Cara Memperbaiki Kompresor Kulkas Mati Total

Alat elektronik merupakan alat yang sangat membantu pekerjaan manusia, akan tetapi alat ini sangat rentan terhadap kerusakan. salah satu elektronik yang sering mengalami kerusakan adalah kulkas. Salah satu penyakit yang paling sering kita jumpai pada kerusakan kulkas adalah pada bagian kompresor atau tekanan suhu yang dapat mendinginkan kulkas.

Cara Memperbaiki Kompresor Kulkas Mati

Bagi kalian yang memiliki kulkas mati maka tidak perlu khawatir, disini kami akan memberikan cara memperbaiki kompresor kulkas mati, cara untuk mengetahui penyebab matinya kompresor, serta beberapa ciri-ciri kompresor kulkas yang rusak. Simak penjelasan secara detailnya.

Baca Juga : Ciri-Ciri Oli Kompresor Kulkas Habis

Cara Memperbaiki Kompresor Kulkas Mati Total

Kondisi kulkas yang mati total bisa disebabkan oleh berbagai masalah, bisa karena sambungan listriknya rusak atau bisa dari komponen kulkas yang ada di dalamnya. Adapun cara untuk memperbaiki kulkas yang mati total diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengecek lampu

Hal paling utama yang perlu kita lakukan adalah mengecek lampu kulkas, dimana lampu kulkas ini biasa dijadikan sebagai indikator terhubung tidaknya pada saluran listrik. Ketika lampu tidak menyala maka kita bisa memperbaiki saluran listrik pada kabel yang menghubungkan antara kulkas dengan sumber listrik.

Ketika lampu mati maka kita bisa mengganti kabel dengan kabel sambungan listrik yang baru. Biasanya kabel hanya dijual dengan harga murah yaitu berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000 saja.

2. Mengecek tabung kompresor

Langkah kedua jika tidak ada masalah pada kelistrikan kulkas, maka kita perlu mengecek bagian kompresornya. Dimana kompresor merupakan jantung dari kulkas yang mana berada di bagian belakang kulkas, kita bisa mengecek nya dengan menyentuh mesin tersebut. Kompresor yang masih bekerja biasanya terdapat getaran halus yang menandakan kompresor masih bekerja. Akan tetapi jika kita tidak merasakan getaran sama sekali maka bisa diartikan kerusakan kulkas ada pada kompresornya.

Penyebab Kompresor Kulkas Mati

Penyebab Kompresor Kulkas Mati

judul gambar

Penyebab kompresor kulkas mati biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Adapun berikut merupakan beberapa faktor yang menyebabkan kompresor dari kulkas mati, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Terjadi overheat

Kompresor sendiri merupakan komponen kulkas yang berfungsi untuk mengatur tekanan pada suhu agar tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Apabila kompresor mengalami kejadian overheat atau terlalu panas maka akan menyebabkan kerusakan pada kompresor atau kompresor akan mati.

  • Komponen overload sudah melemah

Faktor lain yang juga bisa menyebabkan terjadinya kematian pada kompresor adalah komponen overload sudah mulai melemah, overload yang sudah melemah biasanya akan membuat mesin terlalu cepat membaca adanya suhu panas sehingga kompresor akan menekan suhu. Padahal realitanya suhu panas pada kulkas tersebut belum tercapai. Hal ini juga adalah penyebab cepat rusaknya suatu kompresor.

  • Komponen kompresor sudah rusak

Hal yang paling mungkin ketika kompresor kulkas mati adalah kompresor tersebut sudah rusak. Jika kompresor sudah mengalami kerusakan maka hal yang perlu kita lakukan adalah mengganti kompresor dengan yang baru, karena jika untuk memperbaiki kompresor maka kita perlu orang yang sangat ahli dalam biang teknologi.

Artikel Terkait :

Kenapa Kompresor Kulkas Tidak Hidup?

Kenapa Kompresor Kulkas Tidak Hidup?

Hal yang menyebabkan kompresor kulkas tidak hidup disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu hal yang paling utama adalah sudah terjadinya kerusakan pada kompresor, selain itu kompresor sudah tidak mampu lagi berfungsi sebagai mana mestinya.

Apa Ciri-Ciri Kompresor Kulkas Rusak?

Ciri-ciri dari kompresor kulkas yang rusak, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kulkas tidak bisa dingin secara normal pada umumnya
  2. Adanya suara yang terdengar terlalu keras dan berisik
  3. Komponen kulkas yaitu kompresor terlihat berdengung, hal ini tidak normal karena normalnya adalah getaran halus
  4. Tekanan atau ampere pada kompresor kulkas melebihi suhu normalnya
  5. Mesin kompresor tidak adanya tanda kehidupan atau mati walaupun sudah terhubung dengan listrik.

Ketahui :

Demikian beberapa hal yang bisa kami sampaikan terkait dengan cara memperbaiki kulkas yang mati dan berbagai hal yang menyebabkan mesin kulkas mati beserta ciri-cirinya. Semoga dengan adanya artikel ini kita bisa memperbaiki kulkas kita di rumah yang memiliki kondisi kulkas rusak. Selamat bereksperimen !

judul gambar

Leave a Comment