Arti Inverter Pada Kulkas Serta Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Inverter

Arti inverter pada kulkas sendiri masih jarang diketahui oleh banyak orang. Umumnya, mereka hanya pernah mendengar tentang kulkas inverter saja, tanpa mengetahui arti dan fungsinya itu sendiri. Untuk membantu kalian semua dalam mengenali apa itu kulkas inverter, disini kami akan membagikan informasi tentang fungsi inverter pada kulkas, kelebihan dan kekurangan kulkas inverter, serta merk kulkas inverter terbaik 2022.

Arti inverter pada kulkas

Baca Dulu : Berapa Psi Tekanan Kompresor Kulkas

Arti dan Fungsi Inverter pada Kulkas

1. Pengertian inverter pada kulkas

Yang dimaksud dengan inverter pada kulkas itu sendiri adalah sebuah teknologi terintegrasi, yang berguna untuk membuat kompresor kulkas mampu bekerja secara lebih fluktuatif. Umumnya, cara kerja inverter pada kulkas ini akan menyesuaikan beban yang ada di dalamnya. Dengan begitu, kulkas inverter dapat secara otomatis menyesuaikan beban kerja sesuai kebutuhan masing-masing orang.

2. Fungsi inverter dalam kulkas

Ada beberapa fungsi yang dimiliki inverter dalam sebuah kulkas. Untuk membantumu dalam mengenalinya satu per satu, berikut adalah fungsi-fungsinya:

  • Membuat kulkas bisa bekerja secara lebih fluktuatif. Sebab, kompresor kulkas inverter bisa tetap aktif dengan laju yang pelan meski suhunya telah ditentukan oleh pemiliknya sendiri.
  • Membuat proses pendinginan dalam kulkas lebih cepat. Sehingga, kualitas makanan dan minuman yang disimpan di dalam kulkas ini dapat lebih terjaga dengan baik.
  • Mempertahankan suhu dalam kondisi yang stabil. Dengan begitu, suhu di dalam kulkas inverter tidak akan mudah untuk naik-turun.

Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Inverter

Kelebihan dan kekurangan kulkas inverter

1. Kelebihan kulkas inverter

Sampai saat ini, kulkas akan selalu menjadi salah satu jenis teknologi yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar orang. Maka dari itu, tidak mengherankan jika saat ini semakin ada banyak pilihan kulkas yang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih di dalamnya. Membahas tentang kulkas inverter, berikut adalah kelebihan dari jenis kulkas itu sendiri:

judul gambar
  • Kulkas inverter dapat lebih menghemat energi, karena kompresor dari jenis kulkas ini tetap bisa aktif dengan laju pelan meski pada suhu yang telah ditentukan oleh pemiliknya.
  • Proses pendinginan pada kulkas inverter tergolong lebih cepat dan jangka waktu ketahanannya lebih lama.
  • Tidak mengeluarkan suara yang bising dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama sekalipun, karena kulkas jenis ini tidak mudah rusak.
  • Dilengkapi dengan ruang penyimpanan yang lebih besar dan lebih mudah untuk dibersihkan.
  • Dilengkapi dengan garansi resmi dari masing-masing merk yang menjualnya, sehingga hal ini bisa mengurangi risiko kerugian yang dapat kamu alami.

2. Kekurangan kulkas inverter

Selain memiliki kelebihan tertentu, kulkas inverter juga memiliki beberapa kekurangan di dalamnya. Maka dari itu, sebelum kamu memastikan untuk membeli produk ini, kamu perlu mengenali kekurangannya terlebih dahulu, yang antara lain:

  • Harga kulkas inverter jauh lebih mahal dibanding kulkas biasa yang dijual di pasaran luas.
  • Kulkas inverter dilengkapi dengan komponen-komponen tambahan yang membuatnya memiliki suku cadang yang sulit ditemukan di toko-toko sparepart biasa.
  • Untuk melakukan servis kulkas inverter, kamu membutuhkan dana yang cukup mahal, karena penanganannya sendiri berbeda dengan servis kulkas biasa.

Baca Juga :

Merk Kulkas Inverter Terbaik 2022

1. LG GN-B185SQBB

Merk kulkas inverter yang sangat direkomendasikan sampai saat ini adalah LG GN-B185SQBB. Kulkas ini sudah dilengkapi dengan teknologi moist balance crisper yang mampu mengatur tingkat kelembapan pada kulkas tersebut secara lebih optimal.

2. Samsung RT53K6231BS

Sama halnya seperti produk-produk Samsung lainnya, kulkas inverter yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi canggih di dalamnya. Salah satu fitur unggulan yang ada di dalam Samsung RT53K6231BS adalah CoolPack. Dengan adanya fitur ini, dapat membuat kulkas tetap selalu dingin selama 12 jam meski listrik sedang padam.

3. Sharp SJ-IP571NLV-BK

Terdapat beberapa fitur menarik di dalam kulkas inverter dari merk Sharp ini, yaitu energy savings, strong cooling, comfort, dan durability. Selain itu, kulkas ini juga dilengkapi dengan teknologi J-Tech Inverter, yang dapat membuat performanya semakin optimal.

Ketahui :

Sebelum membeli kulkas inverter, ada baiknya jika kamu membaca penjelasan di atas terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dalam mendapatkan produk kulkas inverter yang paling mampu memenuhi kebutuhanmu dengan baik.

judul gambar

Leave a Comment