Apa Ciri-Ciri Evaporator Freezer Kulkas Bocor? Bahayakah?

Salah satu masalah yang paling sering terjadi pada perangkat kulkas atau freezer box yaitu kulkas atau freezer yang tidak dingin. Permasalahan atau kerusakan tersebut umumnya terjadi karena adanya kebocoran pada freezer, atau disebut juga evaporator.

Ciri Ciri Freezer Kulkas Bocor

Nah, untuk mengetahui sumber masalahnya, Anda perlu mengetahui ciri ciri freezer kulkas bocor sehingga Anda bisa mengatasi kerusakan tersebut dan kulkas Anda kembali berfungsi dengan baik.

Artikel Terkait : Ciri-Ciri Kulkas Normal

Ciri-Ciri Freezer Kulkas Bocor

Ciri Frezeer Kulkas Bocor

Saat Anda merasakan ada yang tidak beres dengan perangkat kulkas atau freezer Anda, Anda tentu akan mengambil cara untuk mengatasi masalah tersebut, bisa dengan memanggil teknisi untuk melakukan perbaikan, atau bisa juga Anda mengatasinya sendiri.

 Masalah yang paling umum terjadi pada perangkat kulkas yaitu freezer atau evaporator yang bocor. Kerusakan tersebut jika terus dibiarkan akan menimbulkan masalah lain karena bahaya freezer kulkas bocor bisa menjadi racun bagi manusia yang memberi dampak sesak nafas, sakit kepala, dan lain – lain.

Untuk mengetahui apakah kulkas Anda mengalami masalah, berikut ini ciri ciri freezer kulkas bocor.

1. Freezer kulkas tidak membeku

Ciri pertama jika freezer Anda mengalami kebocoran adalah freezer yang tidak membeku, bahkan tidak dingin. Fungsi utama dari freezer pada kulkas adalah membekukan makanan, minuman, atau bahan makanan yang disimpan di dalamnya.

Namun, saat Anda menyimpan makanan, minuman, atau bahan makanan ke dalam freezer tapi tidak beku bahkan setelah disimpan beberapa hari, itu menjadi tanda bahwa freezer Anda mengalami kerusakan atau kebocoran.

Baca Juga :

judul gambar

2. Adanya bau tidak sedap

Bau yang tidak sedap ini muncul dari bahan makanan yang disimpan di dalam kulkas. Karena kerusakan yang terjadi pada kulkas yang mengakibatkan suhu kulkas tidak dingin, bahan makanan seperti sayur, bumbu, dan buah-buahan akan menjadi basi dan menimbulkan bau yang tidak sedap pada kulkas. Bau yang tidak sedap saat kulkas dibuka padahal kulkas tetap menyala inilah yang menjadi salah satu tanda adanya kerusakan pada kulkas Anda.

3. Adanya lubang pada evaporator atau freezer

Ciri – ciri evaporator kulkas bocor bisa dilihat dari adanya goresan benda tajam atau lubang yang terdapat di bagian evaporator atau freezer yang biasanya disebabkan oleh penggunaan benda tajam saat mengeluarkan sesuatu dari freezer. Jika Anda menemukan ciri tersebut, segera lakukan penanganan dengan cara mengganti evaporator, atau menambal lubang pada evaporator menggunakan lem hijau.

4. Kompresor panas sedangkan kulkas tidak dingin

Ciri – ciri freezer kulkas bocor selanjutnya yaitu kompresor yang panas tetapi kulkas atau freezer bahkan tidak dingin. Hal tersebut yang menjadi salah satu penyebab freon yang bocor, selain kondensor kulkas bocor yang mengakibatkan kulkas dan freezer tidak dingin.

Dalam kondisi normal, kompresor akan bekerja untuk menurunkan suhu saat komponen thermostat mendeteksi adanya peningkatan suhu. Saat evaporator atau freezer bocor, kompresor akan bekerja terus menerus yang menyebabkan kompresor panas.

5. Tagihan listrik meningkat

Ciri –ciri lain yaitu saat Anda merasa tagihan listrik Anda meningkat secara signifikan. Lonjakan tagihan atau konsumsi listrik tersebut terjadi karena mesin dinamo kulkas yang bekerja lebih berat saat evaporator atau freezer mengalami kerusakan atau kebocoran karena komponen tersebut akan berputar terus menerus.

Ketahui :

Itulah beberapa ciri – ciri freezer kulkas bocor yang bisa Anda ketahui dengan mudah. Segera lakukan penanganan saat Anda mendapati ciri – ciri yang telah disebutkan diatas pada perangkat kulkas atau freezer Anda.

judul gambar

Leave a Comment