Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas 1/6 PK

Saat akan memperbaiki atau mengganti kompresor kulkas, kita wajib mengetahui kodenya terlebih dahulu. Kode inilah yang berfungsi untuk mengetahui kapasitas, ukuran, serta daya kompresor secara keseluruhan. Cara membaca kode kompresor kulkas ini terbilang mudah, namun bagi yang sama sekali belum mengenal tentang komponen elektronik, tentu akan kesulitan memahaminya.

Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas

Maka dari itu, di kesempatan kali ini kami ingin mencoba mengulas secara lebih detail terkait ukuran kompresor kulkas 2 pintu dan cara membacanya. Jika penasaran, silakan simak terus rinciannya di bawah ini.

Baca Dulu : Berapa Psi Tekanan Kompresor Kulkas

Satuan Ukuran Daya Compressor Kulkas

Compressor atau dalam bahasa Indonesia disebut kompresor merupakan komponen utama dalam kulkas yang berperan dalam memompa sirkulasi freon yang akan menghasilkan suhu dingin pada kulkas. Semakin bagus kualitas freonnya, maka semakin tinggi tingkat kedinginan dari kulkas tersebut.

Apabila kompresor mengalami kerusakan baik faktor usia maupun karena human error, tentu akan  mengakibatkan kulkas kurang dingin, bahkan sampai membuat bunga es dalam kulkas mencair. Karena begitu pentingnya kompresor dalam sebuah kulkas, maka kita wajib merawatnya dan segera menggantinya bila terjadi kerusakan.

Dalam dunia elektronik, kompresor memiliki ukuran satuan daya yang disebut sebagai Horse Power (HP). Dalam bahasa Belanda, satuan ini disebut sebagai Paar de Kraft (PK) sehingga beberapa merk kulkas ada yang menggunakan satuan HP ada pula PK.

Jika buat dalam rumus perhitungan, berikut rincian konversi satuan daya pada kompresor kulkas baik tipe 1 pintu maupun 2 pintu:

  • 1 Horse Power = 1,014 Paar de Kraft
  • 1 HP = 1,014 PK
  • 1 HP = 745,7 watt

Dari perhitungan di atas dapat kita ketahui bahwa ada selisih 0,013 poin dalam konversi antara HP dan PK yang mana nilai PK sedikit lebih banyak. Namun, karena perbedaannya ini tidak begitu besar maka bisa kita anggap sama.

Baca Juga :

Tabel Ukuran Kompresor Kulkas

Perhitungan ukuran kompresor kulkas dibagi menjadi dua phase (fasa) yakni single phase dan 3 phase yang mana keduanya dibedakan dari tegangan listrik yang menyertaainya. Keduanya memiliki nilai yang terpaut jauh karena rumus perhitungannya berbeda. Berikut di antaranya:

judul gambar
  • Single phase 220 volt = 745,7 watt : 220 volt
  • Single phase 220 volt = 3,39 ampere
  • 3 phase 380 volt = 745,7 watt : (380 x 1,73)
  • 3 phase 380 volt = 1,13 ampere

Angka 1,73 pada perhitungan di atas nilainya berasal dari √3 x Cos ρ dengan catatan bahwa nilai Cos ρ nya adalah 1.

Dari rincian informasi tersebut, dapat kita buat kesimpulan terkait beberapa kode kompresor kulkas 1/6 dan kode kompresor kulkas 1/8 yang kami rincikan sebagai berikut:

a. Kode Kompresor Kulkas 1 Phase

Kode Ukuran Nilai Ampere
1 PK 3.39 ampere
1/2 PK 1,69 ampere
1/4 PK 0,84 ampere
1/6 PK 0,56 ampere
1/8 PK 0,42 ampere

b. Kode Kompresor Kulkas 3 Phase

Kode Ukuran Nilai Ampere
1 PK 3.39 ampere
1/2 PK 1,69 ampere
1/4 PK 0,84 ampere
1/6 PK 0,56 ampere
1/8 PK 0,42 ampere

 

Jadi, bagi kalian yang bertanya-tanya ukuran kompresor kulkas 1/4 pk berapa ampere, silakan tentukan dulu phase yang digunakan oleh kulkas tersebut agar dapat mengetahui nilai ampere yang tepat.

Sedangkan untuk AC, biasanya menggunakan satuan BTU, tidak menggunakan PK seperti kompresor. Di mana ukuran 9000 BTU/hr = 1 PK.

Ketahui :

Semoga informasi seputar cara membaca kode kompresor kulkas di atas bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa lagi di artikel yang akan datang!

judul gambar

Leave a Comment