Ciri-Ciri Panel LCD TV Rusak, Berapa Lama Umur TV LCD?

Televisi jadi salah satu hiburan yang dimiliki pada saat sedang berada di rumah bahkan hampir setiap rumah memiliki televisi untuk menonton hiburan ataupun mendapatkan berita. Meskipun kini sudah cenderung dilupakan tetapi televisi tetap memiliki daya tarik di hati penggemarnya. Ciri-ciri panel LCD TV rusak dan juga berapa lama umur TV LCD harus diketahui terlebih dahulu sebelum membeli televisi.

Ciri-Ciri Panel LCD Rusak

Kerusakan pada LCD TV menjadi salah satu kerusakan yang cukup fatal. Pasalnya jika LCD TV mengalami kerusakan sering kali Anda akan mengalami kondisi dimana televisi mengeluarkan suara tetapi tidak dengan gambar. Kenapa TV ada suara tapi tidak ada gambar?

Hal tersebut jadi salah satu ciri dari kerusakan panel LCD yang Anda miliki sehingga perlu segera dilakukan perbaikan untuk bisa kembali menonton televisi dengan tampilan jernih dan seharusnya.

Baca Dulu : Cara Memperbaiki TV Sharp yang Tidak Ada Gambarnya

Ciri-ciri Panel LCD TV Rusak

Ada beberapa ciri kerusakan yang terjadi pada panel LCD TV yang Anda miliki diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Fisik pada panel LCD

Pertama kerusakan panel TV LCD Samsung terletak pada fisiknya seperti pecah atau retak. Biasanya penyebab kerusakan ini yaitu karena faktor eksternal seperti benturan antara layar dengan benda keras yang dapat menyebabkan pecah atau retakan.

2. Layar Bergaris

Layar TV Bergaris

Ciri kedua yaitu layar yang bergaris biasanya penyebab dari layar bergaris bisa karena kabel dekoder punya kekuatan jaringan yang rendah dimana kabel tersebut yang akan terhubung ke LCD TV. Jika Anda menggunakan TV LED hal ini mungkin dapat terjadi karena TV LED cenderung membutuhkan jaringan yang kuat.

Berbeda apabila Anda menggunakan televisi jenis lama maka kesalahan seperti ini akan jarang karena tidak membutuhkan jaringan yang terlalu kuat.

Baca Juga :

judul gambar

3. Layar Gelap

Ciri-ciri panel LCD TV rusak yang ketiga yaitu layar gelap atau tidak muncul gambar pada saat televisi dinyalakan. Biasanya masalah ini timbul akibat catu daya mengalami masalah dimana fungsi dari catu ini yaitu sebagai komponen penerimaan arus yang nantinya diberikan ke seluruh komponen televisi khususnya jenis LED.

4. Layar dengan Suara Tanpa Gambar

Ciri selanjutnya jika terjadi  kerusakan pada panel LCD TV yaitu saat televisi dihidupkan muncul suara tetapi tanpa gambar. Kerusakan ini sering terjadi dan biasanya disebabkan karena masalah yang ada pada bagian pencahayaan dari televisi. Seperti masalah komponen elektronik dari televisi yang terputus.

Masalah lain bisa seperti kerusakan komponen yang memang mengharuskan untuk diganti. Sehingga jika Anda mengalami permasalahan seperti ini yaitu terdapat suara tetapi gambar tidak mau muncul maka solusinya yaitu dengan mengganti pada bagian pencahayaan televisi yang dimiliki.

Tentu hal ini tidak bisa ditangani seorang diri perlu teknisi yang berpengalaman untuk mengatasi masalah ini.

5. Remote TV Tidak Berfungsi

Ciri selanjutnya yaitu remote TV yang tidak mau berfungsi seperti biasanya padahal kondisi remote normal dan jika digunakan untuk TV lain remote tersebut berfungsi maka ada masalah pada televisi Anda. Bisa masalah pada sensor atau lainnya.

Masalah yang terjadi di atas mungkin saja akan Anda alami sehingga Anda perlu mencari teknisi yang berpengalaman dalam hal tersebut. Jangan sampai televisi yang dimiliki justru semakin rusak karena ditangani oleh teknisi yang tidak berpengalaman.

Ketahui :

Itulah beberapa informasi terkait ciri-ciri panel LCD TV rusak yang harus Anda ketahui untuk dapat mengetahui penyebab dan bagaimana mengatasinya maka jangan lupa menggunakan teknisi profesional.

judul gambar

Leave a Comment