Cara Membuat & Menghubungkan Kabel TV Out Dengan Kabel Data Untuk Hp Android

Menghubungkan perangkat HP ke Televisi merupakan hal yang banyak dicari oleh orang. Pasalnya, dengan menghubungkannya ke HP, kita bisa mendapatkan tampilan HP dengan lebih luas lagi. Sebenarnya, untuk melakukannya Anda cukup beli kabel RCA yang support smartphone. Namun, harga benda tersebut cukup mahal sehingga banyak orang mencari cara membuat kabel TV out untuk HP Android sendiri di internet.

cara membuat kabel tv out untuk hp android

Dengan membuat TV out cable sendiri, tentu Anda dapat memperoleh alat penghubung TV dan HP yang harganya lebih terjangkau. Nah, lantas bagaimanakah cara untuk membuatnya? Berikut ini adalah informasi selengkapnya.

Baca Juga : TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Persiapan Cara Pasang HP ke TV

Sebelum mulai membuat kabelnya, tentu Anda harus menyiapkan perlengkapannya terlebih dahulu. Secara keseluruhan, Anda tidak memerlukan bahan material yang terlalu rumit. Cukup dengan memanfaatkan peralatan bekas saja juga bisa. Berikut adalah beberapa perlengkapan yang harus Anda siapkan:

  • Kabel RCA 3 Warna (Merah, Putih, Kuning). Anda bisa ambil barang ini dari alat elektronik bekas seperti play station ataupun sega.kabel rca 3 warna
  • Headset sesuai dengan jenis HP
  • Solder
  • Plester Isolasi

Dalam mencari RCA cable, pastikan bahwa masih dapat berfungsi dengan baik. Untuk menghindari kerusakan, bisa juga membeli RCA langsung ke toko elektronik. Selain itu, pastikan juga headset yang akan digunakan masih dapat digunakan dengan baik tanpa mengalami kerusakan. Hal ini sangat penting karena kerusakan bisa memengaruhi tingkat kesuksesan penyambungan kabelnya.

Baca Juga :

Langkah Pembuatan TV Out Cable

Setelah semua bahan-bahan sudah disiapkan, berikutnya Anda dapat mulai untuk membuat kabelnya. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatannya:

judul gambar
  • Pertama, potonglah RCA cable hingga kelihatan kabel dalam berwarna emas.
  • Setelah itu, pada bagian headset, terdapat bulanan tombol mic. Bukalah tombol tersebut.kabel headset
  • Selanjutnya, tinggal sambungkan saja antara komponen di RCA ke headset.

Dalam proses penyambungan kurang lebih hanya seperti itu saja langkah-langkahnya. Nah, untuk menghubungkan jaringan kabel merah putih biru emas, Anda bisa ikuti penjelasan di bawah ini:

  • RCA Merah/Right disambungkan ke Headset Emas/Right
  • RCA Biru/Video dihubungkan ke Headset berwarna merah/mic
  • RCA putih/left dihubungkan ke headset hijau/left
  • RCA serabut/ground disambung ke headset biru/ground

Lakukanlah proses penyambungan kabel ini secara cermat dan pastikan semua kabel dapat disambungkan dengan baik. Selain itu, jangan sampai terdapat kesalahan dalam menyambungkan RCA ke bagian headset. Kesalahan dalam penyambungan tentu dapat menyebabkan pembuatan TV out cable ini tidak berjalan lancar atau bahwa malah gagal disambungkan dengan baik.

Cara Menghubungkan HP Ke TV Dengan Kabel Data TV Out

kabel tv out

Apabila TV out cable sudah dapat dibuat dengan sempurna, berikutnya Anda tinggal mencoba menghubungkannya ke Televisi. Untuk cara menyambungkan antara HP dan televisi, Anda dapat simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Buka menu pengaturan di HP
  • Buka menu “Settings” -> Phone -> Accessories -> TV out.
  • Selanjutnya, tinggal pilih saja tipe video yang sesuai dengan NTSC dan TV
  • Kabelnya sudah siap untuk dihubungkan ke televisi Anda.

Setelah semua pengaturan tersebut selesai dilakukan, berikutnya tinggal sambungkan saja kabelnya ke televisi. Apabila berhasil, maka tampilan layar HP akan ditayang ke menu AV pada televisi.

Ketahui :

Itulah tadi penjelasan tentang cara membuat kabel TV out untuk HP Android yang bisa Anda coba lakukan. Dengan membuat rangkaian sederhana TV Out ini, Anda bisa menghubungkan televisi dan smartphone dengan biaya yang lebih murah. Namun, jika tidak ingin terlalu repot dalam menyambungkan, langsung saja Anda beli HDMI untuk HP ke TV di toko elektronik terdekat.

judul gambar

Leave a Comment