Cara Memperbaiki Evaporator Freezer Box Bocor

Freezer box yang bocor merupakan masalah yang sering terjadi oleh beberapa orang yang terutama sering menggunakan benda tajam saat mengambil es batu di freezer dengan cara mencongkel. Cara mengambil es batu seperti itu tentu sangat tidak disarankan karena akan menyebabkan komponen freezer box mengalami kerusakan, seperti freezer bocor, dan masalah – masalah lain.

Cara Memperbaiki Freezer Box Bocor

Jika freezer box Anda terlanjur mengalami kerusakan atau bocor dalam kondisi kerusakan yang masih ringan, Anda perlu mengetahui cara memperbaiki freezer box bocor yang akan dibahas pada pembahasan kali ini.

Baca Dulu : Ciri-Ciri Oli Kompresor Kulkas Habis

Penyebab Kerusakan Freezer Box

Freezer yang  mengalami kerusakan dapat mengakibatkan kebocoran yang berdampak pada freezer yang tidak dingin dan air yang bisa masuk atau meresap ke dalam yang menurunkan kualitas makanan yang disimpan di dalam freezer. Ada beberapa penyebab umum terjadinya kerusakan pada freezer box, diantaranya:

  • Posisi peletakan freezer box yang tidak tepat sehingga saluran pembuangan tersumbat
  • Kebocoran pada evaporator yang sering disebabkan oleh goresan benda tajam yang digunakan saat mengambil es batu dengan cara mencongkel
  • Freon bocor atau habis

Cara Memperbaiki Freezer Box Bocor

Cara Memperbaiki Freezer Box Bocor

Baca Juga :

Saat freezer box yang Anda miliki mengalami kerusakan yang disebabkan beberapa hal diatas, dan jika kondisi kerusakan masih di tingkat yang ringan, Anda bisa melakukan perbaikan sendiri tanpa harus memanggil teknisi ahli. Berikut ini beberapa cara memperbaiki freezer box bocor:

1. Mengubah posisi freezer

judul gambar

Salah satu penyebab umum freezer box bocor yaitu posisi peletakan freezer yang kurang tepat sehingga menyebabkan saluran pembuangan tersumbat dan air akan menggenang. Cara awal yang paling mudah untuk mengatasi hal tersebut yaitu mengubah posisi freezer box ke tempat yang tepat dan pastikan posisi saluran pembuangan tidak tersumbat.

2. Mengganti evaporator

Solusi berikutnya saat freezer box mengalami kerusakan, periksa komponen evaporator. Karena masalah yang terjadi pada freezer box ini umumnya berasal dari kerusakan pada komponen evaporator. Saat evaporator terdapat kerusakan, satu – satunya cara yaitu mengganti komponen evaporator tersebut.

Mengganti evaporator perlu dilakukan saat kerusakan atau kebocoran freezer terjadi lebih dari satu bulan atau ketika terdapat lubang kecil berukuran 5mm atau lebih. Namun, hati – hati saat Anda mengganti evaporator, cermati cara bongkar freezer box yang bisa Anda baca di buku manual.

3. Menambal evaporator

Kerusakan yang paling umum pada freezer box yaitu evaporator yang bocor yang disebabkan tertusuk benda tajam saat Anda terburu – buru mengambil es batu dengan mencongkelnya. Salah satu cara untuk memperbaiki freezer box yang bocor yaitu dengan cara menambal evaporator freezer box.

Terdapat dua cara yang paling mudah untuk melakukan penambalan komponen evaporator saat evaporator terdapat lubang yang disebabkan tertusuk benda tajam.

Cara yang pertama untuk menambal evaporator adalah dengan menggunakan lem untuk freezer kulkas yang disebut lem hijau. Lem hijau ini merupakan lem khusus untuk menambal evaporator yang bocor. Bentuknya seperti kapur tulis dan berwarna hijau. Caranya dengan menempelkan lem hijau ini ke bagian yang bocor. Untuk lebih memperkuat, biasanya perlu ditambahkan lem super atau lem alteco.

Cara yang kedua menambal evaporator adalah dengan menggunakan kawat las aluminium, tapi cara ini tergolong rumit dan membutuhkan ketelitian dan ketrampilan.

4. Mengganti oli kompressor dan filter kapiler

Cara ini perlu dilakukan saat oli kompresor tercampur dengan air dan menggantinya dengan oli kompresor baru. Kemudian untuk cara memperbaiki dengan mengganti filter kapiler ini perlu dilakukan saat terjadi kebocoran pada pipa ketika dilakukan pengisian ulang gas freon yang bisa terjadi saat mengisi ulang gas freon.

5. Mengganti drain pan

Drain pan atau disebut juga drip tray merupakan komponen freezer box yang terdapat di bagian bawah freezer box yang berfungsi untuk menampung air hasil dari proses kondensasi pada freezer. Apabila komponen ini mengalami kerusakan, air akan menetes. Oleh karena itu, periksa komponen drain pan, dan menggantinya jika memang terdapat kerusakan.

Ketahui : 

Itulah beberapa cara memperbaiki freezer box bocor yang paling mudah dan bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan teknisi ahli.

judul gambar

Leave a Comment