Penyebab & Ciri Ciri Dinamo Pengering Mesin Cuci Rusak Tidak Berputar, Harga?

Mesin cuci yang rusak bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya dynamo. Ada ciri ciri dinamo mesin cuci rusak yang berakibat pada pengering mesin cuci tidak bisa berputar atau mesin cuci mati total. Berikut ini akan kami berikan beberapa penyebab dynamo mesin cuci rusak dan berapa harga dynamo pengering mesin cuci.

Ciri Ciri Dinamo Mesin Cuci Rusak

Saat salah satu komponen mesin cuci rusak, biasanya menyebabkan beberapa masalah. Seperti mesin pengering tidak berputar, adanya suara dan beberapa masalah lainnya. Tentu saja hal ini menimbulkan masalah karena kita jadi tidak bisa mencuci.

Baca Dulu : Cara Cek Dinamo Mesin Cuci

Ciri-Ciri Dinamo Mesin Cuci Rusak

Ciri Ciri Dinamo Mesin Cuci Rusak

Salah satu komponen mesin cuci yang paling sering rusak yaitu dynamo pengering mesin cuci. Dinamo ini rentan rusak karena beberapa faktor seperti usia, penggunaan, kabel putus dan sebagainya.

Berikut ini ciri-ciri dinamo pengering mesin cuci tidak berputar:

  • Mesin cuci mengeluarkan suara dengungan
  • Putaran mesin cuci lemah
  • Mesin cuci bahkan tidak mau berputar sama sekali
  • Mesin pengering mengeluarkan suara bising
  • Mesin pengering tidak berputar dan baju masih dalam keadaan basah.

Jika kamu mengalami kondisi diatas, jangan panik. Karena kamu bisa mengecek komponennya terlebih dahulu. Jika terjadi kerusakan, maka kamu bisa menghubungi service mesin cuci untuk memperbaikinya.

Lalu apa sebenarnya penyebab dinamo mesin cuci rusak? Ada banyak faktor yang menyebabkan mengapa dinamo mesin cuci cepat rusak:

1. Timer Pengering Rusak

Salah satu faktor penyebabnya karena timer pengering yang rusak karena usia atau gangguan hama seperti tikus. Timer ini berfungsi untuk mengatur mesin cuci, jika rusak maka pengering tidak akan bisa diputar.

Kerusakan ini disebabkan karena komponen pegas yang aus karena usia atau digigit tikus. Jika pengering mesin cuci tidak bisa berputar, maka bisa jadi penyebabnya karena timer rusak.

2. Dinamo Rusak

Dinamo menjadi salah satu komponen penting dalam mesin cuci. Jika rusak maka bisa berpengaruh terhadap mesin pengering yang tidak mau berputar. Penyebabnya juga sangat banyak, tapi yang paling sering karena lilitan dinamo putus dan membuat mesin pengering tidak mau berputar dan mengeluarkan suara dengungan.

3. Tenaga Kapasitor Berkurang

Jika tenaga kapasitor berkurang, maka mesin pengering tidak bisa berputar dengan cepat. Hal ini bisa disebabkan karena usia pakai yang sudah terlalu lama.

judul gambar

4. Sambungan Kabel Putus

Penyebab lainnya yaitu karena kabel yang putus dan biasanya disebabkan karena gigitan tikus. Sambungan kabel ini bisa berpengaruh terhadap mesin pengering yang tidak mau berputar.

5. Kapasitor Mesin Terbakar

Salah satu penyebab mesin pengering mesin cuci tidak berputar karena kapasitor mesin yang terbakar. Saat mesin pengering digunakan terus menerus dan intensitas pemakaiannya cukup tinggi, maka kapasitor bisa mengalami penurunan kualitas.

Karena hal inilah kapasitor jadi rentan terbakar. Ciri-ciri kapasitor mesin terbakar yaitu munculnya suara dengung dari mesin pengering, padahal mesin pengering tidak dalam posisi berputar.

6. Kerusakan Door Switch

Penyebab lainnya karena kerusakan pada door switch atau saklar pintu. Komponen ini juga rentan rusak karena berada di dekat timer.

Door switch rentan rusak karena sering terkena air dan membuat sensor pengering jadi rusak. Hal ini yang paling sering terjadi dan tidak disadari oleh penggunanya.

Artikel Terkait :

Harga Dinamo Pengering Mesin Cuci

Harga Dinamo Pengering Mesin Cuci

Dinamo mesin pengering memiliki harga yang berbeda-beda, mengikuti jenis mesin cuci yang kamu gunakan. Sebelum membeli dinamo, pastikan terlebih dahulu jika dinamo mesin cuci kamu benar-benar rusak.

Kamu juga perlu memastikan dinamo wash atau dinamo pengering mesin cuci yang rusak. Biasanya dinamo mesin pengering cenderung lebih murah dibandingkan dinamo untuk wash.

Untuk harga dinamo pengering berkisar Rp. 125.000- Rp. 250.000 tergantung dari merk yang kamu gunakan. Karena harga dinamo ini cukup mahal, maka kamu pastikan jika kerusakan mesin cuci kamu disebabkan oleh dinamo dan bukan komponen lainnya.

Baca Juga :

Setelah membeli dinamo, pastikan kamu memasangnya dengan jasa service mesin cuci agar dinamo bisa terpasang dengan benar. Setelah itu lakukan maintenance terhadap mesin cuci agar menghindari kerusakan di masa depan.

judul gambar

Leave a Comment