Cara Setting Suara B/G TV Sharp Aquos yang Bermasalah

Cara setting suara TV Sharp Aquos sering menjadi pertanyaan bagi pemilik jenis televisi ini. Terkadang, pemilik lupa instruksi yang diberikan oleh teknisi saat televisi baru diantar ke rumah. Bahkan, pemilik televisi melihat bahwa teknisi terlihat begitu mudah saat melakukan setting suara pada televisi baru mereka.

Cara Setting Suara TV Sharp Aquos

Tentunya para teknisi memang sudah menguasai tombol remote TV Sharp Aquos. Mereka dapat mengoperasikan tombol remote tanpa kesulitan. Berbeda dengan pemilik televisi, terlebih jika mereka baru membeli TV baru. Pasalnya, beberapa pengaturan seri televisi ini berbeda dengan televisi jenis Sharp lainnya.

Baca Dulu : Cara Menghubungkan Receiver Parabola ke TV LED Sharp Aquos

Cara Setting Suara TV Sharp Aquos Termudah Anti Gagal

Memang, setting suara dari jenis TV yang satu ini berbeda dengan televisi pada umumnya.  Namun, jika pemilik TV mengetahui cara tepat dalam mengatasi masalah ini, tentunya akan lebih mudah. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Cara Mengatasi Volume TV Sharp Bermasalah

Cara pertama untuk melakukan setelan suara adalah dengan menu SUARA.  Cara melakukan setelah adalah dengan menggunakan remote karena cara ini tidak dapat dilakukan dari televisi seperti halnya TV ‘jadul’ .  Setelah itu, lakukan penyesuaian equalizer dan juga keseimbangan suara.   Nantinya, muncul menu auto volume serta audio delay. Sesuaikan semuanya secara manual. Jangan lupa setel juga sound feedback.

2. Auto Volume

Apabila pemilik televisi ingin mencoba auto volume, mereka dapat mengakses tombol MENU, lalu pilih AUDIO SETTINGS. Setelah itu, Tekan AUTO VOLUME. Teknologi canggih ini memang hanya dimiliki oleh TV Sharp Aquos dimana volume suara dapat menyesuaikan dengan penggunaan video pemutar.

Baca Juga :

3. 3D Surround

Ini dia menu favorit dari para pemilik televise Sharp Aquos. Banyak yang ingin menikmati suara fantastis saat menonton film ataupun lagu-lagu favorit dengan fasilitas speaker.  Tentunya hal ini berbeda dengan pengaturan sistem suara TV Sharp B/G.

Sebelumnya, sambungkan kabel HDMI ARC ke soundbar HDMI 1 ARC dengan menggunakan kabel HDMI-certified High-Speed 2.0. Penggunaan kabel jenis lain akan mengurangi resolusi dimana  hal ini pasti berpengaruh pada kualitas gambar dan suara.  Sebelum melakukan penyetelan, putar terlebih dahulu film yang memiliki 5.1 surround audio seperti film action dan film-film seri di Netflix.

judul gambar

4. Sound Mode

Fitur ini  memudahkan pengguna untuk memilih mode Preset Sound. Pilihan yang ada adalah Standard, Theatre, Music, Speech, dan Late Night. Bahkan, setiap pilihan mode masih memiliki pilihan setelah sendiri. Menu Total Sonics dipilih untuk mengoptimasi keseluruhan kualitas suara dengan meningkatkan bass, memperjelas dialog secara natural dan jernih serta memperlebar jangkauan suara.

Menu Total Surround dapat dipilih untuk menikmati surround sound dengan proses psycho-acoustic. Suara akan muncul dari samping, belakang dan atas. Menu ini akan semakin sempurna jika disetel bersamaan dengan Total Sonics.

5. Total Volume untuk Mengatasi TV Sharp Tidak Ada Suara, Gambar Normal

Menu ini dapat digunakan untuk menjaga konsistensi level loudness dari program wide dynamic range, suara iklan atau perubahan input.  Dalam menu ini, tersedia juga setelan Wall Mount yaitu optimasi otomatis berdasarkan posisi televisi.

6. Advanced Audio Settings

Pada menu ini, pengguna dapat memanfaatkan banyak fitur untuk kualitas suara secara keseluruhan. Fitur pertama adalah Balance dimana fitur ini menyesuaikan pengeras suara kiri dan kanan untuk optimasi audio di lokasi tertentu.  Fitur kedua adalah TV Speaker dimana fitur ini dapat dinonaktifkan saat pengguna menggunakan sound bar, ARC atau amplifier eksternal.

Menu ini juga menghadirkan setelan Digital Audio Out dimana pengguna dapat memilih format digital audio yang sesuai dengan jenis perangkat audio mereka.  Misalnya, pengguna yang memiliki 5.1 Channel Surround Sound Speaker dapat memilih RAW.  Namun, pemilik amplifier yang tidak mendukung teknologi Dolby Digital dapat memilih fitur PCM.

Tersedia pula menu Digital Audio Delay yang dapat menyesuaikan waktu delay digital audio output yang dapat menyesuaikan suara dari speaker eksternal dengan tampilan di televisi.   Selain itu, pengguna dapat memilih menu  Lip Sync yang dapat melakukan sinkronisasi gambar dengan output suara. Ketersediaan Equalizer untuk mengatur volume pada frekuensi berbeda.

Cara Reset TV Sharp

Cara Reset TV Sharp

Mengapa TV Sharp Aquos harus di reset melalui fitur reset factory setting atau atur ulang setelan pabrik? Biasanya, penyetelan volume sudah kacau. Hal ini terjadi karena pengguna mungkin sering mengutak-atik menu AUDIO SETTINGS dan tidak tahu apa setelan yang sudah diatur.

Ketahui :

Reset Factory Setting atau kembali ke setelan pabrik adalah cara paling efektif. Pengguna dapat mencoba kembali cara reset TV Sharp seperti tersebut diatas setelah reset dilakukan. Tetapi, cara setting suara TV Sharp Aquos tetap harus dilakukan dengan hati-hati karena pengaturan bisa kembali kacau apabila tidak dilakukan dengan benar.

judul gambar

Leave a Comment