Cara Gulung Lilitan Dinamo Mesin Cuci, Harga?

Tahukah kamu apa itu dinamo? Kalau belum tahu di artikel ini akan dibahas tentang cara gulung dinamo mesin cuci, skema lilitan dinamo mesin cuci maupun harga gulungan dinamo mesin cuci. Seperti yang diketahui, di era yang modern ini setiap rumah pasti memiliki mesin cuci.

Cara Gulung Dinamo Mesin Cuci

Kalau digunakan setiap hari pasti nantinya akan mengalami kerusakan karena mesin yang digunakan terus-menerus. Dari informasi ini nanti kamu bisa mengetahui teknik menggulung yang tepat dan hal-hal mengenai dinamo mesin cuci.

Baca Dulu : Ciri Ciri Dinamo Pengering Mesin Rusak 

Bagaimana Skema Lilitan Dinamo Mesin Cuci? Berapa Jumlahnya?

Skema Lilitan Dinamo Mesin Cuci

Kegunaan dinamo yaitu untuk menjalankan sebuah mesin agar bisa bergerak. Prinsip kerja dinamo yaitu akan mengubah energi listrik menjadi energi gerak di mesin cuci. Nah prinsip dan cara gulungnya sama seperti pada kipas angin.

Tapi bedanya pada mesin cuci dinamonya terdiri dari dua tingkat di setiap kutubnya. Selain itu kawat yang dipakai berukuran lebih tebal.

Ukuran diameter kawat mesin cuci yaitu 040 untuk running dan startingnya. Sedangkan ukuran kawat pada pengering 030 untuk running dan 025 untuk starting.

Kalau kamu akan mengganti dinamo dengan kawat baru disarankan waktu membongkarnya kamu menghitung jumlah lilitannya dahulu. Jadi ketika menggulung nanti kamu sudah tahu berapa jumlah lilitannya.

Hal tersebut karena total lilitan dinamo pada mesin cuci satu dengan yang lain berbeda berdasarkan besar kecilnya lubang alur. Jumlah lilitan pada kumparan kecil sebanyak 60 tapi kalau yang besar berjumlah 160 lilitan.

Harga Gulungan Dinamo Mesin Cuci

Pada skema lilitan ada lilitan utama yang berwarna biru dan lilitan starter yang berwarna merah. Nah untuk harga gulungan dinamo mesin cuci itu sendiri berkisar 100 sampai 200an ribu yang bisa kamu dapat di toko elektronik atau toko online.

Baca Juga :

judul gambar

Bagaimana Cara Gulung Dinamo Mesin Cuci?

Bagaimana Cara Gulung Dinamo Mesin Cuci?

  • Memilih kawat yang baru

Saat melakukan perbaikan dinamo ini kamu disarankan untuk mengganti dinamo dengan kawat yang baru tapi ukurannya harus sesuai.

Karena kalau ukurannya berbeda nanti tidak bisa pas dipasang atau mesin juga tidak akan bergerak. Ukuran kawat yang dipakai seperti yang disebutkan di atas tad

  • Bikin dudukan untuk menggulung

Cara gulungnya ada dua metode, tapi cara yang ini lebih cepat dan mudah dilakukan. Tapi penggulungan dengan mesin, kamu harus bikin dudukannya dahulu sebagai tempat menggulung kawat.

  • Hitung jumlah lilitan

Seperti yang  disebutkan tadi kamu harus tahu jumlah lilitan yang sesuai yang pas dengan diameter lubang alur mesin cuci yang kamu miliki ya. Menentukan diameter lubang alur ini juga bisa kamu lihat dari ukuran tebal kren nya.

  • Mulai menggulung

Kalau sudah, kamu bisa mulai menggulung mulai dari diameter kren paling kecil 1-4 lalu dilanjut yang diameter 1-6

  • Proses penyambungan

Proses penyambungan ini kamu lakukan dengan memasang kumparan pada gulungan dan mulai dari kumparan yang kecil agar rapi. Kalau sudah, sambung R1 dan S2 dengan kabel biru dan S1 dengan kabel kuning.

  • Proses pengecekan

Kalau prosesnya sudah selesai selanjutnya dilakukan pengecekan dengan cara dijalankan apakah sudah lancar atau belum. Kalau dirasa putarannya agak berat kamu bisa mengetuk dinamo dengan kayu atau martil tapi dilapisi dengan karet ya agar permukaannya halus.

Ketahui :

Itulah cara-cara untuk menggulung dinamo mesin cuci. Jadi kalau mesin cucimu rusak atau error kamu sudah tahu cara menggulung yang benar.

judul gambar

Leave a Comment