Berapa Lama Cara Setting Timer Kulkas 2 Pintu Bekerja

Tidak semua kulkas di era modern seperti sekarang ini memiliki fitur timer. Adapun fungsi dari timer kulkas sendiri berfungsi untuk mengatur kapan kulkas tersebut dapat mendinginkan makanan dan minuman. Kita dapat mengaturnya kapan saja sesuai dengan keinginan kita. Akan tetapi disini banyak belum mengetahui bagaimana cara untuk melakukan setting timer nya.

Cara Setting Timer Kulkas 2 Pintu

Nah, disini kami akan membahas bagaimana cara setting timer kulkas 2 pintu, berapa lama proses timer bekerja pada kulkas, cara mengecek timer kulkas 2 pintu sampai dengan ciri dari timer yang sudah rusak.

Artikel Terkait : Kulkas LG 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin

Berapa Lamakah Timer Kulkas Bekerja?

Timer kulkas dapat bekerja disesuaikan dengan settingan nya, kita bisa melakukan setting timer berapa lamanya sesuai dengan keinginan kita, kemampuan dari masing-masing tipe kulkas memiliki kemampuan dalam mengatur timer berbeda-beda. Adapun untuk jenis timer kulkas dibedakan menjadi 2 yaitu :

  • Timer 1-3
  • Timer 1-4

Kedua jenis timer ini memiliki hal yang sama, sedangkan yang membedakannya hanyalah di listrik utamanya saja.

Adapun untuk interval waktu yang tersedia pada settingan timer yaitu 6 jam, 8 jam, 10 jam sampai dengan 12 jam.

Berapa Lama Proses Defrost Kulkas 2 Pintu?

Proses defrost merupakan proses pemanasan sehingga biasanya digunakan untuk proses pencairan es agar lebih cepat. Untuk lama dari proses defrost yang dilakukan oleh kulkas 2 pintu biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama sampa seluruh gumpalan es yang ada pada kulkas mencair semua. Adapun lamanya waktu untuk melakukan proses defrost yaitu berkisar antara 20 menit, dimana setiap tipe kulkas memiliki waktu defrost yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya.

Ciri Timer Kulkas Rusak

Ciri Timer Kulkas Rusak

Timer kulkas juga bisa mengalami kerusakan, adapun ciri-ciri yang menandakan timer kulkas rusak adalah :

1. Kulkas tidak bisa hidup

Kulkas yang tidak hidup bisa menandakan timer yang mengalami kerusakan. hal ini dikarenakan timer kulkas menyambung langsung ke sumber arus listrik, sehingga apabila timer mati maka kulkas juga tidak akan hidup karena aliran listrik yang digunakan untuk kulkas juga tidak akan hidup.

judul gambar

2. Kulkas tidak dingin

Selain kulkas yang mati, adanya kerusakan timer kulkas juga dapat menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin. Hal ini disebabkan karena komponen yang ada di dalam timer tidak berfungsi normal sebagaimana mestinya.

3. Kompresor terus menyala

Selain itu, ciri dari timer yang rusak adalah kompresor yang terus menyala. Kompresor yang terus menyala dapat mengakibatkan kerusakan pada kulkas. Hal ini juga disebabkan karena timer yang rusak yang seharusnya dapat mengistirahatkan kompresor agar tidak menyala terus menerus.

Ketahui :

Cara Mengecek Timer Kulkas 2 Pintu

Adapun cara yang bisa kita gunakan untuk mengecek timer pada kulkas 2 pintu adalah sebagai berikut :

  1. Langkah yang digunakan adalah dengan mengeluarkan timer dari dudukan atau box nya, langkah selanjutnya adalah memperhatikan apakah kompresor mati atau tidak
  2.  jika pada saat itu kondisi kompresor dalam keadaan hidup maka kita perlu menggunakan obeng, masukkan ke lubang kecil timer lalu putar timer berlawanan arah jam sampai terdengar bunyi klik, lalu perhatikan kondisi kulkas dalam kondisi standby atau kondisi defrost
  3. Apabila pada saat ini kulkas berada pada kondisi hidup, maka itu artinya timer kulkas masih berfungsi dengan baik dan normal.

Apa Fungsi Timer Pada Kulkas 2 Pintu

Apa Fungsi Timer Pada Kulkas 2 Pintu

Apa fungsi dari timer pada kulkas 2 pintu? Fungsi dari timer kulkas adalah untuk mengatur kapan kompresor bekerja dan kapan pula mesin kompresor berhenti. Seperti halnya timer di AC yang mana kita bisa mengatur kapan AC tersebut menyala dan pada sat kapan AC tersebut mati. Begitu juga cara kerja dan fungsi dari timer yang ada di kulkas 2 pintu.

Apakah Kulkas 2 Pintu Memiliki Timer yang Otomatis?

Tidak semua kulkas 2 pintu memiliki timer yang otomatis, akan tetapi sebagian besar kulkas yang memiliki 2 pintu memiliki timer yang bisa digunakan untuk mengatur suhu tinggi dan suhu rendah yang bisa dilakukan secara otomatis.

Cara Setting Timer Kulkas 2 Pintu

Adapun cara yang digunakan untuk dapat mengatur timer pada kulkas 2 pintu, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Tentukan berapa lama waktu yang akan digunakan untuk melakukan setting timer
  2. Putar setting timer searah dengan arah jarum jam sesuai dengan lamanya waktu yang akan di atur
  3. Setting timer sudah diatur dengan baik dan maksimal.

Baca Juga :

Itulah tadi beberapa informasi penting yang bisa kami sampaikan terkait dengan beberapa hal mengenai cara melakukan setting timer 2 pintu serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan timer pada kulkas. Semoga artikel ini bermanfaat!

judul gambar

Leave a Comment