Ciri-Ciri Evaporator Kulkas Bocor

Apa itu evaporator? Evaporator ialah suatu bagian terpenting yang ada pada kulkas, evaporator merupakan komponen kulkas yang menyerap suhu panas sehingga menghasilkan bagian kulkas yang dingin. Lalu bagaimana jadinya jika evaporator kulkas bocor atau rusak? Bagaimana ciri-ciri evaporator rusak serta bagaimana cara untuk memperbaiki evaporator kulkas yang rusak? Nah, berikut adalah penjelasan secara rinci nya mengenai hal tersebut.

Evaporator kulkas bocor

Baca Dulu : Ciri-Ciri Kulkas Normal

Ciri-Ciri Evaporator Kulkas Bocor

Kebocoran yang terjadi pada evaporator sebenarnya merupakan masalah serius hal ini dikarenakan dapat menyebabkan penurunan dari fungsi dari kulkas itu sendiri kan tetapi walaupun merupakan masalah serius tetapi masih bisa untuk diperbaiki. Adapun ciri-ciri yang bisa kita lakukan untuk mengecek evaporator pada kulkas bocor, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Freezer tidak membeku

Salah satu tanda yang mencirikan evaporator kulkas mengalami kebocoran adalah freezer yang tidak terlalu dingin sehingga tidak membeku. Cara yang bisa kita lakukan adalah memasukkan minuman dengan suhu beku normal, jika minuman tidak membeku berarti adanya kebocoran pada komponen kulkas berupa evaporatornya.

2. Tagihan listrik yang naik

Biasanya tagihan listrik yang naik secara drastis dan tidak wajar juga disebabkan oleh adanya komponen dari barang elektronik yang rusak. Hal ini dikarenakan dinamo pada mesin kulkas akan tetap berputar secara terus menerus sehingga menjadikan tarif listrik menjadi naik.

3. Kulkas tidak dingin walaupun kompresor panas

Salah satu ciri ari bocor nya evaporator kulkas yang lainnya adalah kondisi kulkas yang tidak dingin tetapi kompresor panas. Hal ini berarti kerusakan kulkas bukan ada pada kompresornya akan tetapi komponen lain yang juga penting yaitu evaporatornya.

Baca Juga :

judul gambar

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Memperbaiki Evaporator Kulkas yang Rusak

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Memperbaiki Evaporator Kulkas yang Rusak

Setelah mengetahui ciri-ciri dari evaporator kulkas yang rusak, hal yang perlu kita lakukan ialah dengan melakukan perbaikan. Adapun beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki evaporator listrik yang rusak adalah sebagai berikut:

  • Menambal evaporator yang bocor

Cara pertama adalah dengan menambalnya, langkah-langkahnya adalah :

  1. Mencari titik evaporator yang mengalami kebocoran
  2. Bila titik bocor sudah ditemukan, maka langkah selanjutnya adalah mengampelas menggunakan ampelas halus.
  3. Tambal bagian bocor dengan menggunakan lem khusus. Adapun lem yang bisa digunakan untuk menambal adalah lem bakar dan lem dexton. Kita bisa melakukan pengeleman seperti mengelem barang pada umumnya
  4. Melakukan pengecekan, dimana hal ini dilakukan jika pengeleman sudah dilakukan sampai selesai
  5. Kulkas siap digunakan jika pada saat di cek kondisi kulkas sudah seperti semula.
  • Mengganti dengan evaporator baru

Selain menambalnya, kita juga bisa mengganti evaporator yang rusak dengan evaporator yang baru akan tetapi kita juga perlu memilih tipe evaporator yang sesuai dengan tipe kulkas kita. Adapun cara untuk memasang evaporator baru caranya adalah sebagai berikut :

  1. Potonglah pipa kapiler yang menuju ke mesin evaporator
  2. Memasang pipa baru dengan menggunakan mesin las, dimana pada saat ini kita perlu melindungi bagian kulkas agar tidak terkena mesin las
  3. Memposisikan evaporator yang baru pada posisi yang tepat sebagai mana mestinya.
  4. Melakukan pengisian suatu refrigeran
  5. Kulkas siap digunakan kembali, akan tetapi kita perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum digunakan secara normal untuk memastikan sudah terpasang secara sempurna atau belum.

Ketahui :

Demikian lah artikel yang bisa kami sampaikan terkait dengan ciri-ciri dan cara mengatasi evaporator kulkas yang bocor, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi kalian yang ingin belajar mengenai hal elektronik. Semoga membantu!

judul gambar

Leave a Comment