Kabel Bawah Freezer Kulkas Polytron, Sharp Lepas & Tidak Beku

Kabel bawah freezer kulkasmu bermasalah? Hal tersebut bisa jadi karena kabel pengatur suhu kulkas Polytron lepas dan kulkasmu tentu jadi tidak berfungsi. Lalu apa penyebab freezer kulkas tidak beku?

Kabel Bawah Freezer Kulkas

Hal tersebut tentunya sangat mengganggu sekali untuk itu simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Artikel Terkait : Kulkas Bagian Bawah Tidak Dingin 

Penyebab Kabel Bawah Freezer Kulkas Lepas

1. Kabel heater terbakar

Apabila kabel bawah freezer terlepas tentunya akan memutus hubungan listrik ke freezer yang menyebabkan akan tidak berfungsi. Nah salah satu penyebabnya disebabkan oleh kabel heater yang terbakar.

Penting sekali diketahui bahwa beberapa kulkas ada yang tidak memiliki kabel heater namun memiliki pipa freon yang lebih kecil. Nah bila kulkasmu memiliki kabel heater dan kabel freezermu terlepas maka bisa jadi yang bermasalah adalah pada bagian kabel heaternya.

2. Gulungan kompresor copot

Penyebab selanjutnya adalah gulungan kompresor yang copot. Komponen yang satu ini cukup penting karena berhubungan dengan aliran listrik. Karena sumber arus listrik akan dihubungkan melalui lilitan kumparan yang ada pada kompresor.

Jika gulungannya terkelupas maka bisa jadi kabelnya juga akan lepas. Sehingga nantinya akan menyebabkan hal yang berbahaya seperti adanya setruman atau hal lainnya. Oleh karena itu apabila hal tersebut terjadi pada kulkasmu maka sebaiknya untuk memutus aliran listrik dan segera hubungi tukang service.

3. Kabel tersentuh air dan benda tajam

Kabel yang terlepas juga bisa disebabkan karena sering tersentuh benda tajam terus menerus. Atau kabel yang terkena air juga bisa menyebabkan terlepas. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Awal mulanya bisa disebabkan akibat adanya bunga es pada freezer. Nah untuk itu penting sekali untuk menjaga kulkasmu dari adanya bunga es. Jika sudah muncul bunga es yang kecil langsung dilakukan pembersihan.

Apabila bunga es dibiarkan membesar terus menerus tentunya akan menyulitkanmu dalam proses pembersihan. Nah jika kamu menemui hal ini pasti kamu akan berusaha menghilangkannya dengan menggunakan benda tajam seperti pisau atau yang lain. Padahal hal ini bisa membahayakan loh, kabel yang tertutup bunga es tidak akan terlihat sehingga bisa memunculkan risiko terkena pisau saat membersihkan yang akhirnya putus dan terlepas.

4. Komponen-komponen yang perlu diganti baru

Penyebab selanjutnya bisa jadi penyebab utama apabila terjadi kerusakan yaitu kabel yang sudah berusia terlalu lama bisa menyebabkan rapuh dan bisa terlepas. Nah apabila penyebab ini yang menjadi kemungkinannya maka kamu perlu mengganti kabel ini dengan yang baru. Proses penggantian ini dapat dibantu oleh tukang service.

judul gambar

Baca Juga :

Apa Penyebab Freezer Kulkas Tidak Beku?

Penyebab Freezer Kulkas Tidak Beku

Masalah lainnya yang bisa terjadi pada kulkasmu adalah freezer yang tidak beku atau kulkas yang tidak terasa dingin juga. Berikut ini adalah penyebabnya:

  • Coil kondensor kotor atau tertutup

Penyebab yang pertama bisa disebabkan pada coil kondensormu yang tertutup oleh kotoran atau es yang menumpuk. Nah untuk itu kamu perlu sekali menjaga kebersihan kulkas. Salah satunya dengan cara dilakukan pembersihan setiap 6 atau 12 bulan sekali yang dilakukan secara rutin.

  • Kipas evaporator tidak berfungsi

Freezer dapat berfungsi akibat dari kerja evaporator. Jadi kipas evaporator akan bergerak saat kulkas tertutup dan berhenti saat kulkas terbuka. Apabila kinerja kipas ini bermasalah maka bisa jadi freezermu tidak bisa membekukan makanan dan minuman.

Kalau sudah tidak berfungsi kamu perlu mengganti komponen ini.

  • Sering membuka kulkas dalam waktu yang lama

Mungkin kamu sering mendengar hal ini. Ya, ternyata membuka kulkas terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan loh salah satunya freezer yang tidak beku. Jadi pintu kulkas harus ditutup secara benar ya.

  • Ventilasi freezer tertutup

Selanjutnya bisa disebabkan karena ventilasi yang tertutup. Jadi jika freezermu tidak beku, penting sekali untuk melihat buku panduan untuk mencari letak-letak komponen pada kulkas agar bisa dicek bagian mana yang bermasalah.

Ketahui :

Itulah penyebab freezer kulkas tidak beku maupun kabel bawah freezer yang lepas. Hal tersebut bisa terjadi pada kabel bawah freezer kulkas Sharp, Polytron baik yang 1 pintu maupun 2 pintu.

judul gambar

Leave a Comment