Cara Menyalakan TV Coocaa Tanpa Remot & Tombol

Coocaa merupakan salah satu merk TV terpopuler dan terbesar di China. TV yang berasal dari Shenzen ini pun banyak beredar di Indonesia, terutama untuk jenis TV LED tipe layar SUHD. Dari segi kualitas, Coocaa bisa dibilang bagus mengingat harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan TV China lain. Hanya saja, remot TV nya sering rusak duluan sehingga banyak pengguna yang menggunakan variasi cara menyalakan TV Coocaa tanpa remot.

Cara Menyalakan Tv Coocaa Tanpa Remot

Kerusakan pada remot memang umum terjadi karena beberapa kondisi seperti terjatuh, terkena tumpahan minuman, terjepit, atau tertindih saat duduk atau tidur. Untuk itu, banyak pengguna TV Coocaa yang menggunakan metode lain dalam menyalakan remot. Nah, bila kalian pun mengalami hal demikian seperti remot yang rusak atau hilang, simak solusinya di bawah ini.

Baca Dulu : Cara Membuka TV Sharp Yang Terkunci Tanpa Remote

Fungsi Remote TV Coocaa

Fungsi remot TV sejatinya ialah untuk mengontrol TV dari jarak jauh. Cara kerjanya ialah  menggunakan sistem infra red yang akan memberikan perintah dari remote menuju receiver melalui gelombang cahaya infra merah.

Tanpa remote, sebenarnya kita masih bisa mengontrol TV secara penuh. Hanya saja, akan merasa kurang leluasa mengingat kita tidak bisa mengontrolnya dari jarak jauh. Karena itulah peran remote begitu krusial sehingga hampir semua produsen TV pasti menyematkan remot di dalamnya.

TV Coocaa pun demikian, dalam satu paket pembelian sudah tersedia remote beserta dengan baterainya. Sayangnya, remote Coocaa original tidak banyak tersedia di pasaran sehingga kita sulit mencarinya saat remote rusak atau hilang. Karena itu, banyak pengguna yang menggantinya dengan remote universal.

Baca Juga :

Cara Menyalakan TV Coocaa Tanpa Remot yang Terjamin Work

Cara Menyalakan TV Coocaa Tanpa Remot yang Terjamin Work

judul gambar

Ada 3 metode dan cara menyalakan tv tanpa remote dan tombol yang bisa kalian praktekkan. Berikut di antaranya:

a. Manfaatkan Tombol Manual

Banyak pengguna TV Coocaa yang bingung terkait letak tombol manual tv coocaa 32 inch dan letak tombol power tv coocaa 40 inch. Padahal, tombol ini terletak di bagian samping atau bagian belakang TV sesuai dengan tipe TV yang kalian miliki.

Tombol manual pada TV terdiri atas beberapa jenis, di antaranya ialah:

  • Tombol power: berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan TV
  • Tombol volume: berguna untuk memperbesar maupun memperkecil volume suara TV
  • Tombol channel: berfungsi untuk mengubah channel satu per satu secara manual
  • Tombol menu: berguna untuk mengakses menu dan pengaturan TV secara keseluruhan.

b. Gunakan Set Top Box TV Digital

Saat remote TV hilang, kita tentu tidak bisa mengontrol program, menu, volume, maupun siaran TV secara penuh bukan? Namun, hal itu tidak berlaku apabila TV kita sudah terpasang set top box TV digital.

Dengan terpasang set top box TV digital, maka kita bisa mengontrol TV dari remot set top box tersebut, tanpa perlu mengaturnya lagi dari remot bawaan TV. Jadi, kalian tak perlu bingung dalam mencari remot pengganti.

c. Hidupkan via Aplikasi Remote berbasis Smartphone

Saat ini, ada banyak sekali software atau aplikasi yang bisa digunakan untuk menggantikan remote secara menyeluruh. Salah satunya ialah Mi Remote yang merupakan aplikasi besutan Xiaomi yang terkenal akan daftar programnya yang begitu lengkap.

Untuk menggunakan aplikasi, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan smartphone yang punya teknologi IR blaster
  • Download dan instal aplikasi Mi Remote dari Playstore
  • Buka aplikasi, lalu klik tombol + di bagian kiri atas
  • Pilih TV > Tentukan merk TV > klik OK
  • Lakukan proses pairing sesuai dengan instruksi yang tersedia
  • Selesai!

Ketahui :

Nah, itulah beragam cara menyalakan TV Coocaa tanpa remot yang perlu kalian ketahui. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua! Sampai jumpa lagi di artikel yang akan datang.

judul gambar

Leave a Comment