Biaya Ganti Backlight TV LED LG, Ketahui Penyebabnya!

Banyak sekali pengguna TV LED yang mengeluhkan biaya ganti backlight TV LED yang tinggi. Hal demikian dapat terjadi karena memang setiap teknisi menerapkan harga yang berbeda. Oleh karena itu pada artikel ini akan dibahas mengenai biaya ganti atau service backlight TV LED LG, penyebab backlight TV LED mati, hingga harga lampu backlight TV LED LG 32 inch.

 Biaya Ganti Backlight TV LED

Baca Juga : Cara Memperbaiki TV Sharp yang Tidak Ada Gambarnya

Biaya Ganti atau Service Backlight TV Led LG

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa biaya ganti backlight TV LED LG sangatlah bervariasi berbeda berdasarkan tukang service masing – masing.  Berikut ini beberapa alasan mengapa masing – masing teknisi menerapkan alasan yang berbeda – beda:

  1. Apabila biaya ganti backlight TV LED LG menjadi murah, hal itu mungkin dikarenakan pergantian lampu backlight dilakukan hanya hitungan per biji lampu saja. Jadi, teknisi tidak mengganti secara keseluruhan karena stok lampu backlight tidak ada banyak. Estimasi biaya service yang dibutuhkan kemungkinan antara Rp.200.000,- hingga Rp.400.000,-.
  2. Apabila biaya service backlight TV LED LG dalam harga standar atau sedang – sedang saja, hal itu mungkin dikarenakan backlight yang diganti satu atau dua batang saja. Jadi estimasi biaya service kisaran antara Rp.400.000,- hingga Rp.800.000,-.
  3. Apabila biaya ganti untuk service backlight LED dalam harga yang terbilang cukup mahal, maka dipastikan hal itu dikarenakan lampu backlight yang diganti adalah semuanya atau keseluruhan walaupun di sisi lain masih ada beberapa batang lampu masih menyala tetap saja diganti. Jadi, estimasi biaya yang dibutuhkan lebih dari Rp.800.000,-.

Alasan mengapa biaya service backlight TV LED mahal? Karena mengganti atau perbaikan pergantian backlight LED TV sangatlah beresiko. Jadi sangat dibutuhkan ketelitian dan kesabaran yang lebih dalam hal pengerjaan. Banyak kasus teknisi yang gagal ketika mengganti backlight tv LED sehingga dapat menyebabkan layar menjadi retak hingga pecah saat pergantian lampu LED. Biasanya harga lampu backlight TV LED LG 32 inch bervariasi mulai dari Rp.90.000, Rp.113.000, Rp.130.000, hingga Rp.461.500.

Artikel Terkait :

judul gambar

Penyebab Backlight TV LED Mati

Penyebab Backlight TV Led Mati

Backlight TV LED mati biasanya disebabkan oleh berbagai faktor sebagai berikut:

1. Lampu backlight TV LED rusak

rusaknya lampu backlight TV LED biasanya disebabkan karena terputusnya atau matinya salah satu backlight sehingga dapat menyebabkan semua lampu backlight akan menjadi mati hingga terputus. Hal yang perlu dilakukan ketika hal ini terjadi adalah dengan memeriksa lampu backlight dan memeriksa tegangan DC yang berfungsi untuk menyuplai panel LED. Biasanya, tegangan DC yang digunakan untuk menyuplai panel LED memiliki kisaran 135 volt.

2. Kerusakan pada Software

Penyebab yang kedua adalah adanya permasalahan pada software. Hal yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan cara melakukan flash di TV dengan menggunakan firmware yang cocok dengan tipe dan jenis masing – masing televisi.

3. Kerusakan IC pada bagian Modul T Con

Apabila terjadi kerusakan pada salah satu IC terutama pada modul T Con, kalian bisa mengeceknya dengan cara menyentuh bagian IC yang letaknya ada di dekat modul T Con. Apabila disentuh terasa panas, berarti IC tersebut bermasalah. Bagi kalian yang mengalami masalah seperti ini, maka kalian harus menggantinya dengan barang yang baru dan tentunya memiliki tipe yang sama.

Cara Memperbaiki TV LED LG Layar Gelap

  1. Langkah pertama adalah membongkar TV kemudian mengecek pada bagian tegangan backlight. Setelah itu fokuskan pada inverternya. Normalnya tegangan yang dihasilkan inverter berkisar antara 55 volt DC sampai 95 volt DC bergantung pada masing – masing kebutuhan televisi.
  2. Pengecekan harus dilakukan ketika televisi dalam posisi menyala ada tegangan berdenyut atau tidak. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan kembali apakah bagian dari backlight sedang dalam kondisi normal atau tidak.
  3. Kemudian masuk pada tahap yang paling penting yaitu melakukan pembongkaran pada frame atau casing depan panel LED.
  4. Jika sudah dibongkar maka angkat dan taruh panel ke tempat yang aman dan angkat fibernya. Lalu ukur dengan lampu backlight hingga menemukan bagian yang putus dan ganti dengan yang baru.

Ketahui :

Biaya ganti backlight TV LED sangatlah bervariasi tergantung pada kebutuhan.

judul gambar

Leave a Comment