Cara Membuat Kabel HDMI To RCA Converter Schematic Sendiri

Untuk bisa menyambungkan HDMI dengan TV, pastinya Anda membutuhkan bantuan dari kabel HDMI to RCA (AV). Anda bisa mendapatkan kabel tersebut dengan membelinya di toko elektronik baik secara online maupun offline. Namun, Anda juga dapat membuatnya sendiri. Cara membuat kabel HDMI to RCA sendiri terbilang cukup mudah untuk dilakukan.

Cara membuat kabel HDMI to RCA Sendiri

Dengan membuatnya sendiri, tentu Anda dapat lebih menghemat biaya. Apalagi jika barang yang digunakan merupakan bahan bekas dari barang yang sudah terpakai. Nah, untuk mengetahui langkah-langkah pembuatannya, Anda dapat langsung saja ikuti penjelasannya berikut ini.

Baca Dulu : Cara Membuat Kabel Tv Out Untuk Hp Android

Persiapan Pembuatan Kabel

Persiapan Pembuatan Kabel

Sebelum mulai membuat kabel RCA sendiri, terlebih dahulu harus dipersiapkan berbagai hal yang diperlukan. Persiapan ini sangat penting dilakukan agar proses penyambungan bisa berjalan lancar. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis peralatan yang harus dipersiapkan.

  • HDMI cable,
  • plug AV,
  • solder,
  • kawat,
  • jack
  • Isolasi

Siapkanlah peralatan tersebut dengan baik. Pastikan bahwa semua kabel yang dibutuhkan masih layak digunakan. Agar lebih aman, Anda dapat membeli kabelnya baru di toko elektronik. Namun, jika memang punya dalam kondisi bekas dan masih bagus, maka bisa saja menggunakannya.

Cara Membuat Kabel RCA to HDMI

Cara Membuat Kabel RCA to HDMI

judul gambar

Setelah semua persiapan telah dilakukan, maka selanjutnya Anda tinggal mulai untuk merangkai kabelnya. Untuk melakukannya, Anda bisa simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama, sambungkan satu ujung isi kabel HDMI ke port di perangkat AV High Definition
  • Setelah itu, sambungkan HDMI cable ke port HDMI dari converter HDMI menuju port AV
  • Selanjutnya, sambungkanlah ujung RCA ke port RCA dari converter HDMI ke AV.
  • Terakhir, hubungkan AV cable converter ke port AV di televisi.
  • Kemudian, hidupkan TV dan masuklah ke RCA menu. Di sana akan terlihat sinyal perangkat di layar TV.

Dalam proses penyambungan kabelnya, Anda tidak boleh melakukan kesalahan. Perhatikan dengan teliti bahwa sambungan dilakukan secara tetap. Berikut ini adalah penjelasan tentang penyambungan kabelnya:

  • Kabel warna biru dihubungkan ke jack warna biru juga
  • Kabel warna merah dihubungkan menuju jack warna merah
  • Kabel hijau disambung ke jack warna hijau
  • Penyambungan jack harus dilakukan tepat di bagian tengah agar dapat berfungsi dengan baik

Apabila Anda melakukan kesalahan dalam pemasangan ini, maka pada saat digunakan converter akan menunjukkan no sinyal pada layar TV. Untuk itu, dalam proses penyambungan, perlu dilakukan secara hati-hati dan juga teliti. Agar lebih jelas lagi, Anda juga bisa mencari HDMI to RCA converter schematic agar alur pemasangan bisa diketahui dengan lebih baik.

Baca Juga : 

Finishing Pembuatan Converter

Finishing Pembuatan Converter

Sebagai langkah akhir, Anda bisa menggunakan isolasi untuk membungkus bagian sambungan kabel. Selain untuk melindungi kabelnya, pemberian isolasi ini juga dapat menutupi tiap macam sambungan agar lebih aman saat digunakan. Tidak hanya itu, isolasi juga dapat memberikan batasan kesalah terhadap sinyal kabelnya yang dibuat sebelumnya.

Apabila semua dirasa sudah sempurna dalam pemasangan, kemudian langsung saja sambungkan jack cable ke port HDMI serta Jack RCA. Apabila bisa menampilkan gambar, maka pemasangan sudah berhasil. Namun, jika gambar tidak muncul maka kemungkinan terdapat kesalahan dalam penyambungan antar komponen kabel.

Baca Juga :

Seperti itulah tadi cara membuat kabel HDMI to RCA sendiri. Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan? Dalam pembuatannya, hal yang dibutuhkan lebih ke ketelitian saat penyambungan. Apabila saat proses penyambungan semuanya berjalan dengan baik dan benar, maka sudah bisa dipastikan bahwa converter ini bisa digunakan dengan baik.

judul gambar

Leave a Comment