Cara Pasang Gacun Pada TV Sharp Str G5653 B Naik & Mati Total

Problem TV Sharp STR G5653 b naik sering terjadi. Pasalnya, banyak teknisi servis TV yang juga terkadang bingung apakah mereka harus mengganti komponen tersebut. Hal ini terjadi karena komponen yang satu ini ini merupakan salah satu yang paling vital yang terdapat pada rangkaian elektronik, terutama televisi jenis ini.

Tv Sharp Str G5653 B Naik

Apabila STR mengalami kerusakan, tentu perbaikan harus dilakukan meskipun pemilik TV ini harus mengerti apa yang harus dilakukan.  Banyak orang menganggap bahwa memperbaiki STR rusak sangatlah sulit. Banyak pula yang menganggap bahwa mereka cenderung memilih untuk membeli yang baru. Pada dasarnya, mengganti STR perlu teknik tersendiri dan akan dijelaskan berikut ini.

Baca Dulu : Cara Memperbaiki TV Sharp yang Tidak Ada Gambarnya

Detail Mengatasi Kerusakan TV Sharp STR G5653 B Naik

Perlu diingat yaitu pengganti STR adalah dengan menggantinya dengan STR yang memiliki model sama. Atau, beberapa orang memilih untuk membeli STR model lain dengan persamaan yang cukup dekat.  Mayoritas orang cenderung mencari persamaan STR karena memang STR asli bisa sangat sulit untuk didapatkan.

STR G5653 merupakan salah satu jenis STR yang sering memiliki persamaannya.  Sehingga, mengatasi kerusakan STR untuk jenis TV ini bisa teratas dengan mudah.  Ada beberapa cara untuk mengatasi kerusakan pada TV SHARP STR G 5653.

1. Cara Pasang Gacun Pada TV Sharp STRG5653

Sebelum melakukan instalasi gacun, pengguna dapat memeriksa output trafo regulator TV tidak bermasalah. Siapa tahu ada masalah short atau pada output Vcc B+, dan sebagainya. Lalu, pengguna dapat mengatur regulator gacun di posisi minimal. Caranya dengan trimput ke arah kiri supaya tidak terjadi tegangan berlebih.

Setelah itu, semua rangkaian regulator dapat dilepas kecuali trafo sebelum memutus data pin str g5653. Pin induksi ini pada umumnya adalah jalur sekunder trafo. Posisi terletak pada rangkaian LIVE yang dekat dengan TR fial atau STR. Setelah itu, gacun dapat dipasang pada pendingin yang pernah menjadi bekas temple Tr atau STR final regulator lama.

Lalu solder kabel merah regulator gacun pada posisi tegangan + dan solder kabel hitam regulator gacun ke posisi tegangan –.  Setelah itu, kabel biru regulator gacun disolder ke output trafo tegangan B+.

2. Mengatasi TV Sharp STR G5653 Mati Total

Jika hal ini terjadi, maka pengguna dapat menelusuri kabel AC dan cek tegangan input 300. Jika tidak ada tegangan sama sekali, maka harus cek setiap komponen di blok regulator dengan mengganti STR yang terindikasi rusak. Tetapi, apabila belum ada perubahan setelah mengganti STR, maka pengguna dapat menemukan komponen R707 470K yang merupakan alat trigger STR hasil pengukuran.

judul gambar

Apabila komponen ini ternyata tidak putus tetapi dioda D705 macet. Maka perlu diganti dengan dioda jenis IN4148. Biasanya, hasilnya tegangan B+ keluar serta membuat LED menyala . Setelah itu, pengguna dapat kembali menyambungkannya ke jalurB+ yang sebelumnya dilepas.

Baca Juga :

3. Bagaimana Jika TV Sharp STR W5653 b Naik?

Pada dasarnya, perbaikan jenis TV ini tentu sama dengan cara yang sudah dijelaskan tentang kerusakan TV STR G5653 dengan mengganti gacun. Kerusakan biasanya terjadi pada blok vertical. Pengguna dapat mengecek apakah ada tegangan supply yang putus. Solusinya adalah dengan mengganti resistor setara 330 Ohm sebagai supply vertikal.

Biaya Ringan untuk Perbaikan Signifikan

Biaya Ringan untuk Perbaikan Signifikan

Beberapa jenis TV Sharp jenis ini mengalami kendala tegangan out yang tidak stabil. Terlebih jika usia TV sudah sangat lama.  Biasanya, regulator diganti dengan STR G5653 atau STR G5654. Namun, apabila masih belum berfungsi juga, maka coupler adjust perlu diganti sekaligus kid adjustnya.

Banyak tenaga servis yang ragu dengan hal ini. Namun ternyata, banyak kasus dimana tegangan kembali stabil setelah coupler dilepas.  Tegangan yang tidak stabil disebabkan adjust dari IC program nya tidak stabil.  Namun, praktek ini perlu pula dilakukan secara hati-hati.

Ketahui :

Hampir semua TV Sharp menggunakan STR G5653 dimana penggantinya juga cukup fleksibel. Biasanya, TV Sharp STR G5653 b naik terjadi maka penggantinya adalah STR W5453A. STR juga harganya sangat murah sehingga perbaikan signifikan dapat dilakukan dengan mudah dengan biaya ringan.

judul gambar

Leave a Comment