Kualitas, Kelebihan – Kekurangan Serta Spesifikasi Kulkas Aqua 1 Pintu

Kulkas merk Aqua bagus tidak? Bagaimana kualitasnya? Kulkas AQUA 1 pintu merupakan tipe kulkas yang dirancang dengan desain yang simpel dan dilapisi dengan material metal tahan karat. Selain itu, ada banyak kelebihan dan kekurangan kulkas AQUA 1 pintu yang menjadikannya berbeda dengan kulkas jenis lainnya. Berikut kami juga akan berikan salah satu produk kulkas Aqua 1 pintu berserta spesifikasi didalamnya.

Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Aqua 1 Pintu

Seperti yang kita tahu, AQUA dari Sanyo adalah salah satu merek kulkas unggulan yang dipasarkan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Walaupun harganya relatif murah, namun fitur canggih yang ditawarkannya tidaklah main-main. Hal inilah yang membuat banyak konsumen melirik jenis kulkas satu ini dibandingkan kulas 1 pintu merek lainnya.

Baca Dulu : Cara Mengatur Suhu Kulkas Aqua 1 Pintu

Spesifikasi Kulkas Aqua 1 Pintu

Berikut kami berikan rincian detail seputar spesifikasi kulkas Aqua 1 pintu tipe AQR D190. Untuk tipe lain seperti AQR D181 atau lainnya sebenarnya hampir mirip hanya saja terdapat perbedaan pada bentuk dan teknologi yang digunakannya.

Spesifikasi Keterangan
Kapasitas bersih fridge 136,5 liter
Kapasitas bersih freezer 26 liter
Kapasitas total keseluruhan 162,5 liter
Varian warna Hitam, silver
Dimensi barang 48,6 x 55,4 x 126 cm
Berat kotor 27 kg
Berat bersih 25 kg
Konsumsi daya 80 watt
Material pintu PCM
Tipe rak TG (Tempered glass)
Jumlah rak 2 buah
Sistem pendingin DCS (Direct Cooling System)
Seri refrigerant R134a

 

Kelebihan dan Kekurangan Kulkas AQUA 1 Pintu

Kelebihan dan Kekurangan Kulkas AQUA 1 Pintu

Apabila kalian tertarik untuk membeli kulkas AQUA 1 pintu namun masih ragu apakah kualitas merk AQUA bagus atau tidak, maka silakan cek kelemahan dan keunggulan kulkas AQUA 1 pintu di bawah ini:

Kelebihan Kulkas AQUA 1 Pintu

Sebenarnya, dari spesifikasi kulkas Aqua 1 pintu yang telah kita lihat sebelumnya di atas tentu kita sudah mengetahuinya bahwa kulkas ini memiliki beragam jenis keunggulan. Di antaranya adalah:

a. Dilengkapi dengan Dry Box

Dry Box atau laci tambahan di bagian sisi kulkas yang lebih rendah berfungsi sebagai tempat penyimpan bahan makanan mentah namun yang tidak butuh suhu dingin.

judul gambar

Tidak semua kulkas dilengkapi dengan fitur ini, bahkan untuk tipe kulkas mahal sekalipun. Jadi, fitur ini jadi keuntungan tersendiri bagi para pengguna kulkas AQUA 1 pintu.

b. Fitur Low Voltage Running

Low voltage running merupakan fitur yang memungkinkan kulkas berjalan dalam tegangan yang rendah.

Fitur canggih ini akan membantu mempertahankan kinerja kulkas agar lebih stabil, konsumsi daya yang rendah, dan tidak terpengaruh terhadap perubahan tegangan pada listrik PLN.

c. Tray Terbuat dari Tempered Glass

Tray atau rak yang digunakan kulkas terbuat dari tempered glass yang merupakan sebuah kaca dengan daya tahan sangat tinggi yang berteknologi anti gores.

Selain itu, terdapat pula tambahan fitur freezer drawer pada setiap tray nya yang akan membantu mempermudah menarik keluar makanan dari dalam kulkas.

d. Sistem Pendingin Mumpuni

Kulkas AQUA 1 pintu memiliki teknologi pendingin unggulan yakni “direct cooling system” yang menjadikan proses perubahan suhu udara lebih cepat sekaligus hemat energi.

Tipe freon yang digunakan pun sudah tipe R134a yang lebih aman, bebas CFC, tidak beracun, dan lebih stabil.

Baca Juga :

Kekurangan kulkas AQUA 1 pintu

Kekurangan kulkas AQUA 1 pintu

Nah, di samping kualitas kulkas AQUA 1 pintu yang begitu bagus, ada pula beberapa kekurangan dari kulkas ini yang wajib kalian waspadai. Berikut di antaranya:

a. Bunyi Kompresor Berisik

alah satu komplain yang sering dikeluhkan oleh para pengguna kulkas AQUA 1 pintu ialah kompresornya yang berisik dan begitu mengganggu.

Bunyi berisik juga bisa diakibatkan dari kipas freezer yang mengalami gesekan dengan bagian es yang menempel di sekitar kulkas. Karena menghalangi sirkulasi, maka terjadilah suara berisik.

b. Muatan Listrik Berlebih

Dalam beberapa kasus juga terjadi keluhan di mana seseorang tersetrum akibat muatan listrik yang masuk ke dalam kulkas berlebih. Hal ini biasanya karena sistem grounding yang kurang bagus.

Untuk mengatasi agar muatan listrik tidak bocor ke kulkas dan tidak membuatnya menyetrum, maka silakan buatlah sistem grounding atau pembumian yang bagus.

c. Layanan After Sales Kurang Memuaskan

Walaupun memiliki nama besar Sanyo, namun AQUA disinyalir memiliki layanan after sales atau purna jual yang kurang menyenangkan baik dari sisi teknisi maupun dari customer servicenya.

Tak hanya itu, ketersediaan service center area  nya pun saat ini masih didominasi di kota-kota besar di Indonesia. Hal ini tentu akan menyulitkan para customers yang berlokasi di desa.

Apakah Kulkas AQUA 1 Pintu Layak untuk Dibeli?

Untuk menjawab pertanyaan ini, maka kami serahkan jawabannya kembali kepada kalian mengingat bagus tidaknya kualitas suatu barang tentu tidak sama di mata satu orang dengan orang lain.

Jadi, apabila kalian butuh kulkas dengan fitur yang melimpah, harga terjangkau, hemat energi, maka kulkas AQUA 1 pintu ini layak untuk dibeli.

Namun bila ingin yang kualitasnya setara dengan merk ternama seperti Samsung, Sharp, LG, atau Panasonic, maka kualitasnya masih terlampau jauh.

Ketahui :

Nah itulah beragam kelebihan dan kekurangan kulkas AQUA 1 pintu. Kira-kira, apakah kalian tertarik untuk membelinya?

judul gambar

Leave a Comment