Penyebab & Cara Memperbaiki Dinamo Mesin Cuci Lemah, Panas

Mesin cucimu sedang bermasalah, mungkin disebabkan karena dinamo mesin cuci lemah. Kenali penyebab putaran dinamo mesin cuci lemah atau penyebab dinamo pengering mesin cuci lemah. Dan jangan lupa simak juga cara memperbaiki dinamo mesin cuci lemah.

Dinamo Mesin Cuci Lemah

Artikel Terkait : Penyebab Dinamo Mesin Cuci Cepat Panas & Kurang Bertenaga

Apa Penyebab Putaran Dinamo Mesin Cuci Lemah?

  • Kelebihan muatan

Pada prosedur penggunaan mesin cuci, biasanya terdapat jumlah kapasitas potongan baju yang dimasukkan untuk sekali cuci. Nah penting sekali untuk kamu semua mematuhi aturan prosedur yang ditulis. Hal tersebut untuk menghindari kerusakan komponen mesin cuci.

Apabila terdapat kelebihan muatan maka dinamo akan cepat panas hingga akhirnya akan rusak dan tidak bisa bergerak dengan lancar. Terkadang saat kamu memasukkan pakaian yang berlebih pasti mesin cuci tidak akan bergerak dengan baik.

Nah ini sebagai tanda juga bahwa dinamo harus bekerja ekstra dan cepat panas. Oleh karena itu inilah salah satu penyebab putaran dinamo yang melemah.

  • Gulungan kumparan bermasalah

Penyebab selanjutnya adalah adanya kerusakan pada komponen dinamo. Apabila dinamo bergerak melambat atau bahkan tidak bergerak bisa jadi disebabkan karena gulungan kumparan yang mengalami kerusakan. Bisa jadi gulungan kumparan ini juga panas akibat beban muatan yang terlalu besar atau usia mesin yang sudah tua sehingga tidak bisa bekerja dengan baik.

  • Putaran kurang seimbang

Putaran dinamo yang kurang seimbang juga bisa menyebabkan kinerja dinamo menjadi melemah dan melambat. Apabila putarannya hanya berada di satu bagian saja, tidak menyeluruh maka bagian tersebut akan bekerja lebih banyak dan bisa menyebabkan mesin motor hingga bengkok.

Nah karena mesin yang bengkok ini tentu menyebabkan motor listrik atau bagian dinamo yang lain juga mengalami kerusakan. Oleh karena itu dinamo mesin cuci tidak berputar.

  • Bearing bermasalah

Komponen lain yang bisa menjadi penyebabnya adalah bearing. Bearing yaitu komponen dinamo yang menjaga putaran poros di bagian mesin motornya. Nah jika komponen ini bermasalah atau terjadi kerusakan maka beban kerja dinamo akan lebih banyak lagi sehingga akan panas.

Ketahui :

Cara Mengatasi Dinamo Mesin Cuci Lemah

Cara Mengatasi Dinamo Mesin Cuci Lemah

judul gambar
  • Memasukkan pakaian dengan jumlah yang sesuai

Selain komponen yang rusak diperbaiki atau diganti, kamu juga harus tahu cara mengatasinya agar mesin cucimu terawat dengan baik. Agar kinerja dinamo tidak terlalu berat, penting sekali untuk memperhatikan jumlah pakaian yang akan dicuci.

Kamu harus memasukkan pakaian dengan jumlah yang sesuai, jangan berlebihan. Kapasitasnya bisa kamu lihat di prosedur mesin cuci yang kamu miliki.

  • Biasakan untuk tidak menyimpan pakaian di mesin cuci

Cara selanjutnya adalah biasakan untuk tidak menyimpan pakaian yang akan dicuci maupun yang telah dicuci di mesin. Hal tersebut ternyata bisa menyebabkan mesin rusak loh. Kebiasaan ini bisa membuat kualitas dan kinerja mesin cucimu menjadi menurun.

Jadi menyimpan pakaian di mesin, selain membuat bajumu menjadi bau tidak sedap, ini juga akan mempengaruhi mesin.

  • Perlu dibersihkan

Selain komponen dalam yang perlu diperhatikan dan kebiasaan baik untuk merawat dan mengatasi kerusakan mesin cuci. Mesin cuci juga harus selalu dibersihkan loh, caranya kamu bisa menggunakan mode cleaning yang ada pada tombol mesin agar mesin cuci dapat membersihkan menyeluruh dan leluasa.

Selain Dinamo Mesin Cuci Lemah dan Panas Mungkin Juga Disebabkan oleh Faktor Di Bawah Ini

Dinamo Mesin Cuci Lemah dan Panas

  • Karet vanbelt sudah tidak kencang

Faktor usia mesin selalu menjadi penyebab mengapa kinerjanya menjadi menurun. Pemakaian yang sudah terlalu lama menyebabkan komponen-komponen di dalamnya menjadi usang. Salah satu komponen tersebut adalah karet vanbelt.

Mesin cuci yang berputar pelan disebabkan karena sudah terlalu sering bekerja, akibatnya karet vanbelt menjadi longgar. Jika sudah tidak kencang lagi maka disarankan untuk mengganti dengan karet yang baru. Dengan penggantian komponen ini diharapkan mesin akan berjalan lancar.

  • Gigi gearbox bermasalah

Apabila putaran mesin cuci melemah maka bisa jadi pengeringnya juga akan berjalan melambat atau tidak berfungsi. Nah hal ini bisa disebabkan karena gigi gearbox yang rusak. Komponen ini adalah yang mengubungkan antara mesin dengan tabung mesin cuci.

Jadi apabila perputarannya tidak berjalan lancar maka kamu bisa mengecek komponen ini untuk diganti.

  • Timer rusak

Apabila timer sudah tidak berfungsi, mesin juga bisa jadi tidak berputar secara lancar. Hal tersebut karena, jika timer maka kabel penghubung bisa jadi bermasalah maka perlu diperbaiki.

  • Kinerja kapasitor menurun

Kapasitor ini berisi tegangan ketika mesin cuci dinyalakan, apabila kinerjanya menurun maka akan menyebabkan kinerja mesin cuci juga menurun.

Baca Juga :

Itulah beberapa penyebab dinamo lemah dan cara mengatasi dinamo mesin cuci lemah. Hal tersebut penting sekali diperhatikan, jika terjadi seperti ini kamu bisa melakukan service dinamo mesin cuci lemah.

judul gambar

Leave a Comment