling rendah, disusul AC low watt, dan AC inverter yang paling tinggi harga belinya.

Bagi Anda yang saat ini memiliki AC tipe standar terbaik di rumah, atau yang berniat untuk memilikinya dalam waktu dekat, harus menyadari bahwa bentuk AC ini akan mempengaruhi daya listrik di rumah Anda.

Saat Anda menyalakan AC standar dan menyetel suhu ruangan ke 200 derajat Celcius, kompresor AC tipe standar terbaik akan bekerja secara efektif untuk mencapai suhu tersebut. Ketika suhu yang diinginkan tercapai, AC akan mati atau mati secara otomatis. Ketika suhu di dalam ruangan mulai naik lagi, AC konvensional akan bekerja keras lagi untuk mencapai target suhu lebih cepat. Selama AC normal dihidupkan, prosedur ini akan terus berlanjut.

Sekarang, cara kerja AC tipe standar terbaik adalah yang menguras energi listrik dan menyebabkan penggunaan daya yang tidak efisien. Situasi ini juga memberi Anda kesan bahwa AC tidak stabil. Dengung AC yang naik turun menambah kesan bahwa listrik tidak bisa diandalkan.

Hal terburuk yang dapat terjadi akibat penggunaan AC tipe standar terbaik adalah pemadaman listrik. Ini adalah kejadian yang sangat mungkin terjadi karena kompresor menarik keluar saat AC bekerja keras dengan kebutuhan watt tinggi pada akhirnya akan menghabiskan pasokan energi dengan cepat dan parah. Intinya, AC tipe standar terbaik menggunakan siklus hidup-mati untuk menghasilkan tegangan puncak dan variasi suhu yang bervariasi.

AC Low Watt

Bentuk AC dengan watt rendah ini menggunakan lebih sedikit listrik daripada AC standar. Ini karena kerja kompresor berkurang atau kompresor yang digunakan lebih kecil. Konsumsi daya di rumah akan lebih hemat jika Anda menggunakan AC tipe low watt terbaik dengan tepat. Penggunaan yang benar termasuk menggunakan pipa yang panjangnya tidak lebih dari 10 meter dan menjaga ketinggian antara unit interior dan unit luar maksimal 3 meter.

Karena beban kerja kompresor berbeda dengan AC tipe inverter, AC low watt mendinginkan ruangan lebih lambat daripada AC tipe inverter. Namun, AC low watt lebih murah daripada AC inverter. Jenis AC low-watt terbaik tidak ideal untuk penggunaan terus menerus dan lebih cocok untuk penggunaan on-and-off dalam kehidupan sehari-hari.

AC inverter

Jika dibandingkan dengan AC Low Watt, teknologi yang digunakan untuk AC inverter ini lebih canggih. Penggunaan teknologi inverter pada AC bagian atas memungkinkan AC bekerja secara optimal dengan konsumsi daya yang lebih sedikit. Akibatnya, ketika AC menggunakan teknologi inverter, sistem kerja kompresor dapat diatur sesuai kebutuhan. Alhasil, konsumsi daya pada AC jenis ini akan seirama dengan performa AC tersebut. Ketika suhu di dalam ruangan mencapai tingkat yang diperlukan, sensor suhu pada AC mendeteksinya dan menyesuaikan kompresor agar beroperasi lebih lambat. Karena itu, AC tipe inverter terbaik dapat menghemat banyak daya. Salah satu contohnya adalah teknologi inverter AC Sharp, yang dapat menghemat daya hingga 65 persen.

Pendingin udara inverter tidak hanya lebih hemat energi, tetapi juga mendinginkan ruangan lebih cepat. Penggunaan terus menerus juga dimungkinkan dengan AC inverter. Namun perlu diingat bahwa jika dibandingkan dengan AC Low Watt, AC tipe inverter terbaik lebih mahal dari segi pembelian dan perawatannya.

judul gambar

Perbedaan AC Standar low watt dan inverter

1. Waktu untuk mendinginkan ruangan:

AC Standar: Standar

AC Low Watt: Paling lama

AC Inverter: Paling cepat tapi angkatan listrik diawal besar paling besar.

2. Angkatan listrik di awal:

AC Standar: Tinggi

AC Low Watt: Lebih rendah dari AC Standar

AC Inverter: Paling tinggi, pemakaian listrik turun saat ruangan sudah dingin.

3. Efisiensi listrik

AC Standar: Standar

AC Low Watt: Lebih efisien dari AC Standar

AC Inverter: Penggunaan yang tepat dapat lebih kecil pemakaian listrik dari AC Standar.

3. Fitur lain:

AC Standar: Standar saja

AC Low Watt: Mirip dengan AC Standar

AC Inverter: Fitur tambahan ada banyak

4. Freaon yang dipakai:

AC Standar: R22/R32

AC Low Watt: R22/R32

AC Inverter: R401

5. Harga

AC Standar: Paling murah

AC Low Watt: Diantara keduanya

AC Inverter: Paling mahal

6. Peruntukan ruangan:

AC Standar: Kapasitas ruang sesuai spesifikasi AC Standar

AC Low Watt: Untuk daya listrik rendah, pintu buka tutup. Pemakaian yang lama (2-3 jam), cocok untuk ruang kantor, Karaoke, ruang tamu.

AC Inverter: Cocok untuk kamar tidur yang jarang pintunya dibuka tutup, tidak cocok dengan daya listrik rendah

Baca Dulu:

Kelebihan dan kekurangan AC inverter

Kekurangan AC Inverter:

  • Memiliki biaya perawatan yang cuckup tinggi
  • Harga terbilang lebih mahal dari AC lainnya
  • Kompresor terus bekerja karena tidak ada posisi stanby / idle, namun akan berputar lebih lambat saat ruangan telah dingin.

Harga freon dan spare part yang mahal

Kelebihan AC Inverter:

  • Hemat listrik jika pemakaian benar
  • Dinginnya lebih nyaman
  • Freon R410 yang lebih aman dan nyaman sesuai rekomendasi pemerintah karena tidak merusak ozone
  • Kompresor lebih halus suaranya

Baca Juga:

Demikian ulasan mengenai perbedaan AC Inverter dan Low Watt serta AC Standar juga kekurangan AC inverter. Semoga informasi ini berguna bagi Anda sekalian.

judul gambar

Leave a Comment