Kode AC Panasonic Remote Joker dan Cara Settingnya

Kode AC Panasonic remote Joker sering dicari, karena merek AC tersebut cukup banyak digunakan masyarakat Indonesia. Panasonic menjadi salah satu brand pendingin udara legendaris, yang sejak dulu dikenal selalu menghadirkan produk berkualitas baik dengan berbagai keunggulan. Selain itu usia pakainya juga terbilang lebih panjang dibandingkan merek lainnya.

Kode AC Panasonic Remote Joker

Tak jarang pemilik kehilangan remote bawaan ataupun tiba-tiba mengalami kerusakan, sehingga sudah tidak dapat digunakan kembali. Tak perlu khawatir karena remote Joker dapat menjadi solusi tepat untuk menyalakan dan menonaktifkan unit AC apapun, termasuk Panasonic. Namun sebelum menggunakan perangkat ini, pemilik harus melakukan setting-an terlebih dahulu.

Baca Dulu : Arti Lambang Pada Remote AC Universal

Setting Terlebih Dahulu Sebelum Digunakan

Sebelum menggunakan remote ini untuk AC Panasonic, terlebih dahulu pemilik harus melakukan beberapa pengaturan agar perangkat remote kompatibel dengan AC. Karena remote ini dapat digunakan secara universal maka beberapa merek perlu memasukkan kode sesuai dengan brand AC, namun ada pula yang tidak perlu meng-input kode. Untuk tipe Panasonic, pemilik perlu memasukkan kode tertentu.

Kode Remote AC Panasonic

Kode remote AC Panasonic

Jika umumnya kode yang digunakan untuk men-setting TV terdiri dari 3 angka, berbeda dengan kode yang dipakai untuk AC dimana mungkin hanya terdapat 1 angka, 2 angka, 3 angka, atau bahkan 4 kombinasi angka. Khususnya bagi merek AC ini, terdapat 4 kombinasi angka yang dapat dimasukkan untuk memasangkan perangkat remote dengan unit.

Lantas berapa kodenya?

  1. 0651. 0483. 0154. 0153. 0152. 0151. 0150. 0149. 0148. 0147. 0146. 0145. 0144. 0142. 0140. 0138. 0482. 0492. 0141. 0139. 0002. 0490. 0143

Cara Setting Kode

Setelah mengetahui kodenya, selanjutnya pemilik hanya perlu men-setting perangkat tersebut.

judul gambar
  • Berdiri dengan jarak tidak terlalu jauh dari AC, karena terdapat batas maksimal jarak sehingga kinerja remote tidak terhambat
  • Tekan tombol SET lalu tahan selama beberapa detik
  • Setelah berhasil, tekan tombol TEMP agar dapat masuk ke sistem di remote
  • Masukkan kode satu persatu secara berurutan hingga menemukan yang paling cocok
  • Apabila berhasil, unit AC dapat digunakan kembali
  • Lakukan setting-an lain sesuai keinginan

Selain menggunakan cara manual di atas, pemilik juga bisa melakukan cara auto yang terbilang lebih mudah karena tanpa perlu memasukkan kode khusus. Berikut langkah-langkahnya.

  • Arahkan remote ke unit AC
  • Tekan tombol SET, ulangi beberapa kali hingga unit dapat dihidupkan dan dimatikan
  • Setelah berhasil, klik tombol OK / Enter

Namun cara auto tersebut mungkin tidak dapat digunakan untuk beberapa tipe AC, sehingga ada baiknya menggunakan cara sebelumnya yakni dengan memasukkan kode.

Baca Juga :

Penyebab Remote AC Rusak

Penyebab Remote AC Rusak

  • Inframerah Rusak

Apabila baterai sudah diganti namun lampu LED tetap tidak menyala, hal tersebut dapat menjadi pertanda jika kerusakan terletak pada sensor inframerah. Kerusakan pada sensor tersebut membuat perangkat tidak dapat menerima ataupun mengirim data, tak heran jika tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

  • Baterai Habis

Meskipun terdengar sepele, namun faktanya tak sedikit yang menyepelekan masalah baterai. Padahal baterai menjadi sumber daya utama, sehingga jika baterai dalam kondisi habis maka perangkat tentu tidak dapat digunakan. Ciri-ciri baterai habis adalah layar berkedip-kedip tidak konsisten, meredup, hingga mati total.

  • Sensor Bermasalah

Selain itu sensor yang bermasalah juga dapat menjadi penyebab. Sensor bermasalah bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari usia pemakaian, debu yang menempel pada soket, sensor soket kendor hingga terkena air.

  • Ada Komponen yang Hilang

Tak hanya itu, mungkin saja terdapat beberapa komponen yang hilang seperti tombol atau komponen lainnya. Komponen yang hilang tersebut pun dapat memengaruhi kepekaan serta kinerja dari perangkat dalam menyampaikan pesan ke AC.

Ketahui :

Itulah kode AC Panasonic remote Joker beserta cara setting-nya. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Comment